Kemendikbud dan Mitra Sediakan Ratusan Materi Pengayaan Belajar dari Rumah  ( 04 Juni 2020, Dilihat 264 kali . )
Perwakilan kluster pendidikan yang tergabung di dalam Sekretariat Nasional Satuan Pendidikan Aman Bencana (SPAB) menyerahkan materi pengayaan pendukung kegiatan belajar dari rumah kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Materi pengayaan dimaksud berupa informasi sumber-sumber belajar untuk peserta didik maupun tenaga pendidik yang bersifat bahan bacaan, lembar aktivitas, panduan berkegiatan bersama anak-anak dan remaja.
 

Sekretaris Jenderal Kemendikbud Lantik 13 Pejabat Tinggi Pratama, 1 Rektor dan 5 Pejabat Fungsional  ( 04 Juni 2020, Dilihat 661 kali . )
Sekretaris Jenderal (Sesjen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Ainun Na'im melantik 13 Pejabat Tinggi Pratama, satu Rektor, dan lima Pejabat Fungsional Ahli Utama di Jakarta, pada Kamis (04/06/2020). Kepada para pejabat yang baru dilantik, Sesjen Kemendikbud menyampaikan bahwa kesenjangan yang muncul akibat pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) menjadi tugas baru yang harus ditemukan solusinya secara menyeluruh.
 

Kemendikbud: Tidak Ada Kenaikan Uang Kuliah Tunggal di Masa Pandemi  ( 03 Juni 2020, Dilihat 1393 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menanggapi isu kenaikan uang kuliah tunggal (UKT) yang sejak kemarin (2/6/2020) ramai menjadi perbincangan warganet di media sosial. Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Plt Dirjen Dikti) Kemendikbud, Nizam, menegaskan bahwa Kemendikbud memastikan tidak ada kenaikan UKT di masa pandemi Covid-19. Dalam keterangan tertulisnya, Nizam menjelaskan, jika ada perguruan tinggi negeri (PTN) yang menaikkan UKT, berarti keputusan tersebut diambil sebelum masa pandemi dan hanya diberlakukan kepada mahasiswa baru sesuai dengan kemampuan ekonomi orang tuanya.
 

Kemendikbud Ajak Siswa Unjuk Kreativitas di Ajang Lomba Hari Peringatan Pancasila  ( 02 Juni 2020, Dilihat 823 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengajak para siswa berpartisipasi di dalam rangkaian Lomba Peringatan Hari Lahir Pancasila 2020. Lomba ini bertemakan "Aku, Kamu, Dia, dan Pancasila," dengan tujuan menggali kreativitas para siswa dan mengaplikasikan nilai Pancasila, menurut kreasi di setiap lomba yang ditetapkan.
 

Kemendikbud Gelar Bincang Aku, Kamu, Dia dan Pancasila  ( 02 Juni 2020, Dilihat 206 kali . )
Memperingati Hari Lahir Pancasila, Pusat Penguatan Karakter (Puspeka) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan diskusi santai dengan tema “Aku, Kamu, Dia, dan Pancasila” di akun TikTok resmi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Kemdikbud.RI, Senin (1/6/2020) di Jakarta. Direktur Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, Hilmar Farid menjelaskan bahwa semangat gotong royong dapat menentukan seberapa cepat bangsa Indonesia dapat menyelesaikan segenap masalah yang sedang dialami saat ini.
 

Dimulainya Tahun Ajaran Baru Tidak Sama dengan Pembukaan Sekolah  ( 29 Mei 2020, Dilihat 20671 kali . )
Proses Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020 akan segera dimulai, artinya sistem pembelajaran akan segera masuk Tahun Ajaran baru 2020/2021. Namun, ditengah pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) Plt. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Dasar, dan Menengah (Plt. Dirjen PAUD Dasmen) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hamid Muhammad menegaskan bahwa ada perbedaan antara dimulainya Tahun Ajaran baru dengan tanggal dimulainya Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) untuk tatap muka.
 

Kemendikbud Terbitkan Pedoman Penyelenggaraan Belajar dari Rumah  ( 29 Mei 2020, Dilihat 14828 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menerbitkan Surat Edaran Nomor 15 Tahun 2020 tentang Pedoman Penyelenggaraan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Penyebaran Covid-19. Staf Ahli Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Regulasi, Chatarina Muliana Girsang menyampaikan Surat Edaran Nomor 15 ini untuk memperkuat Surat Edaran Mendikbud Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pendidikan Dalam Masa Darurat Coronavirus Disease (Covid-19).
 

Menyimak Isi Surat Guru untuk Mendikbud  ( 29 Mei 2020, Dilihat 1845 kali . )
Jujur, tulus, dan bermakna. Tiga kata itulah yang dapat menggambarkan 6.689 surat yang ditulis oleh guru dan murid se-Indonesia kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. Melalui untaian kata, mereka mengisahkan berbagai cerita inspiratif dalam memaknai Ramadan di masa pandemi Covid-19.
 

Kemendikbud Buka Program Studi S-2 Terapan di Empat Politeknik  ( 29 Mei 2020, Dilihat 607 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuka program Pascasarjana (S-2) Terapan di empat Politeknik Negeri untuk menjawab tantangan zaman. Program Studi Magister Terapan ini diterapkan dengan menggunakan model yang berbasis pada Rekayasa Teknologi Berbasis Penyelesaian Permasalahan atau Engineered Technology Based Problem Solving.
 

