Jalan-Jalan Kampung: Ajang Jalin Silaturahmi RBI Berlin dengan Masyarakat Distrik Mariendorf  26 April 2024  ← Back



Berlin, Kemendikbudristek
– Rumah Budaya Indonesia (RBI) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Berlin ikut serta pada acara “Kiezspaziergang” atau dalam bahasa Indonesia yang berarti “Jalan-Jalan Kampung“ pada tanggal 4 April 2024. Acara ini diselenggarakan oleh Berlin Entwickelt Neue Nachbarschaften (BENN).
 
Atase Pendidikan dan Kebuyaan KBRI Berlin, Roniyus Marjunus, menyampaikan rasa terima kasih kepada panitia penyelenggara dan mengapresiasi kegiatan tersebut. “Acara ini adalah ajang untuk menjalin tali silaturahmi dengan penduduk sekitar RBI KBRI Berlin. Kami turut senang, para penduduk setempat dapat datang dan tertarik dengan kebudayaan kita,“ ungkap Roniyus, pada Kamis (4/4).
 
Ketua Acara Jalan-Jalan Kampung, Vahid, mengungkapkan bahwa tujuan kegiatan ini adalah agar antar penduduk di Bezirk Mariendorf – Tempelhof, Berlin dapat saling mengenal satu sama lain. “Bezirk Mariendorf – Tempelhof banyak dihuni oleh warga pendatang, maka dari itu penting bagi kita untuk mengadakan acara ini guna memperkuat solidaritas sosial dan mendorong integrasi di tempat tinggal kita,“ ujar Vahid.
 
Titik awal Jalan-Jalan Kampung dimulai dari RBI KBRI Berlin. Para peserta diajak oleh pengelola RBI KBRI Berlin, Birgit Steffan, untuk melakukan tur singkat di RBI KBRI Berlin. Birgit menjelaskan visi, misi, dan tugas RBI KBRI Berlin dalam mengenalkan kebudayaan Indonesia di Jerman. Banyak peserta yang tertarik melihat alat musik Gamelan Jawa, Angklung, dan instrumen-instrumen lainnya.
 
Selepas tur di RBI KBRI Berlin, peserta Jalan-Jalan Kampung bergerak ke tujuan akhir yaitu Masjid Mariendorf untuk melaksanakan buka puasa bersama. Menutup acara RBI KBRI Berlin sajikan kudapan khas Indonesia untuk peserta yaitu Wingko dan Dadar Gulung.
 
Sebagai informasi, BENN adalah organisasi nirlaba yang dibentuk Senat Berlin untuk pembangunan kota, konstruksi, dan perumahan. BENN memiliki empat pilar, yaitu: keterlibatan aktif, partisipasi dan otonomi, komunikasi dan dialog, serta jaringan dan pengembangan kawasan.
 
Saat ini BENN melibatkan 23 kawasan di Berlin. Kerja sama BENN dan RBI KBRI Berlin sendiri terjalin dari tahun 2023 dan terus berkomitmen untuk meningkatkan kerja sama.
(Adrian & Atdikbud KBRI Berlin)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 916 kali