Kerja Sama Kampus Merdeka dan Beasiswa Talenta Digital  ( 10 Mei 2021, Dilihat 276 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti)  melakukan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tentang “Kesinergisan Program Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia melalui Pelaksanaan Kampus Merdeka dan Beasiswa Talenta Digital (Digital Talent Scholarship) pada Senin (10/5/2021). Penandatangan perjanjian kerja sama dilakukan secara daring oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Nizam dan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Balitbang SDM) Kemenkominfo Hary Budiarto.
 

Lulus 100%, Siswa Sekolah Republik Indonesia Tokyo Kelas XII  ( 10 Mei 2021, Dilihat 283 kali . )
Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) menggelar acara pengumuman kelulusan bagi siswa-siswi kelas XII SMA tahun pelajaran 2020/2021 pada Senin, 3 Mei 2021 pukul 14.30 waktu Tokyo. Kegiatan ini dilakukan secara daring  sehubungan dengan kebijakan perpanjangan State of Emergency  (keadaan darurat) akibat lonjakan kasus Covid-19. Kebijakan yang awalnya berlaku pada 25 April s.d. 11 Mei 2021, kemudian diperpanjang hingga 31 Mei 2021.
 

Membahas Puasa, Kemanusiaan, dan Toleransi, dalam Webinar Ramadan  ( 10 Mei 2021, Dilihat 156 kali . )
Pusat Penguatan Karakter, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspeka Kemendikbudristek) menggelar webinar bertajuk “Puasa, Kemanusiaan, dan Toleransi” pada Sabtu (8/5). Webinar yang diselenggarakan secara virtual kali ini menghadirkan narasumber menarik yaitu Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, Yenny Wahid (Direktur Wahid Foundation), Habib Husein Jafar Al-Hadar (tokoh agama) dan Abdul Arsyad (Komika). Acara ini dipandu oleh Anya Dwinov dan ditutup dengan penampilan spesial dari Raef yang merupakan penyanyi religi internasional.
 

Semarak Hardiknas, 12 Warga Jepang Ikuti Lomba Pidato Bahasa Indonesia  ( 09 Mei 2021, Dilihat 200 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo memeriahkan Hari Pendidikan Nasional dengan menggelar lomba pidato bahasa Indonesia bagi pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) bersama APPBIPA Jepang. Lomba digelar daring melalui Zoom dengan tema “Pendidikan dan Pandemi” dan diikuti 12 peserta terseleksi yang dibagi dalam dua kategori yaitu kategori pelajar/mahasiswa dan kategori umum. Dewan juri adalah Ketua Dharma Wanita Persatuan (DWP) Tokyo, Nuning Akhmadi; Atase Pendidikan dan Kebudayaan RI di Tokyo, Yusli Wardiatno; serta Ketua Afiliasi Pengajar dan Pegiat Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (APPBIPA) Cabang Jepang, Suyoto Atim.
 

BBPPMPV Seni dan Budaya Dorong Pengenalan Vokasi ke Tengah Masyarakat  ( 09 Mei 2021, Dilihat 172 kali . )
Balai Besar Pengembangan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi (BBPPMPV) Seni dan Budaya menyelenggarakan webinar yang bertajuk “Pendidikan Vokasi dalam Kebijakan Merdeka Belajar”. Acara yang digagas untuk memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) ini, dikatakan Kepala BBPPMPV Seni dan Budaya, Sarjilah, menjadi salah satu upaya penguatan pendidikan vokasi agar semakin dikenal khalayak luas.
 

Peringati Hardiknas 2021, KBRI Thailand Gelar Webinar Bertajuk Pendidikan Daring Menyenangkan  ( 08 Mei 2021, Dilihat 175 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok melalui Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) turut serta memeriahkan peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021 dengan menyelenggarakan webinar bertajuk “Pendidikan Daring yang Menyenangkan pada Pendidikan Dasar dan Menengah”. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk dukungan KBRI Bangkok terhadap pendidikan Sekolah Indonesia Luar Negeri di Bangkok pada masa pandemi Covid-19.
 

Kemendikbudristek Tingkatkan Komitmen untuk Pemajuan Kebahasaan dan Kesastraan  ( 07 Mei 2021, Dilihat 156 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) memiliki komitmen yang tinggi untuk pemajuan kebahasaan dan kesastraan. Berbagai inovasi dilakukan untuk meningkatkan layanan profesional di bidang kebahasaan dan kesastraan. Salah satu inovasi tersebut adalah Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) Adaptif Merdeka.
 

KBST Gelar Webinar Bertajuk “Kebudayaan sebagai Basis Pendidikan Nasional”  ( 06 Mei 2021, Dilihat 210 kali . )
Hari Pendidikan Nasional tahun 2021 diperingati oleh Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) dengan menyelenggarakan webinar bertajuk “Pendidikan Berbasis Kebudayaan Memperkuat Identitas Bangsa”, pada Rabu (5/5). Kepala KBST, Herawati mengatakan bahwa tema ini digunakan karena sejalan dengan tema besar Hari Pendidikan Nasional tahun 2021, yaitu “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.
 

