Semangat Reformasi Birokrasi: Direktorat PAUD Kemendikbudristek Raih Predikat ZI-WBK  08 Desember 2023  ← Back

Jakarta, 8 Desember 2023 – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) menyerahkan hasil evaluasi Reformasi Birokrasi (RB), Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (AKIP), dan Zona Integritas (ZI) Tahun 2023. Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Direktorat Jenderal PAUD, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi penerima dan berhasil meraih Predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (ZI-WBK) yang diberikan Kementerian PANRB.

Penghargaan Predikat ZI-WBK untuk Direktorat PAUD diterima langsung oleh Pelaksana tugas (Plt.) Direktur PAUD, Komalasari, dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi,  Abdullah Azwar Anas, yang didampingi Sesmen KemenPANRB  dalam acara "Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integirtas Menuju Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM)" yang berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center, Rabu (6/12).

Hasil evaluasi diserahkan oleh Wakil Presiden Republik Indonesia K.H Ma'ruf Amin kepada pemerintah daerah yang berhasil mendapatkan nilai AKIP berpredikat AA dan A, serta kepada pemerintah daerah dengan kategori implementasi RB Tematik Terbaik. Tak hanya itu, Wapres Ma'ruf Amin juga menyerahkan penghargaan kepada instansi pemerintah dengan unit kerja terbanyak yang meraih Zona Integritas Menuju WBK/WBBM tahun ini.

Dalam arahannya, Ma'ruf Amin mengapresiasi kinerja para daerah peraih penghargaan. Namun perlu dipastikan agar keberhasilan tersebut diikuti dengan perbaikan nyata pada tata kelola pemerintahan. Selain itu, Wapres juga mendorong agar dilakukan penguatan secara berkelanjutan orientasi RB berdampak serta percepatan transformasi digital yang terintegrasi.

Turut hadir dalam acara ini Menteri Keuangan, Sri Mulyani; Menteri Dalam Negeri, M. Tito Karnavian; Ketua KPK, Nawawi Pomolango; Wakil Menteri Kesehatan, Dante Saksono Harbuwono; Plt. Kepala BKN, Haryomo Dwi Putranto; Pj. Gubernur Bali, Sang Made Mahendra Jaya; para Pejabat Pimpinan Tinggi Madya dan Pratama Kementerian PANRB; serta para kepala instansi pemerintahan peraih penghargaan.

Melalui Tiga Tahapan Penilaian

Pemberian apresiasi dan penghargaan Predikat ZI-WBK kepada Direktorat PAUD berdasarkan amanat Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 90 Tahun 2021 tentang Pembangunan dan Evaluasi Zona Integritras Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) dan Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (ZI-WBBM) di pemerintahan. Predikat ZI-WBK diraih Direktorat PAUD setelah melalui tahapan panjang proses penilaian.

Evaluator Tim Penilai Nasional Kementerian PANRB, Diaz Ayu Hapsari Putri, mengatakan Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kemendikbudristek berhasil melewati tiga tahap besar penilaian guna mendapatkan predikat Zona Integritas Wilayah Bebas dari Korupsi (ZI-WBK) yang telah diajukan.

"Dalam tahapan penilaian yang kami lakukan, secara garis besar Direktorat PAUD berhasil melewati semua secara baik. Tahapan pertama yaitu penilaian secara administratif, kemudian pada tahapan yang kedua penilaian secara wawancara (interview) guna menggali lebih dalam apa yang telah dilakukan, dan kemudian tahap ketiga kunjungan obeservasi lapangan guna memastikan implementasi dari pembangunan zona integritas di Direktorat PAUD," ujarnya.

Kunjungan observasi lapangan tim penilai ZI-WBK Kementerian PANRB ke Direktorat PAUD dilakukan oleh Ika Yunita Puspitasari dan Muhammad Haziz Ananto yang diterima langsung oleh Plt. Direktur PAUD, Komalasari dan Kepala Subagian Tata Usaha, Uce Veriyanti serta seluruh Ketua Tim Kelompok Kerja Direktorat PAUD di Gedung E Kemendikbudristek Jakarta, Oktober lalu.

