Kemendikbudristek Bagikan Buku Bacaan Bermutu sebagai Teman Perjalanan Mudik  02 April 2024  ← Back



Jakarta,
Kemendikbudristek Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sambut momentum mudik lebaran tahun 2024 dengan membagikan hingga 15.000 buku bacaan bermutu pada lima titik stasiun dan terminal bus di Jakarta.
 
Sejalan dengan program prioritas Badan Bahasa untuk meningkatkan literasi masyarakat, kegiatan bertajuk Mudik Asyik Baca Buku ini dilaksanakan untuk memberikan edukasi kepada orang tua tentang urgensi dan manfaat gemar membaca, terutama bagi anak mereka.
 
Kegiatan ini juga akan memberikan buku yang mendidik dan bermanfaat untuk menemani anak saat perjalanan mudik, memperkenalkan pusat buku dan bacaan yang akan menjadi acuan dalam mendidik anak, dan berupaya meningkatkan minat baca anak sejak dini.
 
“Kita perlu melatih anak-anak kita untuk membaca secara utuh. Untuk itu, melalui acara ini kita arahkan mereka untuk membaca buku bacaan anak yang sesuai,” kata Kepala Pusat Penguatan dan Pemberdayaan Bahasa, Iwa Lukmana, di Terminal Kampung Rambutan, Jakarta (2/4).
 
Sasaran Mudik Asyik Baca Buku merupakan pemudik dari kalangan anak-anak dan orang tua yang berangkat dari stasiun dan terminal. Mengingat saat mudik, orang tua lebih suka memberikan ponsel kepada anaknya daripada mengajak mereka berdiskusi.
 
“Selama perjalanan mudik, putra dan putri Bapak Ibu sekalian mungkin akan mengalami kejenuhan, yang dapat diatasi dengan membaca buku. Membaca buku ini pun bisa dilanjutkan di rumah karena kami memberikannya secara gratis,” lanjut Iwa.
 
Membaca buku cetak, menurut Iwa, lebih memungkinkan terjadinya interaksi antara orang tua dan anak mereka, dibandingkan dengan buku digital. Kedekatan inilah yang juga ingin ditumbuhkan dengan memanfaatkan momen mudik lebaran.
 
Wakil Kepala Terminal Kampung Rambutan, Jumali, turut hadir mendukung pelaksanaan kegiatan, “Kami sebagai pengelola Terminal Bus Kampung Rambutan menyambut baik dan mengapresiasi kegiatan Mudik Asyik Baca Buku. Kami berharap kegiatan ini dapat dilaksanakan rutin setiap tahun, untuk menemani pemudik saat di perjalanan dengan membaca buku.”
 
Kegiatan ini pun disambut baik oleh para pemudik di Terminal Kampung Rambutan. Terlihat dari antusiasme mereka ketika memilih berbagai buku bacaan yang ditawarkan di booth Badan Bahasa Kemendikbudristek. Setiap pemudik bisa mendapatkan 5 sampai 10 buku bacaan.
 
Mudik Asyik Baca Buku berlangsung pada 2 s.d. 4 April 2024,  di lima lokasi yaitu Stasiun Gambir, Stasiun Pasar Senen, Terminal Kalideres, Terminal Kampung Rambutan, dan Terminal Pulo Gebang. Melalui kegiatan ini, diharapkan kesadaran tentang pentingnya gemar membaca sejak dini pun dapat bertumbuh, sehingga berdampak pada peningkatan literasi anak Indonesia. *** (Stephanie / Editor: Denty A.)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 673 kali