Indonesian-Egyptian Day 2024 Jadi Ajang Meningkatkan Kecintaan Budaya Nusantara  07 Mei 2024  ← Back



Kairo, Kemendikbudristek — Setelah sukses menampilkan beragam kebudayaan Nusantara di ajang “Saharat Ramadaniya” pada tanggal 1 April lalu, kini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo lakukan kolaborasi dengan Universitas Al-Salam, Tanta, Mesir yaitu Indonesian-Egyptian Day pada 29 April 2024.
 
Kegiatan Indonesian-Egyptian Day 2024 diisi dengan kuliah umum dari Duta Besar RI untuk Kairo, Luthfi Rauf; pameran pendidikan, ekonomi, dan pariwisata; serta pagelaran seni budaya dari kedua negara.
 
Delegasi Indonesia yang menampilkan tarian Rapai Geleng Aceh dan Asmaradana sukses memukau penonton sejumlah 300 mahasiswa lokal maupun internasional Universitas Al-Salam. Tak hanya menikmati tampilan budaya, penonton yang hadir juga menikmati kuliner khas Indonesia.
 
“Acara Indonesian-Egyptian Day 2024 menjadi salah satu media untuk melakukan diplomasi lunak kebudayaan Indonesia di Mesir,” ungkap Atdikbud KBRI Kairo, Abdul Muta'ali.
 
Muta'ali juga menambahkan di masa mendatang, kantor Atdikbud KBRI Kairo akan secara aktif menggelar kegiatan kolaborasi budaya sejenis. “Tujuannya jelas, yaitu menanamkan kecintaan sekaligus penguatan peran diplomasi sebagai mitigasi budaya asing yang tidak sesuai norma dan adat istiadat bangsa Indonesia,” imbuhnya.
 
Senada dengan itu, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud), Rahmat Aming Lasim, mengatakan kerja sama dan penampilan seni budaya Indonesia seperti ini harus terus digaungkan agar dunia khususnya Mesir mengenal baik Indonesia.
 
Selanjutnya, Direktur kemahasiswaan Universitas Al-Salam, Tanta, Mesir, Ibrahim Tariq menyatakan kekagumannya dengan seni budaya Indonesia. “Lewat dua tarian yang ditampilkan, kami merasa seperti mengunjungi Indonesia secara langsung,” ucap Ibrahim
 
Sebagai informasi, Universitas Al-Salam, Tanta, Mesir, yang berjarak sekitar 100 kilometer dari kota Kairo merupakan kampus yang banyak melakukan jalinan kerja sama pendidikan dengan Indonesia.  Kampus tersebut memiliki Fakultas Kesehatan, Kedokteran, Farmasi, dan Teknik. (Atdikbud KBRI Kairo / Editor : Andrew Fangidae, Stephanie, Denty A., Seno Hartono)

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 625 kali