Peningkatan Kapasitas Kurator Muda melalui Lab Indonesiana: Ombak Baru Ekosistem Seni  08 Maret 2024  ← Back



Bali, 8 Maret 2024
– Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi dengan Yayasan Taut Seni melalui kegiatan Manajemen Talenta Nasional (MTN) Bidang Seni Budaya mengadakan program Lab Indonesiana bertajuk Ombak Baru Ekosistem Seni yang diselenggarakan di Yayasan Bali Purnati,  Gianyar, Bali. Kegiatan ini merupakan platform bagi para kurator muda berbakat untuk berbagi pengetahuan, pengalaman, dan ide-ide inovatif dalam pengembangan seni dan kebudayaan di Indonesia, melalui diskusi kelompok terpumpun bersama Andar Manik, Jean Couteau, dan Tan Siuli.

Lab Indonesiana: Ombak Baru Ekosistem Seni dihadiri oleh 9 kurator muda yang tergabung dalam talent pool atau kumpulan bakat Manajemen Talenta Nasional (MTN) Bidang Seni Budaya. Para kurator muda sebagai pemeran utama dalam ekosistem seni di masa yang akan datang diharapkan dapat membawa pola pikir serta praktik baik dalam dunia seni baik dalam lingkup nasional dan internasional.

Direktur Pembinaan Tenaga dan Lembaga Kebudayaan, Restu Gunawan, menyatakan antusiasnya dalam menyelenggarakan Lab ini. “Kami yakin bahwa kurator muda memiliki peran penting dalam melestarikan dan memajukan warisan budaya Indonesia. Oleh karena itu, forum ini mencoba untuk menginisiasi ruang-ruang baru bagi para kurator muda dan membuka ruang diskusi lebih dalam sehingga muncul ide yang saling terhubung di mana yang berdampak pada ekosistem seni rupa dan kuratorial,” sambung Restu Gunawan (6/3), di Bali.  

Ketua Tim Kerja Manajemen Talenta Nasional Bidang Seni Budaya, Bobby Fernandes, mengungkapkan jika setelah kegiatan ini selesai akan menghasilkan satu format yang dapat digunakan pemerintah dalam membuat program atau menghubungkan program-program yang mungkin sudah ada sehingga dapat bermanfaat membantu aktivitas para pegiat seni.
 
Lab ini membahas berbagai topik penting, termasuk tantangan dan peluang dalam dunia kurator seni dan budaya Indonesia, peran pemerintah dalam meningkatkan aksesibilitas informasi kepada para pelaku budaya, serta strategi untuk mendukung karier kurator muda di masa depan. Hasil dari Lab ini nantinya akan digunakan sebagai dasar untuk merumuskan kebijakan dan program yang lebih efektif dalam mendukung pertumbuhan kurator seni dan budaya di Indonesia. (Tim Ditjen Kebudayaan / Editor: Denty A., Azis)




Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar
#MerdekaBerbudaya

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 65/sipers/A6/III/2024

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 1189 kali