Strategi Berkelanjutan Kemendikbudristek Lewat Sosialisasi Layanan Pendidikan di Nagoya  07 Mei 2024  ← Back



Tokyo, Kemendikbudristek — Delegasi Perwakilan Indonesia di Tokyo lakukan kunjungan resmi ke kota Nagoya dan Toyota di Perfektur Aichi pada 27 April 2024. Salah satu agenda dalam kunjungan tersebut yakni bertandang ke Nagoya University dan beberapa universitas di sekitar Nagoya yang menjadi tujuan mahasiswa asal Indonesia melanjutkan studi.
 
Pada kesempatan tersebut, delegasi yang dipimpin oleh Duta Besar (Dubes) Republik Indonesia untuk Jepang Merangkap Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, melakukan pertemuan dengan mahasiswa asal Indonesia. Pertemuan tersebut dihadiri oleh sekitar 20 orang mahasiswa dari universitas di sekitar Nagoya dan juga dosen diaspora Indonesia di Nagoya University, Miftahul Huda.
 
Pada kunjungan tersebut, Dubes Heri Akhmadi didampingi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Amzul Rifin, serta Meinarti Fauzie dan Lodya Habsanthiara Mone dari Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya.
 
Dubes Heri Akhmadi menyampaikan bahwa masyarakat Indoenesia semakin banyak di Jepang, baik untuk bekerja maupun menempuh pendidikan. “Mahasiswa diharapkan mampu menjembatani masyarakat Indonesia untuk meningkatkan kapasitas dengan turut serta dalam membantu pembinaan masyarakat Indonesia di Jepang,” jelas Heri.
 
Dubes Heri Akhmadi juga mendorong agar supaya mahasiswa mampu menjadi jembatan kerja sama dengan universitas di Indonesia. Mahasiswa juga digadang tidak hanya terlibat dalam organisasi kemahasiswaan, namun juga dalam organisasi kemasyarakatan terutama yang terkait dengan bidang keagamaan.
 
Pada sesi kedua, dilakukan diskusi dengan dipandu oleh Atdikbud. Amzul Rifin, menjelaskan pelayanan mengenai pendaftaran mahasiswa, prosedur penyetaraan ijazah, dan prosedur perpindahan anak di Tingkat SD hingga SMA dari Jepang ke Indonesia.
 
“Kiranya mahasiswa asal Indonesia belajar lebih giat lagi, dan setelah lulus dapat berkontribusi kepada pembangunan bangsa di masa mendatang. Kantor Atdikbud KBRI Tokyo siap untuk membantu kegiatan mahasiswa yang terkait dengan pendidikan maupun kebudayaan,” pungkas Amzul. (Atdikbud KBRI Tokyo / Editor: Andrew Fangidae, Stephanie, Denty A., Seno Hartono)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 574 kali