Genjot Promosi di Jepang, Indonesia Dorong Tempe Jadi Warisan Budaya  ( 22 Juni 2021, Dilihat 47 kali . )
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, didampingi Konsulat Jenderal RI di Osaka, Diana E.S. Sutikno, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Yusli Wardiatno, Koordinator Fungsi Politik Andi Ardiansyah mengunjungi lokasi industri tempe yang dikembangkan warga asal Indonesia, Rustono. Melalui produksi tempe di Jepang ini, Atdikbud mendorong agar tempe sebagai pangan asal Indonesia menjadi Warisan Budaya Dunia.
 

KBRI Tokyo dan PPI Jepang Gelar Webinar untuk Diseminasikan Informasi Beasiswa  ( 22 Juni 2021, Dilihat 50 kali . )
Guna menyebarkan informasi terkait pengenalan kampus, peluang perkuliahan, dan berbagai jenis beasiswa di Jepang, khususnya di regional Hokuriku, Persatuan Pelajar Indonesia di Jepang (PPIJ) Koordinator Daerah (Korda) Hokuriku menyelenggarakan kegiatan Hokuriku Education Fair (HEF) 2021. Acara tersebut dilaksanakan secara daring, Sabtu (19/6).
 

Kunjungi Industri Tempe, KBRI Tokyo Dorong Agar Disukai Warga Jepang  ( 22 Juni 2021, Dilihat 55 kali . )
Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh Republik Indonesia untuk Jepang, Heri Akhmadi, didampingi Konsulat Jenderal RI di Osaka, Diana E.S. Sutikno, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Yusli Wardiatno, Koordinator Fungsi Politik Andi Ardiansyah, serta beberapa pejabat dan staf KJRI Osaka mengunjungi lokasi industri tempe yang dikembangkan warga asal Indonesia, Rustono. Produksi tempe tersebut dikembangkan Rustono secara otodidak di Shiga yang merupakan lokasi yang cukup terpencil di Jepang.
 

Dukung Destinasi Pariwisata, Politeknik eLBajo Commodus Siap Kembangkan SMK Fast Track  ( 22 Juni 2021, Dilihat 80 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Wikan Sakarinto berkunjung ke kampus Politeknik eLBajo Commodus (PLC), kampus pertama dan satu-satunya di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Didampingi Sekretaris Dirjen Diksi, Direktur SMK, Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi, Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri, serta Kepala LLDIKTI VIII, Wikan menyampaikan bahwa seiring dengan penetapan Labuan Bajo sebagai destinasi pariwisata super prioritas, maka SMK bersama perguruan tinggi vokasi didorong untuk segera meluncurkan program D-2 Fast Track.
 

Kemendikbudristek Apresiasi Implementasi Kampus Merdeka di NTT  ( 22 Juni 2021, Dilihat 231 kali . )
Dalam kunjungan kerja ke Labuan Bajo pada 18 Juni 2021, Direktur Jenderal Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Wikan Sakarinto terkesan saat berbicang-bincang dengan Ketua Yayasan Bangkit Anak Negeriku, Noviana Halim. Didampingi Direktur Politeknik eLBajo Commodus, I Putu Astawa, Wikan menemukan bahwa Politeknik eLBajo Commodus (PLC) sudah menerapkan program Merdeka Belajar, Kampus Merdeka.
 

Perkuat Labuan Bajo sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas, Dirjen Vokasi Tinjau SMKN 3 Komodo  ( 21 Juni 2021, Dilihat 134 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek), Wikan Sakarinto meninjau hasil pembangunan Unit Sekolah Baru (USB) di Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), yaitu SMKN 3 Komodo Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Dirjen Diksi, Wikan, didampingi Direktur Politeknik El Bajo Commodus, Putu Astawa, dan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) SMK Kabupaten Manggarai, Wilhelmus Bastian, diterima dengan hangat oleh Kepala SMKN 3 Komodo Labuan Bajo, Hortensia Herima beserta para guru yang semuanya relatif masih muda.
 

KBRI Tokyo Bersama Universitas Osaka Jalin Kerja Sama Kesehatan, Pangan dan Bioteknologi  ( 21 Juni 2021, Dilihat 122 kali . )
Untuk mengatasi krisis global pada masa pandemi Covid-19, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo bersama Universitas Osaka sepakat melakukan kerja sama di bidang kesehatan, pangan dan bioteknologi. Kesepakatan kerja sama ini ditandatangani langsung oleh Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang, Heri Akhmadi, dan Presiden Universitas Osaka, Shojiro Nishio, di Osaka, pada Jumat (18/6).
 

