Kemendikbudristek dan Komisi X DPR RI Melaksanakan Kunjungan Kerja ke Kabupaten Bantul  ( 29 Februari 2024, Dilihat 38 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan kunjungan kemitraan bersama Komisi X DPR RI, di Kabupaten Bantul, Jawa Tengah, Selasa, (27/2/2024).

Kegiatan ini diadakan untuk menggali aspirasi dari Pemerintah serta masyarakat Bantul dan mengawasi implementasi berbagai kebijakan Pemerintah. Agenda pertama yaitu mengunjungi SMPN 1 Kabupaten Bantul.
 

Fokus Pengembangan SDM Bidang Komputasi, Kemendikbudristek Gandeng NCI Australia  ( 28 Februari 2024, Dilihat 112 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (kemendikbudristek) menandatangani perjanjian kerja sama dengan National Computational Infrastructure (NCI) Australia. Proses penandatanganan dilakukan dalam rangkaian acara Super Computing Asia (SCA) 2024 Conference yang berlangsung di International Convention Centre-Sydney pada 20-22 Februari 2024.
 

Kemendikbudristek Bersama Komisi X DPR RI Tinjau Implementasi Merdeka Belajar di Kulon Progo  ( 28 Februari 2024, Dilihat 75 kali . )
Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kulon Progo pada Selasa (27/2). Pada Masa Reses Persidangan III Tahun Sidang 2023 – 2024 ini, para anggota memfokuskan kunjungannya terkait agenda pengawasan dan pengumpulan aspirasi masyarakat atas hasil pelaksanaan kebijakan dan program pemerintah di bidang pendidikan, kebudayaan, pariwisata, ekonomi kreatif, pemuda, olahraga, dan perpustakaan.
 

Peluncuran Peta Jalan Sanitasi Sekolah, Menuju Lingkungan Sekolah yang Bersih dan Sehat  ( 27 Februari 2024, Dilihat 137 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Menengah, secara resmi meluncurkan dokumen Peta Jalan atau Roadmap Sanitasi Sekolah 2024-2030. Dokumen ini menjadi landasan perencanaan bagi seluruh pihak terkait untuk mewujudkan sanitasi sekolah yang berkualitas di akhir tahun 2030.
 

Dukung Gerakan Sekolah Sehat, Kemendikbudristek Luncurkan Roadmap Sanitasi Sekolah 2024-2030  ( 27 Februari 2024, Dilihat 125 kali . )
Ketersediaan akses air, sanitasi, dan higienitas (kebersihan) atau Water, Sanitation, and Hygiene (WASH) memberikan dampak yang luar biasa pada pembangunan sektor kesehatan, ekonomi, hingga pendidikan. Khusus pendididikan, ketersediaan akses WASH di sekolah bagi peserta didik menjadi salah satu komponen penting yang perlu diperhatikan dalam mewujudkan Sekolah Sehat yang berfokus pada kesehatan lingkungan.
 

Bentuk Wadah Kolaborasi, BPMP Gorontalo Resmikan Ikatan Alumni Program Kampus Mengajar  ( 26 Februari 2024, Dilihat 184 kali . )
BPMP Provinsi Gorontalo meresmikan Ikatan Alumni Program Kampus Mengajar bersamaan dengan acara pelepasan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7. Kegiatan seremonial pelepasan sendiri berlangsung pada hari Senin (19/2) secara hybrid. Sementara itu, ikatan alumni yang digagas merupakan inisiatif dari BPMP Gorontalo untuk menyediakan wadah kolaborasi bagi para alumni program untuk melanjutkan dampak bagi pembangunan pendidikan di Serambi Madinah tersebut.
 

BPMP Papua Siap Dampingi Pelaksanaan Program Kampus Mengajar Angkatan 7  ( 26 Februari 2024, Dilihat 136 kali . )
Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Provinsi Papua melaksanakan kegiatan seremonial pelepasan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 pada Senin (19/2) secara hybrid. Kegiatan seremonial pelepasan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 di Papua dihadiri oleh 27 mahasiswa terpilih untuk bertugas di delapan sekolah sasaran yang tersebar di enam kabupaten/kota, yaitu Kabupaten Biak Numfor, Kabupaten Keerom, Kota Jayapura, Kabupaten Jayawijaya, Kabupaten Merauke, dan Kabupaten Nabire.
 

