Manfaat Program ADEM Papua dalam Meningkatnya Wawasan, Kedisiplinan, dan Motivasi Belajar  ( 12 Juli 2024, Dilihat 108 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyambut kehadiran 170 peserta Beasiswa Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Wilayah Papua Tahun 2024 di Wilayah Jawa Barat. Sebelum menjalankan proses pembelajaran di sekolah tujuan, para peserta diberi pembekalan tentang penguatan wawasan kebangsaan dan bela negara, pelatihan baris berbaris dan pelatihan upacara bendera, pola hidup bersih dan bahaya narkoba, serta etika dan sopan santun dalam berinteraksi.
 

Provinsi Jabar dan Banten Sambut 170 Peserta ADEM Papua Tahun 2024  ( 12 Juli 2024, Dilihat 165 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Yayasan Penuntun Masa Depanku (Pesanku) menyelenggarakan Kegiatan Pembinaan Pendidikan Kebangsaan Siswa Program Program Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM) Wilayah Papua Tahun 2024 di Wilayah Jawa Barat. Sebanyak 170 peserta ADEM bersekolah di SMA/SMK di Provinsi Jawa Barat dan Banten. Selain di Kota Bandung, kegiatan ini juga serentak diselenggarakan di tiga lokasi lainnya yaitu Malang, Magelang, dan Denpasar.
 

Resmi Selesai, PMM Angkatan 4 Cetak Rekor Peserta Terbanyak  ( 12 Juli 2024, Dilihat 3964 kali . )
Salah satu program kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yakni Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM), menutup Program PMM Angkatan 4 pada Rabu (10/7). Acara digelar secara daring melalui zoom dan kanal YouTube PMM dihadiri oleh pejabat Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), perwakilan perguruan tinggi penerima dan pengirim, dan mahasiswa peserta PMM Angkatan 4.
 

Simbol Kekayaan Sejarah Maritim, Muhibah Budaya Jalur Rempah Singgah di Lampung  ( 11 Juli 2024, Dilihat 158 kali . )
Kapal Republik Indonesia (KRI) Dewaruci singgah di Provinsi Lampung, sebagai titik terakhir dari misi pelayaran Muhibah Budaya Jalur Rempah (MBJR) 2024 sebelum kembali ke Jakarta. Penyambutan Laskar Rempah Lada Hitam berlangsung di Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, pada Kamis (11/7).
 

Penguatan Budaya dan Pemberdayaan Komunitas melalui Rancang Ilalang di Sekolah Adat Osing Pesinauan  ( 11 Juli 2024, Dilihat 218 kali . )
Sekolah Adat, sebagai salah satu bentuk lembaga adat di berbagai daerah Indonesia, berperan penting dalam pemajuan kebudayaan. Melalui pendidikan berbasis adat, generasi muda diajarkan untuk mengenal, mencintai, dan menjaga kekayaan budayanya. Untuk itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan terus menjaga sinergi dengan berbagai lembaga adat untuk memastikan tradisi dan kearifan lokal mereka tetap hidup dan berkembang di masyarakat.
 

Jejak Harum Rempah Nusantara: Di Balik Pelayaran Panjang Laskar Rempah Kayu Manis  ( 11 Juli 2024, Dilihat 250 kali . )
Malam itu, langit Dumai dipenuhi bintang-bintang yang seolah menyemangati 25 Laskar Rempah Kayu Manis yang tengah bersiap untuk memulai pelayaran panjang Laskar Rempah Kayu Manis. KRI Dewaruci yang megah berdiri gagah di pelabuhan, siap mengarungi lautan luas membawa Laskar Rempah Kayu Manis ke tempat - tempat bersejarah yang menyimpan banyak cerita tak ternilai tentang rempah dan kebudayaan Nusantara. Pelayaran ini bukan sekadar perjalanan fisik, tetapi juga perjalanan spiritual dan intelektual, menggali kembali akar kebudayaan yang telah lama terlupakan.
 