Pendidikan Berbasis Kebudayaan Memperkuat Identitas Bangsa  ( 06 Mei 2021, Dilihat 1115 kali . )
Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Arief Rachman menekankan pentingnya pendidikan yang berbasis kebudayaan untuk memperkuat identitas bangsa.  Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa terdapat beberapa unsur untuk mengembangkan pendidikan berbasis kebudayaan.
 

Mendikbudristek Tegaskan Penguatan Nilai Pelajar Berfalasafah Pancasila  ( 06 Mei 2021, Dilihat 1072 kali . )
Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menekankan upaya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam peningkatan kualitas pelajar yang berfalsafah Pancasila. Hal tersebut ia sampaikan dalam upacara perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diselenggarakan di lapangan Kantor Kemendikbudristek, yang berlangsung secara daring dan luring dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, hari Minggu (2/5) lalu.
 

Peringati Hardiknas, KBRI Moskow Nobatkan Dua Mahasiswa Indonesia Sebagai Permira 2021  ( 06 Mei 2021, Dilihat 223 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Moskow menggelar peringatan Hari Pendidikan Nasional 2021 secara luring di kantor KBRI Moskow dengan protokol Kesehatan yang ketat, Minggu (2/5). Dalam rangkaian acara Hardiknas di Moskow tahun ini, dinobatkan dua anak muda asal Indonesia yang tengah belajar di Moskow sebagai Putra dan Putri Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) Tahun 2021. Kedua anak muda itu masing-masing adalah Fasyeh Hamid, Mahasiswa Jurusan Oil and Gas Engineering di Gubkin Russian State University of Oil and Gas dan Amalia Raras Putri Cahyadi, Mahasiswa Jurusan Biologi Russian State Agrarian University, Moscow Timiryazev Agricultural Academy.
 

Giatkan Seni Indonesia, KBRI Bangkok Gelar IndoFest untuk Warga Thailand  ( 05 Mei 2021, Dilihat 1102 kali . )
Bangkok, 7 April 2021 --- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Bangkok dan Chulalongkorn University (CU) menyelenggarakan kegiatan the 4th Indonesian Performing Arts Festival (IndoFest). Kegiatan ini merupakan agenda tahunan guna memperkenalkan seni budaya Indonesia kepada masyarakat Thailand. Tujuannya tak lain agar terjalin people-to-people contact dan pertukaran pemahaman yang lebih baik antarmasyarakat kedua negara. Kegiatan ini merupakan bagian dari perayaan 70 tahun hubungan diplomatik Indonesia-Thailand yang semula diagendakan pada akhir tahun 2020, namun karena satu dan lain hal berubah menjadi 7 April 2021.
 

Semarak Hardiknas 2021 di Tiga SILN di Arab Saudi  ( 05 Mei 2021, Dilihat 112 kali . )
Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021 bertepatan pada bulan Ramadan dan masih dalam situasi pandemi Covid-19. Namun begitu, kondisi ini tidak menyurutkan semangat masyarakat Indonesia di luar negeri itu turut memperingatinya. Tak terkecuali, dengan tiga Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) di Arab Saudi yang turut andil menyemarakkan HardiknasTahun 2021 bertajuk “Serentak Bergerak, Wujudkan Merdeka Belajar”.
 

Rangkaian Peringatan Hardiknas di Singapura Berlangsung Semarak Terapkan Prokes Ketat  ( 05 Mei 2021, Dilihat 175 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Singapura setiap tahunnya memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) pada tanggal 2 Mei. Situasi pandemi tak menyurutkan semangat perayaan dengan memanfaatkan teknologi dan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat. Tahun ini tema Hardiknas adalah “Serentak Bergerak Wujudkan Merdeka Belajar”.
 

Museum Balai Kirti Menerima Koleksi Milik Wapres RI ke 6 dan ke 9  ( 05 Mei 2021, Dilihat 197 kali . )
Wakil Presiden (Wapres) RI ke-6 periode 1993-1998, Try Sutrisno, dan Wakil Presiden RI ke-9 periode 2001–2004, Hamzah Haz, menghibahkan koleksi pribadi mereka kepada Museum Kepresidenan Republik Indonesia Balai Kirti, pada Selasa, (4/5). Koleksi tersebut diserahkan oleh Try Sutrisno dan Hamzah Haz secara langsung kepada Sekretaris Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, Fitra Arda, dengan didampingi oleh Kepala Museum Kepresidenan RI Balai Kirti, Dewi Murwaningrum, di kediaman pribadi Try Sutrisno dan Hamzah Haz.
 