Semarak Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional di Kota Bandung  ( 26 Februari 2024, Dilihat 135 kali . )
Peringatan Hari Bahasa Ibu Internasional tahun 2024 yang berpusat di Gedung YPK, Jalan Naripan No. 7, Kota Bandung, beberapa waktu lalu berlangsung semarak. Dalam acara Mieling Poé Basa Indung, di antara penonton yang hadir, terdapat beberapa orang Duta Bahasa Provinsi Jawa Barat, diantaranya Selly Nuraprillia dan Dipa Suharto.
 
 

Kemendikbudristek dan Rumata’ ArtSpace Gelar Lokakarya Tahap 3 Bacarita Digital Volume Dua  ( 24 Februari 2024, Dilihat 82 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi dengan Rumata’ Artspace menggelar lokakarya Bacarita Digital Volume Dua "Kekayaan Pangan Nusantara". Acara yang berlangsung di Benteng Fort Rotterdam, Makassar, Sulawesi Selatan ini memasuki tahap ketiga atau akhir kegiatan pada 22-25 Februari 2024. Bacarita Digital tahap ketiga ini merupakan rangkaian dari Bacarita tahap satu yang telah berlangsung pada bulan Juli 2023 dan tahap kedua pada bulan September-Oktober 2023.
 

Kemendikbudristek Terus Mengoptimalisasi Pengalaman Belajar Melalui Bimbingan Teknis PMM Angkatan 4  ( 24 Februari 2024, Dilihat 131 kali . )
Sebagai upaya meningkatkan kualitas dalam memberikan layanan fasilitasi administrasi dan pembelajaran mata kuliah bagi mahasiswa peserta program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) di perguruan tinggi penerima, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) mata kuliah perguruan tinggi penerima program PMM angkatan 4. Penyelenggaraan bimtek digelar dengan tujuan membahas rekomendasi perbaikan dan peningkatan kualitas pembelajaran dalam pelaksanaan program.
 

Kemendikbudristek dan PT. Pos Indonesia Jalin Kerja Sama, Optimalisasi Penyaluran Bantuan Pendidikan  ( 23 Februari 2024, Dilihat 418 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjalin kerja sama dengan PT. Pos Indonesia (Persero) untuk mengoptimalkan pemanfaatan produk dan layanan Pos Indonesia dalam mendukung program  bantuan pendidikan. Naskah kerja sama tersebut ditandangani oleh Direktur Utama PT. POS Indonesia (Persero) Faizal Rochmad Djoemadi dan Sekretaris Jenderal Kemendikbudristek, Suharti. Acara seremoni penandatanganan Nota Kesepahaman dengan PT. Pos Indonesia (Persero) dilakukan di Graha Pos Indonesia, Bandung, Kamis (22/02).
 

Kemendikbudristek Ajak Masyarakat Manfaatkan Ruang Publik sebagai Titik Temu Ekosistem Kebudayaan  ( 23 Februari 2024, Dilihat 352 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menyelenggarakan Talk Show bertema "Perluasan Ruang Publik: Menghidupi Ruang Publik Sebagai Titik Temu Ekosistem Kebudayaan”. Kegiatan ini bertujuan untuk membuka ruang dialog tentang Ruang Publik dalam Pemajuan Kebudayaan serta salah satu implementasi dari cipta kawasan pemajuan kebudayaan.
 

Mahasiswa Rasakan Dampak Positif Program Kampus Mengajar  ( 23 Februari 2024, Dilihat 278 kali . )
Sebanyak 32.000 mahasiswa yang lolos dan telah mengikuti pembekalan sebagai peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 akan menjalankan penugasannya di lebih dari 7.000 sekolah di seluruh Indonesia.
 

Kolaborasi Semua Pihak Wujudkan Dampak Positif Program Kampus Mengajar  ( 23 Februari 2024, Dilihat 238 kali . )
Dalam kegiatan pelepasan dan pendampingan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7, Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, menyampaikan apresiasinya kepada seluruh pihak yang telah mendukung pelaksanaan program Kampus Mengajar. Menurutnya, program ini merupakan wujud kontribusi pendidikan tinggi dalam aspek pengabdian dengan memberikan asistensi kepada guru dan tenaga kependidikan.
 

Kemendikbudristek Lepas 32.000 Lebih Mahasiswa Program Kampus Mengajar Angkatan 7  ( 23 Februari 2024, Dilihat 340 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) resmi melepas lebih dari 32.000 mahasiswa yang lolos dan telah mengikuti pembekalan sebagai peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7. Kegiatan pelepasan dan pendampingan peserta Program Kampus Mengajar Angkatan 7 ini dilaksanakan secara daring melalui kanal Youtube KEMENDIKBUD RI dan luring secara serempak di 34 provinsi, pada Senin (19/2).
 

