Hardiknas 2024: Momentum Merayakan Capaian dan Menghayati Mimpi Pendidikan Indonesia  04 Mei 2024  ← Back



Jakarta, 4 Mei 2024 –
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dengan bahagia kembali merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) bersama ribuan penggerak dan pejuang Merdeka Belajar dari Sabang sampai Merauke. Dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, Hardiknas Tahun 2024 ini juga bertepatan dengan perjalanan lima tahun gerakan Merdeka Belajar.

Nadiem mengungkapkan bahwa perjalanan Merdeka Belajar ini berangkat dari keinginan untuk mengembalikan pendidikan Indonesia kepada marwahnya, yaitu pemikiran-pemikiran yang telah diwariskan oleh Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara. ”Kemerdekaan menjadi gagasan utama yang terus ditekankan. Murid dan guru harus sama-sama merdeka dalam proses belajar mengajar. Untuk mewujudkan bangsa yang merdeka, Indonesia perlu jiwa-jiwa yang merdeka,” ucap Nadiem, di Jakarta, Jumat (3/5).

Gerakan Merdeka Belajar telah menghadirkan banyak transformasi dalam dunia pendidikan Indonesia. Kurikulum Merdeka telah diimplementasikan secara sukarela oleh lebih dari 300 ribu satuan pendidikan, dan tahun ini akan mulai diimplementasikan secara nasional. Empat juta guru, kepala sekolah, mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG), dan dosen di seluruh Indonesia sudah memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar sebagai sarana untuk saling belajar dan berbagi praktik baik. Selain itu, telah lahir lebih dari 100 ribu Guru Penggerak. Jutaan mahasiswa yang telah mengikuti program-program Kampus Merdeka pun siap membawa Indonesia semakin unggul di kancah global.

Semua itu dapat tercapai berkat keberanian untuk berubah dan kesungguhan untuk terus bergerak menuju masa depan dari seluruh stakeholder dunia pendidikan. ”Saya ucapkan terima kasih atas setiap langkah berani yang Ibu dan Bapak ambil di sekolah, di kampus, di lingkungan masing-masing. Tanpa Anda semua, Merdeka Belajar tidak akan bermakna apa-apa,” tutur Nadiem.

Dengan demikian, Nadiem pun optimis gerakan ini akan memiliki dampak jangka panjang bagi generasi di masa mendatang. Beragam bakat dan potensi anak Indonesia yang sekarang belajar dengan Kurikulum Merdeka akan berkembang dengan sangat optimal, sehingga tumbuh sebagai sumber daya manusia yang memiliki rasa cinta belajar dan andal di berbagai bidang dengan daya saing global.

Tentunya, keberhasilan gerakan Merdeka Belajar selama ini tidak dapat terjadi tanpa arahan dan dukungan yang luar biasa dari Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. ”Beliaulah yang terus memberikan arahan agar pendidikan harus selalu berkembang dan adaptif, agar semangat memajukan pendidikan terus berkobar dalam setiap inisiatif dan teknologi yang kita kembangkan. Sekali lagi kami ucapkan terima kasih kepada Bapak Presiden,” kata Nadiem.

Sebagai penutup, Nadiem mengajak para peserta untuk menjadikan peringatan Hardiknas 2024 ini sebagai momentum untuk merayakan capaian, sekaligus menghayati mimpi-mimpi. “Baik itu mimpi kemerdekaan Ki Hadjar Dewantara, mimpi dan cita-cita gemilang anak-anak Indonesia, mimpi dan harapan kita akan Indonesia Emas. Semua ini akan kita capai bersama dengan terus bergerak serentak melanjutkan Merdeka Belajar!” (Stephanie / Editor: Denty, Azis)





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 149/sipers/A6/V/2024

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 482 kali