SEAMEO Centers Indonesia Turut Semarakkan Peringatan Hardiknas 2021  ( 05 Mei 2021, Dilihat 227 kali . )
SEAMEO Centers Indonesia menggelar Webinar Internasional bertema “Kontribusi dan Dampak Positif Keberadaan SEAMEO Center bagi Pendidikan di Indonesia dan Asia Tenggara”, pada Senin (3/5). Webinar ini diselenggarakan dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) dan lanjutan dari acara “SEAMEO Outlook Pendidikan Abad 21” yang digelar pada bulan Februari 2021.
 

Mendikbudristek: Sekolah Wajib Sediakan Opsi Tatap Muka, Orang Tua Berhak Memilih  ( 04 Mei 2021, Dilihat 1567 kali . )
Jakarta, 1 Mei 2021 – Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, merefleksi kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) dan persiapan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) yang menjadi terobosan di masa pandemi. Hal tersebut ia sampaikan pada Dialog Vaksin Untuk Indonesia - Pandemi Tak Memupus Mimpi yang digelar Metro TV, bersama grup musik Slank, Jumat (30/4)
 

KNIU Dorong Kabupaten dan Kota di Indonesia Ikuti Seleksi Kota Kreatif UNESCO  ( 04 Mei 2021, Dilihat 1230 kali . )
Banten, 30 April 2021 –  Komisi Nasional Indonesia untuk United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (KNIU) terus berupaya mendorong pemajuan kebudayaan yang digiatkan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, salah satunya dengan menggelar Sosialisasi Call for Application UNESCO Creative Cities Network (UCCN) 2021 pada 28 s.d. 30 April 2021 secara hibrida di Tangerang, Banten.
 
 

Buka Musrembangnas 2021, Presiden RI : Pandemi Akselerasi Penggunaan Teknologi Edukasi  ( 04 Mei 2021, Dilihat 498 kali . )
Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) memberikan pembelajaran luar biasa khususnya dalam penggunaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Presiden RI Joko Widodo saat membuka Musyawarah Perencanaan Pembangunan Nasional (Musrembangnas) tahun 2021 mengatakan, pandemi Covid-19 memberikan dampak pada bidang pendidikan dalam mengakselerasi penggunaan teknologi edukasi (edutech).
 

Membangun Kedaulatan Pangan melalui Ekosistem Reka Cipta  ( 04 Mei 2021, Dilihat 1312 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi menggelar acara Diskusi dan Ngabuburit bareng Kedaireka, dengan tema Membangun Kedaulatan Pangan melalui Ekosistem Reka Cipta, Sabtu (1/5). Acara ini menghadirkan para pembicara, antara lain,  Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam, Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Paristiyanti Nurwardani, Sekretaris Jenderal Kementerian Pertanian Momon Rusmono, Rektor Institut Pertanian Bogor Arif Satria, CEO TaniHub Group Pamitra Wineka, Pakar Rantai Pasok Pertanian UNPAD Tony Perdana, dan Koordinator Tim Kerja Akselerasi Reka Cipta Ditjen Dikti Achmad Aditya Maramis.
 

Bagaimana Harapan Anak Bangsa di Hardiknas 2021?  ( 04 Mei 2021, Dilihat 241 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2021 secara daring dan luring terbatas dengan protokol kesehatan ketat, di Kantor Kemendikbud, Senayan, Jakarta (2/5). Berbagai perwakilan pemangku kepentingan pendidikan turut hadir dalam acara tersebut, mulai dari perwakilan peserta didik, guru, hingga pegawai di lingkungan Kemendikbud. Generasi muda sebagai pemilik masa depan Merdeka Belajar yang terus digelorakan Kemendikbudristek pun hadir secara langsung pada peringatan Hardiknas 2021.
 

Tingkatkan Kualitas Pendidikan Vokasi, Ditjen Pendidikan Vokasi Gandeng Sektor Swasta  ( 04 Mei 2021, Dilihat 195 kali . )
Seiring pengembangan pendidikan vokasi di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi terus melakukan langkah-langkah strategis, utamanya menggiatkan kerja sama satuan pendidikan vokasi yang melibatkan dunia usaha dan industri (DUDI). Salah satu upaya tersebut diwujudkan melalui penandatanganan dokumen perjanjian kerja sama antara Ditjen Pendidikan Vokasi dengan PT Kawan Lama Sejahtera di Kantor Kemendikbud Jakarta, pada Senin (3/5).
 
 

3.548 PNS Kemendikbud Menerima Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya  ( 02 Mei 2021, Dilihat 452 kali . )
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menganugerahkan tanda kehormatan Satyalancana Karya Satya kepada 3.548 pegawai di lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Secara simbolis sertifikat penghargaan tersebut diberikan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Nadiem Anwar Makarim, kepada tiga pegawai yang mewakili, pada upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2021, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Minggu (02/05).