Siswa Kanto International Senior High School Tokyo Cinta Bahasa Indonesia  12 Juni 2024  ← Back



Tokyo, Kemendikbudristek — Indonesia, dengan segala keunikan dan keragaman budayanya, semakin menarik perhatian orang asing dari berbagai penjuru dunia. Demikian dikatakan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Amzul Rifin, saat menerima rombongan Siswa Kanto International Senior High School Tokyo di Aula KBRI Tokyo pada hari Rabu, 5 Mei 2024.
 
“Wisatawan asing hanya mengenal Bali, namun sejatinya Indonesia terdiri dari banyak pulau yang mempesona serta memiliki beragam budaya, kuliner, dan bahasa daerah,” urai Amzul seraya mengagumi kemampuan berbahasa Indonesia dari siswa yang sangat fasih.
 
Selanjutnya, rombongan siswa yang terdiri atas 12 orang dari kelas 3 didampingi oleh Kepala Sekolah, Daryoosh Matsudaira dan guru bahasa Indonesia, Tini Kodrat dibagi menjadi dua kelompok.
 
Dalam diskusi kelompok yang interaktif, siswa berkesempatan menyajikan informasi mengenai Kanto International Senior High School Tokyo menggunakan bahasa Indonesia. Diskusi semakin seru tatkala seorang siswa menceritakan alasannya belajar bahasa Indonesia karena memiliki cita-cita menjadi pengusaha yang membuka peluang bisnis di Indonesia.
 
Daryoosh Matsudaira mengatakan bahwa bahasa Indonesia telah diajarkan di sekolah sejak tahun 2007. “Sekolah memandang bahwasanya Indonesia merupakan negara dengan potensi luar biasa tak kalah dengan negara besar lainnya di dunia. Sehingga, dengan diajarkannya Bahasa Indonesia di sekolah kami akan menjadi keunggulan tersediri yang diperoleh oleh alumni,” jelasnya.
 
Kanto International Senior High School Tokyo secara rutin juga memiliki agenda kunjungan ke sekolah saudara (sister school) yang ada di Bali. “Dengan adanya kunjungan ke Bali, siswa kami menjadi lebih akrab serta mudah memahami berbagai hal tentang Indonesia,” tekan Daryoosh.
 
Di masa mendatang, sebagai tindak lanjut dari kunjungan ke KBRI Tokyo serta meningkatkan kemampuan berbahasa, Kanto International Senior High School Tokyo mengharapkan adanya peluang untuk mengunjungi Sekolah Indonesia di Tokyo serta melakukan interaksi dengan siswa asal Indonesia. (Atdikbud KBRI Tokyo / Editor: Andrew, Stephanie, Denty, Seno)
 

Sumber :

 


Penulis : Pengelola Siaran Pers
Editor :
Dilihat 917 kali