Presiden Jokowi Buka Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka  11 Desember 2023  ← Back

Jakarta, 11 Desember 2023 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Vokasifest x Festival Kampus Merdeka tahun 2023. Kegiatan kolaboratif ini merupakan ajang diseminasi dampak dan capaian transformasi pendidikan tinggi dan pendidikan vokasi di Indonesia. Kegiatan diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki, Jakarta, pada 11–12 Desember 2023, dan dibuka secara langsung oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

“Saya senang bisa hadir dalam penyelenggaraan Vokasifest dan Festival Kampus Merdeka. Kegiatan ini menunjukkan kolaborasi dan kerja sama yang konkret antara perguruan tinggi, sekolah, dan industri, dalam mendekatkan mahasiswa dan siswa ke dunia kerja,” tutur Presiden Jokowi dalam sambutannya, di Jakarta, Senin (11/12).  

Dalam acara pembukaan ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyampaikan laporan pelaksanaan transformasi pendidikan tinggi dan pendidikan vokasi, yang bertajuk “Akselerasi Talenta Menuju Indonesia Emas.”

Selain mengikuti paparan Mendikbudristek, Presiden Joko Widodo juga berkesempatan untuk berdialog dengan siswa SMK dan mahasiswa peserta Program Kampus Merdeka, serta mengunjungi pameran hasil karya sejumlah mahasiswa dan perguruan tinggi. Presiden mengapresiasi karya-karya tersebut, yang menurutnya menjadi hasil konkret penyiapan talenta masa depan Indonesia.

“Hasil-hasil karya yang ditampilkan ini menjadi bukti konkret. Tadi diperlihatkan ada bus, aplikasi dan platform, animasi, dan banyak lagi,” ungkapnya.

Acara pembukaan Vokasifest x Festival Kampus Merdeka yang disiarkan secara langsung melalui kanal Youtube Kemdikbud RI dimeriahkan dengan Tari Garudheya dari Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta dan penampilan Alffy Rev and The True Friends bersama Novia Bachmid. Nonton bareng (nobar) acara pembukaan ini diselenggarakan di sejumlah perguruan tinggi dan kantor Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI), diikuti lebih dari 12 ribu peserta.

Gelaran Vokasifest x Festival Kampus Merdeka selama dua hari akan diisi dengan berbagai kegiatan seperti gelar wicara yang menghadirkan pimpinan perguruan tinggi dan industri, sharing session bersama praktisi dan mahasiswa inspiratif, lokakarya yang melibatkan para pendidik vokasi dari Jakarta dan sekitarnya, hingga berbagai pertunjukan seni dan budaya.

Para pengunjung juga dapat memperoleh informasi terkait program-program unggulan Kampus Merdeka dari Kemendikbudristek, serta mengunjungi stan perusahaan mitra Kampus Merdeka di Internship Expo. Acara ini diharapkan dapat menjadi ajang memperkuat kontribusi dan kolaborasi berbagai pemangku kepentingan Kemendikbudristek, demi memberikan kesempatan bagi lebih banyak mahasiswa untuk memperoleh pengalaman pembelajaran yang bermakna.

“Kebermanfaatan dan dampak positif Merdeka Belajar akan semakin besar jika kita terus berkolaborasi dalam menghadirkan terobosan. Mari kita lanjutkan momentum transformasi Merdeka Belajar untuk generasi berikutnya,” tutur Mendikbudristek. (Tim MBKM / Editor: Stephanie W.)



Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 714/sipres/A6/XII/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 4694 kali