Sekitar 9 Ribu Peserta Hadir di Perayaan Hardiknas Tahun 2024, Serukan Keberlanjutan Merdeka Belajar  03 Mei 2024  ← Back



Jakarta, 3 Mei 2024 –
Perayaan Hari Pendidikan Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Tahun 2024 berlangsung dengan meriah di Indonesia Arena, Jakarta, Jumat (3/5) bersama lebih dari 9.000 peserta.

Mengusung tema Bergerak Bersama Lanjutkan Merdeka Belajar, perayaan ini bertujuan agar semangat Hari Pendidikan Nasional dapat digelorakan dalam skala yang lebih besar, dengan mengajak dan melibatkan masyarakat dan pemangku kepentingan lainnya untuk terlibat aktif dalam mewujudkan generasi emas.

”Mari kita jadikan peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024 ini sebagai momentum untuk terus mengokohkan tekad dalam mewujudkan visi pendidikan yang inklusif, berkualitas, dan berdaya saing global, serta memperkuat komitmen kita untuk kemajuan pendidikan dan kebudayaan melalui gerakan Merdeka Belajar,” ucap Sekretaris Jenderal, Suharti.

Dalam rangkaian Bulan Merdeka Belajar ini, Kemendikbudristek dengan dukungan pemangku kepentingan melakukan berbagai kegiatan. Adapun di antaranya ziarah ke makam Ki Hajar Dewantara 2 Mei 2024 untuk menghormati dan mengenang jasa beliau sebagai Bapak Pendidikan Indonesia, upacara bendera pada 2 Mei 2024 yang dilakukan di Kantor Kemendikbudristek dan di Unit Pelaksana Teknis (UPT) Kemendikbudristek seluruh Indonesia, serta gelaran pameran di ruang publik dan Museum Cagar Budaya yang terbuka bagi masyarakat umum.

Selanjutnya, ada pula Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional, Festival Kurikulum Merdeka, penayangan Siniar Merdeka Belajar di Youtube Kemendikbudristek yang mengangkat praktik baik program Merdeka Belajar, dan masih banyak lagi agenda lainnya dari Unit Utama yang akan menyemarakkan bulan Merdeka Belajar sampai akhir Mei nanti.

Kemudian, yang tak kalah istimewa, Kemendikbudristek berkolaborasi dengan komunitas budaya menggelar Konser Musikal bertajuk Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai. ”Konser ini menjadi hasil nyata transformasi pendidikan Indonesia melalui implementasi prinsip Merdeka Belajar yang menekankan pentingnya pendekatan pembelajaran yang menyenangkan dan terdiferensiasi,” ungkap Suharti.

Suharti pun melanjutkan, ”Semua ini memperlihatkan bagaimana konsep Merdeka Belajar tidak hanya memberikan ruang bagi siswa untuk berkembang sesuai bakatnya, tetapi juga mendorong keterlibatan aktif mereka dalam dunia nyata, mempersiapkan mereka untuk meraih impian dan mencintai proses belajar yang abadi.”

Turut hadir dalam perayaan Hardiknas 2024 jajaran menteri Kabinet Indonesia Maju; Ketua dan Wakil Ketua Komisi X DPR RI; Duta Besar negara sahabat; Ketua OASE Kabinet Indonesia Maju beserta seluruh jajaran dan anggota; para pejabat di lingkungan Kemendikbudristek; para pimpinan dan anggota organisasi profesi, organisasi masyarakat, mitra pembangunan, dan komunitas; keluarga Ki Hadjar Dewantara; para peserta didik dari jenjang SD sampai SMA/SMK termasuk SLB; para penerima manfaat program bantuan pendidikan Kemendikbudristek; serta guru, dosen, pegiat budaya, pegiat bahasa dan sastra dari seluruh Indonesia.

Acara juga dimeriahkan dengan penampilan sejumlah musisi ternama, di antaranya Vidi Aldiano, Tulus, Nassar, Rinni, Putri Ariani, dan Maisha Kanna; penampilan dalang cilik Dhanar Danangdana; penari guru dan murid berlatenta; Paduan Suara Mahasiswa (PSM) Universitas Parahyangan, Universitas Brawijaya, Universitas Hasanudin, dan Gabungan PSM Indonesia.

Saksikan Puncak Perayaan Hari Pendidikan Nasional Tahun 2024 melalui tautan berikut https://www.youtube.com/watch?v=yuRh1vGlAaY. (Stephanie / Editor: Denty, Azis)





Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat
Sekretariat Jenderal
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi

Laman: kemdikbud.go.id
Twitter: twitter.com/Kemdikbud_RI
Instagram: instagram.com/kemdikbud.ri
Facebook: facebook.com/kemdikbud.ri
Youtube: KEMENDIKBUD RI        
Pertanyaan dan Pengaduan: ult.kemdikbud.go.id

#MerdekaBelajar

Sumber : Siaran Pers Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Nomor: 148/sipers/A6/V/2024

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 766 kali