Tim Penilai tampak antusias menggali informasi serta meminta penjelasan secara detail terkait dengan sembilan program inovasi yang dilakukan Direktorat PAUD. Hadirnya aplikasi PAUDPEDIA yang dapat diakses melalui android dan iOS serta laman yang menjadi portal yang dapat diakses 208.000 Satuan PAUD serta 660.000 guru PAUD mendapat perhatian khusus.

Demikian juga dengan sejumlah program unggulan lain yang dikembangkan Direktorat PAUD seperti Bunda PAUD, Perencanaan Berbasis Data, Survei Lingkungan Belajar, Guru Penggerak PAUD, PAUD Holistik Integratif dan Transisi PAUD ke SD dengàn rigit ditanyakan oleh Tim Penilai ZI-WBK KemenPAN RB.

Dalam proses pelaksanaan Zona Integritas Bebas Korupsi, Direktorat PAUD Kemendikbudristek meluncurkan "Buku Saku Pedoman ZI-WBK/WBBM". Buku saku ini sebagai upaya menyiapkan bahan yang dapat digunakan untuk mempercepat sosialisasi dan internalisasi Pelaksanaan Pembangunan ZI-WBK/WBBM di Direktorat PAUD.

"Direktorat PAUD memiliki komitmen kuat untuk melaksanakan Pembangunan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas Korupsi (WBK)/Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). Proses pembangunan Zona Integritas yang kami lakukan di fokuskan pada penerapan program Manajemen Perubahan, Penataan Tatalaksana, Penataan Manajemen SDM, Penguatan Pengawasan, Penguatan Akuntabilitas Kinerja dan Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik yang bersifat kongkrit," ujar Plt. Direktur PAUD, Komalasari.

Komalasari mengapresiasi kerja keras dan kerja cerdas seluruh Tim Direktorat PAUD. “Di penghujung tahun 2023. Banyak capaian kinerja yang telah diselesaikan oleh Direktorat Pendidikan Anak Usia Dini Ditjen PAUD Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Kemendikbudristek secara bahu-membahu oleh seluruh tim. Selamat kepada seluruh Tim Direktorat PAUD atas capaian dan prestasi yang diraih,” ujar Komalasari.

Direktorat PAUD telah melaksanakan beberapa event besar seperti Launching Merdeka Belajar Episode 24 (Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan); Komitmen Bersama Bunda PAUD; Southeast Asia Policy Dialogue on Early Childhood Care and Education (SEAPD on ECCE), Pelaksanaan Survey Lingkungan Belajar yang melampaui target; Peningkatan angka sinkronisasi Dapodik PAUD, Pembangunan ZI-WBK yang telah kita lalui proses penilaiannya hingga dengan tahap 3 yang merupakan tahap penilaian akhir dan saat ini sedang menunggu pengumuman hasil dari Kemenpan Reformasi Birokrasi tentunya kita semua berharap Direktorat PAUD dapat meraih predikat ZI-WBK di tahun ini. Dan harapan tersebut berhasil terwujud dengan Direktorat PAUD berhasil meraih Predikat ZI-WBK sebagai kado di akhir tahun.

“Dan yang paling terbaru, beberapa waktu lalu kita juga sukses bersama-sama melaksanakan acara besar nasional Apresiasi Bunda PAUD. Selain capaian-capaian tersebut tentunya banyak program-program prioritas Direktorat PAUD lainnya yang juga memberikan dampak bagi peningkatan kualitas Pendidikan Anak Usia Dini telah dilaksanakan dengan baik,” tutup Komalasari. (Tim Dit. PAUD / Editor: Stephanie W.)







Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id


#MerdekaBelajar
Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 707/sipres/A6/XII/2023

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 390 kali