Dubes RI Bicara Hubungan Indonesia-Australia di Curtin University  ( 09 Juli 2024, Dilihat 384 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra menggelar kegiatan Ambassador Goes to Campus di Curtin University pada Jumat (5/7). Curtin University merupakan salah satu universitas terbaik yang berlokasi di Australia Barat. Dalam bidang mining dan engineering, Curtin University merupakan universitas top dengan peringkat terbaik ke-2 dunia.
 

Tonjolkan Seni Sebagai Pengetahuan, Kemendikbudristek Apresiasi Festival Pasca Penciptaan 2024  ( 08 Juli 2024, Dilihat 331 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berkomitmen memberikan dukungan untuk ruang-ruang kreativitas seni para anak bangsa. Kolaborasi dengan para kalangan pelaku seni terus dibangun agar semangat dan inspirasi berkarya tidak pupus. Dukungan dan jalinan kerja sama antara Kemendikbudristek dengan pemangku kepentingan seni pun terus dijaga keberlanjutannya, guna memperkuat ekosistem kesenian di tanah air.
 

Kemendikbudristek Bangun Kecintaan Musik Tradisi Melalui Recaka Musik Lampung  ( 08 Juli 2024, Dilihat 310 kali . )
Memajukan dan memperkuat ekosistem musik merupakan bagian penting dari kinerja pemerintah terkait pemajuan kebudayaan. Untuk menjaga keberlanjutan musik tradisi agar tetap dicintai masyarakat, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar program Festival Musik Tradisi Indonesia (FMTI). 
 

Kemendikbudristek Gelar Lokakarya Peningkatan Kapasitas Penulisan untuk Komunitas  ( 08 Juli 2024, Dilihat 430 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM) mengadakan lokakarya bertajuk "Peningkatan Kapasitas Penulisan untuk Komunitas". Acara yang berlangsung di Jakarta selama tiga hari ini bertujuan untuk memperkuat kemampuan penulisan para peserta yang berasal dari berbagai komunitas pendidikan.
 

Galanggang Arang Sawahlunto 2024: 5 Tahun Peringatan WTBOS   ( 07 Juli 2024, Dilihat 283 kali . )
Perhelatan Galanggang Arang Kota Sawahlunto kali ini terasa lebih istimewa karena sekaligus memperingati 5 tahun penetapan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) sebagai Warisan Dunia oleh UNESCO. Penetapan berlangsung di Kota Baku, Azerbaijan 6 Juli 2019 melalui Sidang World Heritage Committee ke-43.
 

Kolaborasi Mitra dan Komunitas Lanjutkan Merdeka Belajar di Puncak Festival Kurikulum Merdeka 2024  ( 07 Juli 2024, Dilihat 361 kali . )
Keseruan Puncak Festival Kurikulum Merdeka dan Anugerah Merdeka Belajar 2024 di Plenary Hall Jakarta Convention Center, Jumat (5/7) tidak hanya terlihat di panggung utama, namun juga di 20 stan pameran, yang terbagi menjadi  area Gerakan Merdeka Belajar, area Kolaborasi Komunitas, area Kolaborasi Mitra, area Potret Cerita Kurikulum Merdeka, dan area Surat Semangat Sambut Tahun Ajaran Baru.
 

Raih 296 Medali, Kontingen Indonesia Juara Umum AUG ke-21 Tahun 2024  ( 07 Juli 2024, Dilihat 331 kali . )
Perhelatan ASEAN University Games (AUG) ke-21 yang diselenggarakan pada 25 Juni s.d. 6 Juli 2024 di Surabaya dan Malang, Jawa Timur resmi ditutup. Kontingen Indonesia sukses menjadi Juara Umum dengan perolehan 296 medali terdiri atas 126 medali emas, 99 medali perak, dan 71 medali perunggu. Sementara itu, posisi kedua ditempati oleh Thailand dengan perolehan 131 medali (53 medali emas, 50 medali perak, 28 medali perunggu) dan Malaysia menduduki peringkat ketiga dengan perolehan 104 medali (38 medali emas, 47 medali perak, 63 medali perunggu).
 