Cegah Penyebaran Covid-19, Kemendikbud Dorong Pemda Terapkan PPDB 2020 Secara Daring  ( 28 Mei 2020, Dilihat 1064 kali . )
Sebanyak 10,9 juta calon peserta didik Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) diproyeksikan akan mengikuti program Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun 2020.  Dalam masa darurat penyebaran pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan PPDB tahun 2020 akan dilaksanakan secara dalam jaringan (daring) dan luar jaringan (luring).
 

Kemendikbud Luncurkan Gerakan Perjodohan antara Dunia Industri, Dunia Kerja, Dunia Pendidikan Vokasi  ( 27 Mei 2020, Dilihat 593 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) akan memulai gerakan "Pernikahan Massal” (Link and Match) antara pendidikan vokasi dengan dunia industri dan dunia kerja (DUDI). Tujuan utama peluncuran "Program Penguatan Program Studi (Prodi) Pendidikan Tinggi Vokasi Tahun 2020" ini agar prodi vokasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) semakin menghasilkan lulusan dengan kualitas dan kompetensi sesuai dengan kebutuhan dunia industri dan dunia kerja.
 

Dirjen Pendidikan Vokasi: Kampus Harus Mengikuti Dinamika Kenormalan Baru  ( 27 Mei 2020, Dilihat 503 kali . )
Dengan adanya pandemi Covid-19, tatanan kehidupan dan kebiasaan manusia harus bisa beradaptasi dengan kenormalan baru. Demikian juga dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI) yang harus mampu beradaptasi. Oleh karena itu untuk tahun 2020, kampus-kampus vokasi juga didorong untuk berkolaborasi dengan industri agar menghasilkan karya-karya riset terapan yang mendukung tanggap darurat Covid-19. Kampus dan industri juga harus duduk bersama untuk mengantisipasi kenormalan baru selepas pandemi ini.
 

Mendikbud Membacakan Surat Paling Inspiratif dari Guru dan Murid  ( 26 Mei 2020, Dilihat 522 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah menyelenggarakan lomba menulis surat untuk Mendikbud, Nadiem Anwar Makarim, dengan tema "Hikmah Hari Kemenangan di Masa Pandemi, Surat untuk Mas Menteri Nadiem Makarim". Lomba yang diselenggarakan pada periode 11 s.d 17 Mei 2020 ini telah berakhir dengan lima surat terpilih dari 6.689 surat yang diterima panitia.
 

Bacakan Surat Inspiratif dari Guru dan Siswa, Mendikbud: Merajut Hikmah di Balik Pandemi  ( 26 Mei 2020, Dilihat 512 kali . )
Jujur, tulus, dan bermakna. Tiga kata itulah yang dapat menggambarkan 6.689 surat yang disampaikan oleh guru dan murid se-Indonesia. Pada 11 s.d 17 Mei 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter menyelenggarakan lomba menulis surat untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, dengan tema "Hikmah Hari Kemenangan di Masa Pandemi, Surat untuk Mas Menteri Nadiem Makarim".
 

Strategi ‘Pernikahan Massal’ Tumbuhkan Kepercayaan DUDI pada Lulusan Vokasi  ( 26 Mei 2020, Dilihat 2672 kali . )
Direktur Jenderal (Dirjen) Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Wikan Sakarinto mengatakan bahwa vokasi harus terus melakukan inovasi dan terobosan. Meski sebagian besar sudah berkolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI), link and match harus terus ditingkatkan.
 

Dirjen Vokasi Kemendikbud: Daftar SBMPN 2020 Berdasarkan Minat dan Bakat  ( 26 Mei 2020, Dilihat 2549 kali . )
Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) 2020 telah dibuka. Dari tahun ke tahun jumlah politeknik peserta jalur penerimaan ini terus meningkat. Direktur Jenderal Vokasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan, hingga tahun 2019 tercatat sejumlah 42 politeknik mengikuti seleksi ini. Di tahun ini, seleksi penerimaan yang sebelumnya bernama Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN) berganti menjadi SBMPN.
 

Kemendikbud Umumkan Lima Surat Terinspiratif pada Lomba Tulis Surat Untuk Mendikbud di Masa Covid-19  ( 24 Mei 2020, Dilihat 1409 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Pusat Penguatan Karakter (PPK) selenggarakan lomba menulis surat untuk Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim di masa pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Dari ribuan surat yang masuk, Kemendikbud telah memilih lima surat paling mengispirasi yaitu dua surat yang dikirim guru dan tiga surat dari siswa.
 

Mendikbud: Integritas Utama, Tidak Ada Toleransi Terhadap Pelanggarannya  ( 22 Mei 2020, Dilihat 1229 kali . )
Inspektorat Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Itjen Kemendikbud) bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah melakukan operasi tangkap tangan (OTT) terhadap percobaan gratifikasi di lingkungan Kemendikbud, pada hari Rabu (20/05). Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, menegaskan akan mendukung penuh proses penengakan hukum sesuai peraturan yang berlaku.
 

Mendikbud: Pembukaan Sekolah dan Metode Belajar Sesuai Pertimbangan Gugus Tugas  ( 21 Mei 2020, Dilihat 25383 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menegaskan bahwa keputusan pembukaan kembali sekolah akan ditetapkan berdasarkan pertimbangan  Gugus Tugas Percepatan Penanganan (Coronavirus Disease (COVID-19) bukan sepihak oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Pernyataan tersebut disampaikan Mendikbud dalam Rapat Kerja secara telekonferensi dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI), di Jakarta, Rabu (20/5/2020).