Ajang IIETE 2024 Ramai Pengunjung yang Penasaran dengan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka  29 Februari 2024  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
- Acara Indonesia International Education Training Expo (IIETE) sukses digelar pada 22-25 Februari 2024 di Jakarta Convention Center. IIETE merupakan pameran pendidikan tinggi terbesar dan terlengkap yang diselenggarakan di Indonesia sejak tahun 1992. Pameran ini bertujuan untuk memberikan kesadaran mengenai pentingnya melanjutkan pendidikan, baik nasional maupun internasional kepada pelajar di Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), dan Madrasah Aliyah (MA).
 
IIETE 2024 menghadirkan 120 peserta pameran dari perguruan tinggi negeri, perguruan tinggi swasta, lembaga pendidikan, dan industri penunjang baik dari dalam maupun luar negeri. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga ikut meramaikan acara IIETE 2024 ini.
 
Selama acara berlangsung, tidak sedikit pengunjung yang hadir di stan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek). Stan Ditjen Diktiristek sudah ramai sebelum pameran dibuka dan dipenuhi siswa-siswi berseragam putih abu-abu serta mahasiswa yang ingin mengetahui program-program beasiswa yang terpampang di dinding stan yang disampaikan oleh tim Ditjen Diktiristek dan Pelaksana Pusat Kampus Merdeka (PPKM).
 
“Saya tertarik ke stan Dikti dan Kampus Merdeka karena saya juga ikutan program Kampus Merdeka yaitu IISMA dan ingin bertanya lebih lanjut,” ungkap Laura, salah satu pengunjung dari Telkom University.
 
Sementara itu, salah satu mahasiswa Universitas Pendidikan Indonesia, Ali, mengungkapkan bahwa dirinya paling tertarik dengan program Wirausaha Merdeka. “Saya mendapat informasi yang dibutuhkan, mulai dari perguruan tinggi pelaksananya dan juga teknis-teknis dalam pendaftarannya,” ujar Ali, yang saat ini merupakan mahasiswa semester 6 dan berencana mengikuti program Wirausaha Merdeka pada semester ganjil nanti.
 
Hal serupa diungkapkan mahasiswa lainnya dari Universitas Pendidikan Indonesia, Hisa, yang tertarik pada dua program Kampus Merdeka yaitu Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Kampus Mengajar. Ia berharap bisa bergabung pada dua program tersebut.
 
“Kampus Mengajar merupakan suatu tantangan bagi saya karena mengambil jurusan pendidikan, dan saya ingin mengimplementasikan apa yang diajarkan oleh kampus dan diterapkan di sekolah nanti. Di sini, saya juga mencari informasi tentang universitas penyelenggara dan benefitnya apa saja,” jelas Hisa.
 
Selain memberikan informasi tentang program beasiswa di bawah kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka, pengunjung juga dapat melakukan aktivasi di stan Ditjen Diktiristek. Aktivasi ini ditujukan untuk meningkatkan kesadaran akan dampak baik program-program Kampus Merdeka kepada masyarakat sekaligus memperkuat hubungan dengan calon penerima manfaat yang hadir.
 
Selain stan Diktiristek, stan-stan lain di IIETE 2024 terlihat begitu variatif dan memiliki ciri khas masing-masing. Kepala Kantor Komunikasi Publik dan dosen Ilmu Jurnalistik Universitas Padjajaran (UNPAD), Dandi Supriadi, menyampaikan bahwa stan-stan yang ada menunjukkan bahwa mereka serius menyukseskan acara IIETE 2024.
 
“Di pameran ini kita tidak hanya sekadar menawarkan kampus masing-masing tapi berkreasi,” ucap Dandi dalam wawancaranya.
 
Bagi Dandi, IIETE 2024 bukanlah pameran biasa, melainkan ajang bagi seluruh kampus menunjukan performanya secara optimal. Selain itu, tujuan UNPAD untuk bergabung kembali di IIETE 2024 adalah wujud awareness dan menjaga kredibilitas.
 
Sementara itu, staf Novosibirsk State Technical University (NETI), Anastasia, menceritakan pengalaman pertamanya berada di IIETE 2024. Menurut Anastasia, kehadiran NETI di IIETE 2024 adalah untuk menyediakan pendidikan tinggi teknologi bagi pelajar Indonesia untuk belajar di Rusia. 
 
Sedangkan, Guru Bahasa Jepang SMAN 96 Jakarta, Riska, mengharapkan pengisi stan di acara IIETE selanjutnya dapat lebih beragam, seperti menghadirkan universitas yang ada di seluruh Indonesia baik dari Sumatera hingga Papua.
 
Harapan juga disampaikan oleh Tim Admisi Hacktiv8, Mega, ia mengatakan bahwa segmentasi tidak hanya bagi pelajar tapi kepada publik atau umum yang tertarik dengan pameran pendidikan.
 
Semua yang mengunjungi IIETE 2024 setuju bahwa pameran ini memberikan manfaat bagi mereka. IIETE 2024 menjadi kesempatan bagi masyarakat untuk mencari informasi tentang pendidikan tinggi, baik yang disediakan di dalam negeri maupun luar negeri. Harapannya, tentu saja, agar pameran ini dapat terus terselenggara di tahun-tahun selanjutnya.*** (Penulis: Tim MBKM/Editor: Denty A.)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 783 kali