Semua Bisa Ambil Bagian dalam Implementasi Kurikulum Merdeka  ( 07 Juli 2024, Dilihat 242 kali . )
Puncak Festival Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) turut menyajikan dua sesi gelar wicara dalam rangka menghimpun berbagai praktik baik dan cerita perubahan untuk memperkuat semangat ekosistem pendidikan Indonesia mengimplementasikan Kurikulum Merdeka di Tahun Ajaran 2024/2025. Dua sesi gelar wicara tersebut diselenggarakan di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (5/7), di tengah-tengah meriahnya suasana gelaran pameran Potret Cerita Kurikulum Merdeka, dan antusiasnya pengunjung mendatangi stan-stan program prioritas Ditjen PAUD Dikdasmen serta stan-stan Mitra Pembangunan Kemendikbudristek.
 

Praktik Baik Kampus Mengajar Bagi Mahasiswa Universitas Muria Kudus  ( 06 Juli 2024, Dilihat 558 kali . )
Kampus Mengajar merupakan program pembelajaran yang memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester guna melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi menciptakan pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan. Program Kampus Mengajar memberikan manfaat besar tidak hanya kepada individu, tetapi juga bagi masyarakat luas.
 

Dukungan Universitas Muria Kudus Terhadap Mahasiswa PMM  ( 06 Juli 2024, Dilihat 479 kali . )
Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) merupakan sebuah program mobilitas mahasiswa selama satu semester untuk mendapatkan pengalaman belajar di perguruan tinggi di Indonesia sekaligus memperkuat persatuan dalam keberagaman. Kepala Lembaga Pendidikan sekaligus Dosen Modul Nusantara Universitas Muria Kudus, Gudnanto, mengatakan bahwa Program PMM sangat mengutamakan kebhinekaan, jangan sampai intoleran karena tujuannya utamanya adalah mengajarkan kebhinekaan, inspirasi, refleksi, dan kontribusi sosial terhadap masyarakat
 

Sejarah dan Konektivitas Budaya Melalui Perdagangan Rempah di Melaka  ( 06 Juli 2024, Dilihat 492 kali . )
Melaka menjadi pusat perdagangan penting di Nusantara berkat lokasinya yang strategis, berada di tepi Selat Melaka yang membentang antara Semenanjung Melayu dan Pulau Sumatera. Pelabuhan Melaka berfungsi sebagai gerbang utama distribusi hasil bumi dari Maluku, dimulai dari Hitu dan Banda, lalu menuju pesisir Jawa, Pantai Timur Sumatera, dan akhirnya sampai di Melaka. Dari sana, barang-barang tersebut kemudian dikirim ke India dan berbagai daerah lainnya.
 

Puncak Festival Kurikulum Merdeka 2024 Berlangsung Meriah dan Ramai Pengunjung  ( 06 Juli 2024, Dilihat 219 kali . )
Puncak Festival Kurikulum Merdeka 2024 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di Plenary Hall, Jakarta Convention Center, Jumat (5/7) siang berlangsung meriah. Agenda yang diselenggarakan untuk menyebarluaskan energi, semangat, dan praktik baik implementasi Kurikulum Merdeka tersebut diramaikan oleh lebih dari 1.000 pengunjung dari berbagai ekosistem pendidikan di Indonesia.
 

AMB 2024: Apresiasi Komitmen dan Aksi Nyata Pemerintah Daerah dalam Transformasi Pendidikan  ( 06 Juli 2024, Dilihat 160 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUD Dikdasmen), menyelenggarakan Anugerah Merdeka Belajar di Plenary Hall Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, Jumat (5/7). Kegiatan ini adalah tahun kedua Anugerah Merdeka Belajar digelar setelah tahun pertama sukses diselenggarakan.
 

Dunia Usaha dan Perguruan Tinggi Aceh Sepakat Membangun Semangat Kewirausahaan  ( 05 Juli 2024, Dilihat 507 kali . )
Kalangan dunia usaha dan perguruan tinggi di Aceh sepakat untuk membantu menyelesaikan persoalan pengangguran dengan meningkatkan semangat kewirausahaan di kalangan mahasiswa khususnya dan masyarakat pada umumnya melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Mandiri.