Para Pengusul Program Doktor Terapan, Simak Prasyarat, Prosedur, dan Instrumennya  ( 23 Februari 2024, Dilihat 621 kali . )
Pada Selasa (20/2), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi menggelar acara Peluncuran Program Doktor Terapan di Jakarta. Peluncuran Program Doktor Terapan ini untuk menjawab kebingungan masyarakat akan keberlanjutan jenjang pendidikan vokasi, utamanya untuk program pascasarjana. Oleh karena itu, dalam acara ini turut dibahas prasyarat, prosedur, dan instrumen untuk mengusulkan program doktor terapan.
 

Gencarkan Promosi Bahasa Indonesia, FBS UNJ Kunjungi Sekolah di Canberra  ( 23 Februari 2024, Dilihat 170 kali . )
Sejalan dengan telah ditetapkannya bahasa Indonesia menjadi salah satu bahasa resmi di sidang umum UNESCO, perwakilan Pemerintah Indonesia di luar negeri didorong unutuk terus menyosialisasikan kebijakan penggunaan bahasa Indonesia khususnya untuk penutur asing.
 

Pendidikan Guru Penggerak Ciptakan Paradigma Baru Pembelajaran  ( 23 Februari 2024, Dilihat 220 kali . )
Kesuksesan transformasi pendidikan di Sulawesi Selatan tentunya tak lepas dari peran Guru Penggerak. Hal penting ini disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Iwan Syahril. Dalam kunjungannya ke Sulawesi Selatan, Iwan membuka ruang dialog dengan para Guru Penggerak untuk mendengar secara langsung praktik baik yang telah mereka lakukan dalam upaya mendorong transformasi di satuan pendidikan mereka.
 

Kemendikbudristek Bersama 276 Mitra Program MSIB Kukuhkan Komitmen Lewat Penandatanganan Kerja Sama  ( 22 Februari 2024, Dilihat 169 kali . )
Sebanyak 276 mitra program Magang dan Studi Independen (MSIB) mengukuhkan komitmennya melalui penandatanganan kerja sama antara mitra dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), pada Selasa (20/2) di Auditorium Gedung D, Kemendikbudristek. Pengukuhan komitmen ini melibatkan 203 mitra magang dan 73 mitra studi independen yang siap berkolaborasi dengan 47.984 mahasiswa MSIB di angkatan keenam tahun ini.
 

Program Doktor Terapan untuk Penuhi Kebutuhan Riset dan Inovasi Industri  ( 22 Februari 2024, Dilihat 2674 kali . )
Pembukaan program pendidikan doktor terapan diarahkan untuk menghasilkan riset terapan dan inovasi yang sesuai dengan kebutuhan dunia industri. Kehadiran program doktor terapan tidak hanya untuk mendorong sumber daya manusia (SDM) dengan kualifikasi tinggi, tetapi juga mampu mendorong kemajuan industri nasional. Untuk itu, program doktor terapan harus menjalin kerja sama dengan industri.
 

Program MSIB Angkatan 6 Kemendikbudristek Siap Hasilkan 40.000 Lebih Talenta Muda Masa Depan  ( 22 Februari 2024, Dilihat 262 kali . )
Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) Kampus Merdeka telah terlaksana dalam lima angkatan dengan berbagai peningkatan dan perbaikan yang terus dilakukan baik dari sisi kuantitas mahasiswa yang terserap maupun kualitas program pembelajaran yang dijalankan. Pada tahun ini, telah terpilih 47.984 mahasiswa yang akan mengikuti program MSIB untuk angkatan ke-enam. Tahun 2024 menjadi tahun pendaftar terbanyak sejak program MSIB diluncurkan pada 2021. Tercatat lebih dari 150.000 mahasiswa dari 700 perguruan tinggi dibawah naungan Kemendikbudristek yang telah mendaftar pada program MSIB.
 

Kemendikbudristek Kupas Tuntas Program PPG Prajabatan di Medan  ( 22 Februari 2024, Dilihat 142 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) hadir di Universitas Negeri Medan (UNIMED) untuk memberikan penjelasan terkait arah kebijakan profesi guru kepada para mahasiswa Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan. Acara ini sekaligus mengupas tantangan dan kesempatan untuk mengabdi menjadi guru profesional.