Tekun Tenun dan Kriya Peserta Didik Vokasi Turut Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas  15 Mei 2024  ← Back



Surakarta, 15 Mei 2024 –
Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 yang berlangsung dari 15-18 Mei 2024 di Surakarta, Jawa Tengah. Mengusung tema “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa”, perayaan HUT Ke-44 Dekranas dimeriahkan dengan berbagai kegiatan hingga pertunjukan. Turut hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, untuk membuka acara secara langsung.

Iriana Joko Widodo dan Ibu Wury Ma'ruf Amin beserta para anggota Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) menghadiri Peringatan Syukuran Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Acara syukuran tersebut diselenggarakan di Ballroom Hotel Alila, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah, pada Rabu, 15 Mei 2024. "Di hari yang istimewa ini saya mengucapkan Selamat Hari Ulang Tahun Dewan Kerajinan Nasional yang Ke-44 tahun 2024," kata Ibu Iriana pada pembukaan puncak peringatan HUT Ke-44 Dekranas, di Hotel Alila, Surakarta, pada Rabu (15/5).

Dalam pernyataannya, Ibu Iriana juga mengapresiasi para ibu Dekranas pusat dan daerah yang hadir dengan mengenakan wastra dari masing-masing daerah. Keberagaman wastra tersebut secara lebih detail dapat dilihat dalam Dekranas Expo tahun 2024 yang juga diselenggarakan di Kota Surakarta.

Pada kesempatan tersebut, Ibu Iriana pun turut membuka acara pameran yang akan digelar mulai hari ini. "Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim, secara resmi saya buka Dekranas Expo Tahun 2024," ucap Ibu Iriana.

Ketua Umum Dekranas, Ibu Wury Ma’ruf Amin, mengungkapkan bahwa Dekranas telah menjadi salah satu tonggak utama dalam mengembangkan potensi industri kerajinan di Indonesia sejak didirikan 44 tahun yang lalu. “Perjalanan panjang ini penuh dengan tantangan, tetapi juga penuh dengan prestasi yang membanggakan,” ujar Ibu Wury.

Ibu Wury turut menyampaikan bahwa produk industri kerajinan Indonesia telah menjadi pusat perhatian dan mendapat pengakuan baik di tingkat nasional maupun internasional.

“Hal ini tidak lepas dari peran pengrajin, desainer, akademisi, media, pelaku UMKM, serta dukungan pemerintah dan lembaga terkait yang mengangkat kekayaan produk budaya Indonesia ke panggung dunia,” tutur Ibu Wury.

Lebih lanjut, Ketua Umum Dekranas mengatakan bahwa Indonesia harus terus mengembangkan keterampilan, menjaga kualitas produk, dan terus memperluas jaringan pemasaran, tidak hanya di dalam negeri bahkan sampai ke mancanegara.

“Tetapi, yang tidak kalah penting kita juga harus memperhatikan keberlanjutan lingkungan, kesejahteraan, dna regenerasi para pengrajin. Dengan memperhatikan semua aspek ini kita berharap dapat mengembangkan warisan bangsa dengan baik,” kata Ibu Wury.

Tekun Tenun dan Kriya

Pada perayan HUT Ke-44 Dekranas, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut berpartisipasi dengan membuka stan Pameran Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya serta juga mengirimkan dua unit mobil hias dalam Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya.

Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati, mengatakan bahwa PKW Tekun Tenun dan Kriya merupakan salah satu program prioritas Kemendikbudristek. Program PKW merupakan program kolaborasi Kemendikbudristek dengan Dekranas yang telah diimplementasikan sejak tahun 2020 melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan.

“Tujuan dari program PKW adalah untuk melahirkan para wirausahawan muda melalui pengembangan keahlian kerajinan tangan dan kekayaan budaya daerah mereka dengan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan modal usaha bagi anak-anak Indonesia sebagai bekal berwirausaha di bidang kerajinan tangan tenun dan kriya,” ungkap Dirjen Diksi.

Kiki menambahkan, melalui PKW Tekun Tenun dan Kriya, Kemendikbudristek terus berkomitmen mendukung lahirnya sosok-sosok muda pelaku bisnis dan penghasil kerajinan tangan tenun dan kriya. “Program PKW Tekun Tenun dan Kriya telah bekerja sama dengan 82 Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) melatih 4.699 peserta didik dan menghasilkan 2.284 rintisan usaha/pengusaha baru kerajinan Nusantara,” ucapnya.

Peringatan HUT Ke-44 juga dimeriahkan dengan pameran di Pamedan Pura Mangkunegaran, yang akan diselenggarakan selama 4 hari, mulai dari 15-18 Mei 2024. Pameran ini terdiri dari 257 stan produk kerajinan unggulan Indonesia, stan kuliner Nusantara, dan layanan konsultasi pembinaan bagi para pengrajin.