Ersti Party Sommer Semester 2024: Ajang Orientasi Mahasiswa Baru di Wilayah Berlin-Brandenburg  07 Mei 2024  ← Back



Berlin, Kemendikbudristek
– Persatuan Pelajar Indonesia (PPI) Berlin-Brandenburg sukses menyelenggarakan acara Ersti Party Sommer Semester 2024 pada tanggal 27 April 2024 di Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Berlin.
 
Di Indonesia, acara ini umum disebut sebagai acara orientasi mahasiswa baru. PPI Berlin-Brandenburg mengadakan acara ini pada dasarnya untuk menyambut mahasiswa/i Indonesia yang akan/baru saja memulai pendidikannya di Jerman.
 
Atase Pendidikan dan Kebudayaan KBRI Berlin, Roniyus Marjunus, menyatakan apresiasi atas diselenggarakannya kegiatan Ersti Party Sommer Semester 2024.  
 
“Dengan adanya acara ini, calon mahasiswa yang baru datang mendapat bekal informasi untuk menjalankan kegiatan sehari-harinya di Jerman. Selain itu, mereka juga dapat menjalin silaturahmi kepada sesama pelajar dan dapat mengenal satu sama lain,”ucap Roniyus.
 
Lebih lanjut, Roniyus turut membagikan pengalaman serta kiat-kiat sukses mengenyam Pendidikan di Jerman. “Yang terpenting adalah manajemen waktu. Jika kita bisa menyeimbangkan waktu belajar, bekerja, dan aktivitas sosial lainnya, sukses kuliah di Jerman tidak sesulit itu,” ungkap Roniyus.
 
Selain itu, berdasarkan pengalamannya saat mengenyam pendidikan di Universität der Bundeswehr München, Roniyus menekankan pentingnya memiliki komunitas yang berdampak positif. “Setiap mahasiswa Indonesia perlu memiliki support system, baik PPI, komunitas keagamaan, komunitas kampus, dan komunitas-komunitas positif lainnya,” imbuhnya.
 
Roniyus turut menambahkan dengan adanya komunitas, maka beragam masalah yang dihadapi oleh pelajar Indonesia bisa dicari jalan keluarnya dengan saling membantu satu dan yang lain.
 
Sementara itu, Ketua PPI Berlin-Bradenburg, Nicholas Justin Airlangga, mendorong terciptanya komunikasi intensif antar mahasiswa lewat acara Ersti Party Sommer Semester 2024. “Kiranya lewat acara ini, kami dapat menyediakan beragam informasi terkait kehidupan sehari-hari di Jerman, khususnya di Berlin kepada teman-teman yang baru datang,” ungkap Nicholas.
 
Acara Ersti Party Sommer Semester 2024 dimulai dengan paparan PPI Berlin-Brandenburg terkait Anmeldung atau lapor diri di Balai Kota terdekat. Tujuan dari Anmeldung ini adalah untuk mencatatkan para pelajar Indonesia di catatan sipil di masing-masing domisili. Termin atau janji temu juga menjadi hal yang harus diperhatikan.
 
Sebagai informasi, pelajar Indonesia dapat membuat janji temu secara daring melalui website Balai Kota setempat. Adapun dokumen-dokumen yang perlu disiapkan untuk Anmeldung adalah Paspor, Personalausweis (Kartu Identitas), kontrak rumah atau apartemen, dan akta kelahiran.
 
Mengakhiri pertemuan, Vyola Maldini, menjelaskan pentingnya Lapor Diri di KBRI Berlin. “Calon mahasiswa yang baru tiba di Jerman, sangat penting untuk Lapor Diri di KBRI atau KJRI yang ada di Jerman.
 
Jadi jika nanti ada hal-hal yang tidak diinginkan, Perwakilan RI di Jerman bisa sigap bertindak,“ pungkas Vyola.  (Adrian, Atdikbud KBRI Berlin/Editor: Rayhan, Andrew)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 503 kali