Tampilan Kebudayaan “Indonesia: Heaven on Earth” Pukau Masyarakat Mesir  08 April 2024  ← Back



Kairo, Kemendikbudristek Indonesia terus gencarkan diplomasi budaya untuk memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kebudayaan terbesar di dunia. Salah satunya melalui suguhan mahasiswa Indonesia dalam acara seni budaya internasional bertajuk Saharat Ramadaniyah yang digelar pada 1 April 2024 di Opera House Cairo.

Perwakilan Indonesia sukses menyuguhkan penampilan yang dinamakan “Indonesia: Heaven on Earth” atau “Indonesia: Surga di Bumi” dalam acara tersebut. Selain Indonesia, turut tampil 11 negara sahabat lainnya dengan budaya lokal mereka.

Dalam acara tersebut, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo, Abdul Muta'ali, menyampaikan apresiasi atas semangat dan kolaborasi apik yang telah disuguhkan oleh mahasiswa asal Indonesia. “Inilah diplomasi budaya Indonesia sesungguhnya. Keindahan dan kekayaan budaya Indonesia terangkai begitu indah dalam gerak tari, silat, pukulan bedug, dan lantunan suara,” ungkap Muta'ali.

Selanjutnya, Muta'ali menambahkan bahwa penampilan budaya Indonesia sejenis juga akan digelar di 27 provinsi lainnya di Mesir. “Menjadi sebuah keniscayaan dengan adanya dukungan material maupun nonmaterial dari pemerintah Indonesia dan pemangku kepentingan lainnya di Mesir untuk kesuksesan rencana tersebut,” jelas Muta'ali.

Gerak tari dan lantunan syahdu suara Rapai Geleng Aceh, Zapin Riau, Rampak Bedug Banten, Gajag Gijig Betawi, Tarian asal Papua, Masisir Musik Gram, tim Selawat An-Nahdoh, dan tim Selawat Al-Mokhtar sukses memukau ratusan penonton yang mayoritas adalah masyarakat lokal Mesir.

Kekaguman atas penampilan tari, musik, dan selawat di bawah orkestrasi guru Sekolah Indonesia Cairo (SIC), Saiful Bahri, yang juga menjadi lakon Gatot Kaca, serasa menyaksikan pagelaran surgawi dunia. Hal tesebut dikatakan oleh jurnalis senior Harian El Ahram, Amr Yahya.

Tak kalah antusias, seorang penonton, Hanny Mashri juga menyatakan kekagumannya. “Gedung Opera House Cairo serasa lebih hidup dan menjelma menjadi Istana Sulaiman tatkala perwakilan Indonesia menampilkan budaya mereka,” ujar Hanny.

Pada kesempatan yang sama, Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Mesir, Lutfi Rauf, turut menyampaikan apresiasi kepada Kementerian Kebudayaan Mesir atas terlaksananya Saharat Ramadaniyah 2024.

“Indonesia adalah negara yang sangat indah dan kaya akan budayanya. Kami mengajak semua masyarakat global untuk mengunjungi Indonesia dan merasakan pengalaman langsung keragaman budaya, bentangan alam dan keindahan lautnya,” pungkas Lutfi.

Kesuksesan tampilan “Indonesia: Heaven on Earth” serentak menjadi pembicaraan publik dan tajuk berita utama media cetak serta elektronik di Mesir pada tanggal 2 April. (Atdikbud KBRI Kairo / Editor: Andrew Fangidae, Stephanie W., Denty A., Seno Hartono)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 1587 kali