Praktik Baik Duta SMA Provinsi Jawa Tengah 2023 Dalam Meraih Masa Depan Cerah  20 April 2024  ← Back



Jakarta, Kemendikbudristek
— Duta SMA Provinsi Jawa Tengah 2023 sekaligus Penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4, Nayla Faizha Efendi, menjadikan matematika sebagai kunci dalam meraih impian-impiannya. Dengan konsistensi dan ketekunan, ia berhasil meraih sejumlah prestasi dalam bidang olimpiade matematika baik skala nasional maupun internasional.

Nayla menyadari, melakukan kombinasi pada multidisiplin ilmu mampu melahirkan potensi besar untuk menciptakan sesuatu yang lebih bermanfaat. Berkat terjun ke dunia riset, ia bersama tim berhasil meraih Juara 1 dalam Science Project OGG Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 2023, walaupun kala itu ia harus membagi waktu antara kompetisi Olimpiade Sains Nasional (OSN) dan penilaian tengah semester di sekolah.

Pada awal tahun 2023, Nayla berkesempatan untuk berbagi pengalaman tentang pentingnya literasi kepada adik-adik yang kurang terfasilitasi pendidikan dan minim akses perpustakaan. Dari pengalaman tersebut, ia sadar bahwa banyak sekali nikmat yang Tuhan berikan kepadanya dan harus ia salurkan kepada orang lain. Hal itulah yang memotivasi Nayla agar mampu menjadi Duta SMA, giat tahunan yang diadakan oleh Direktorat SMA, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk menjaring generasi muda yang bisa menjadi teladan bagi rekan-rekannya.

Setelah terpilih sebagai Duta SMA, Nayla menemukan banyak peluang dan cerita unik yang menghiasi kisahnya selama SMA. Mulai dari menjadi pembicara dalam berbagai acara, berkolaborasi bersama teman-teman dari 37 provinsi di Indonesia, dan mendapatkan pemahaman yang lebih dalam tentang tantangan yang dihadapi, baik dalam hal pendidikan maupun lingkungan. Di saat yang sama, Nayla juga dilatih untuk mengasah ketrampilannya, seperti kemandirian, manajemen waktu, pengontrolan emosi di tengah kesibukan beraktivitas, dan kemampuan public speaking.

"Never set limitations for yourself, but rather understand and have faith in your abilities,”. Ungkapan tersebut merupakan inspirasi Nayla di tengah kesibukannya bersekolah, kegiatan keasramaan, organisasi, acara, perlombaan, dan akademik. Seringkali banyak rekan-rekannya bertanya, 'bagaimana caramu mengatur waktu dengan baik?', dengan lantang Nayla menjawab kenali kemampuanmu, sadari batasanmu, dan berusaha melampaui itu.

Sebagai anak yang tumbuh kembang di Kota Semarang, Nayla terinspirasi oleh dua tokoh wanita hebat Indonesia, yaitu Sri Mulyani dan Retno Marsudi. Cita-citanya adalah kembali ke Indonesia setelah menyelesaikan studi luar negeri dan berkontribusi kepada pembangunan terutama dalam manajemen pemerintahan di IKN. Selain itu, ia berambisi untuk melanjutkan semangat juang srikandi hebat sebelumnya di era Indonesia Emas 2045. Menjadi bagian dari lingkaran utama keputusan nasional yang memiliki dampak besar bagi seluruh Indonesia dengan berbagai tantangan yang dinamis.

Melalui Beasiswa Indonesia Maju, Nayla juga mendapatkan kesempatan untuk mempersiapkan diri dengan lebih baik dan mendapatkan pengalaman serta wawasan luas untuk mewujudkan impiannya. Ia bertekad untuk memanfaatkan setiap peluang tersebut dan memberikan kontribusi terbaik bagi Indonesia di masa depan. (Puspresnas / Editor: Destian, Denty)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 1086 kali