Memadukan Musik Tradisi dan Kontemporer, Riau Global Music Festival 2023 Kembali Digelar  08 Desember 2023  ← Back

Jakarta, 8 Desember 2023 – Kerinduan penikmat musik di Riau akan perpaduan musik tradisi dengan musik kontemporer akhirnya terobati. Pasalnya Global Music Conservatory Foundation kembali menggelar Riau Global Music Festival 2023, sebuah festival musik bergenre world music atau yang sekarang lebih dikenal dengan sebutan global music.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendukung penuh festival yang telah memasuki tahun ketiga dan melibatkan banyak musisi daerah serta nasional ini. Festival yang diselenggarakan di Taman Budaya Provinsi Riau pada tanggal 8 – 9 Desember 2023 ini mengangkat tema ‘Baratku Timur’.

Direktur Perfilman, Musik, dan Media, Kemendikbudristek, Ahmad Mahendra, menuturkan bahwa Riau Global Music Festival 2023 memberikan banyak kebermanfaatan bagi musisi daerah untuk menujukkan kualitasnya di panggung kesenian.

Lebih lanjut, Mahendra turut mengapresiasi terhadap penyelenggara acara yang mampu melestarikan kemajuan budaya setempat dengan kemasan yang kekinian.

“Tentunya terobosan-terobosan dan praktik baik seperti ini sangat membantu seniman lokal (daerah) untuk terus menunjukkan kualitasnya. Terlebih festival ini juga dikemas dengan cara yang kekinian, sehingga banyak mengundang masyarakat untuk bersama-sama memajukan budaya asal,” ungkap Mahendra di Jakarta, Jumat (8/12).

Selain pentas pertunjukan, festival ini juga mengadakan Diskusi Kelompok Terpumpun (DKT) bertajuk Temu Komponis pada tanggal 9 Desember 2023 pukul 08.00 - 12.00 WIB. Kegiatan DKT ini menghadirkan para maestro tradisi Riau sebagai narasumber, seperti Tuan Taslim; Maestro Koba Rokan Hulu, Tuan M. Darus; Pakar Mantera Sakai; dan Maestro Sastra Lisan Kampar, Tuan Salman Azis.

Tidak hanya itu, kegiatan DKT ini juga makin semarak dengan hadirnya narasumber lainnya, yakni DR. Joko S. Gombloh (etnomusikolog dari Solo); Amar Afrizal (LMK Jakarta dan Direktur Indonesia World Music Series); dan Rino Dezapaty (Komposer dan Founder Riau Rhythm).

Pada pentas pertunjukan, penonton Riau Global Music Festival 2023 disuguhkan oleh 9 penampil yang bergantian menghibur di atas panggung, yakni Dayang Telani; Blacan Aromatic; Djangat Indonesia dan Riau Rhythm (Provinsi Riau); SAJIVA (Kepulauan Riau); Eta Margondang (Sumatera Utara); Muaro Raflesia (Bengkulu); Taufik Adam Trio (Jakarta); serta Gondrong Gunarto (Solo). (Tim Publikasi Ditjen Kebudayaan/Editor: Rayhan Parady)



*
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 710/sipers/A6/XII/2023

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 294 kali