Tingkatkan Literasi Anak, Kemendikbudristek Cetak 120 Judul Buku dan 748 Bahan Bacaan  ( 20 Juni 2021, Dilihat 218 kali . )
Untuk meningkatkan tingkat literasi anak di Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) mencetak 120 judul buku dan 748 bahan bacaan. Cetakan tersebut melingkupi jenjang PAUD, SD, hingga tingkat SMA atau sederajat.
 

Sudah 1,3 Juta PTK Non-PNS Cairkan Bantuan Subsidi Upah dari Pemerintah  ( 18 Juni 2021, Dilihat 854 kali . )
Jakarta, 18 Juni 2021 --- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menyalurkan Bantuan Subsidi Upah (BSU) kepada dua juta Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) non-pegawai negeri sipil (Non-PNS) pada tahun 2020. Kepala Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan (Kapuslapdik) Abdul Kahar mengatakan program BSU ini merupakan salah satu kebijakan khusus Kemendikburistek pada masa pandemi Covid-19 untuk meringankan beban para pendidik dan tenaga kependidikan.
 

Kemendikbudristek Luncurkan Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru  ( 18 Juni 2021, Dilihat 673 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) menghelat Gelar Wicara Peluncuran Program Guru Belajar dan Berbagi Seri Semangat Guru: Kemampuan Nonteknis dalam Adaptasi Teknologi secara daring, Jumat (18/6). Seri ini merupakan komitmen Ditjen GTK untuk terus melanjutkan layanan berbasis digital, yaitu Program Guru Berbagi dan Guru Belajar.
 

Praktik Baik PTM Terbatas Berbagai Daerah, Daftar Periksa Wajib Dipenuhi  ( 17 Juni 2021, Dilihat 386 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, mengapresiasi para kepala daerah yang terus bergerak menyelamatkan pendidikan di wilayah masing-masing. “Bapak dan ibu bisa dikategorikan bupati dan walikota penggerak,” puji Menteri Nadiem pada webinar daring bertema “Dunia Pendidikan Saat Covid-19” dalam rangka ulang tahun IDN Times ke-7, Rabu (16/6) yang dihadiri Bupati Purwakarta, Bupati Dharmasrya, dan Walikota Singkawang.
 

PTM Terbatas Fokus pada Hal Esensial  ( 17 Juni 2021, Dilihat 521 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meminta penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas perlu berfokus pada hal esensial. Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK), Nunuk Suryani menekankan bahwa tidak ada tekanan bagi guru dalam menuntaskan kurikulum dikarenakan PTM terbatas dilaksanakan di tengah kondisi khusus pandemi.
 

Tailor Made Training Plus, Program Kerja Sama Pendidikan Vokasi Indonesia-Belanda  ( 17 Juni 2021, Dilihat 223 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi meluncurkan program baru, yaitu Orange Knowledge Program (OKP): Tailor Made Training Plus (TMT+). Program tersebut merupakan salah satu implementasi kerja sama Indonesia dengan Kerajaan Belanda dalam pengembangan pendidikan vokasi melalui SMK Pusat Keunggulan, khususnya bidang pertanian.
 

Kemendikbudristek Gelar Lokakarya Penguatan Ekstrakurikuler ⁣Bidang Kepemimpinan Tahap I  ( 17 Juni 2021, Dilihat 380 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUDdikdasmen) menggelar lokakarya bertajuk Penguatan Ekstrakurikuler Bidang Kepemimpinan/Kawah Kepemimpinan Pelajar (KKP) Tahap I tahun 2021. Lokakarya ini diikuti 100 orang pembina kesiswaan.⁣⁣
 

Kolaborasi Jadi Kunci Sukseskan PTM Terbatas  ( 16 Juni 2021, Dilihat 67 kali . )
Jakarta, 16 Juni 2021 --- Kolaborasi antarpemangku kepentingan jadi kunci untuk menyukseskan penyelenggaraan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas. Kolaborasi yang efektif antara guru, kepala sekolah, komite sekolah, dan pengawas sekolah, serta orangtua akan menyukseskan implementasi PTM terbatas sesuai panduan yang telah ditetapkan melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) Empat Menteri.
 

Kemendikbudristek Gelar Pertemuan Leksikograf Tingkat Asia  ( 16 Juni 2021, Dilihat 172 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) menyelenggarakan Konferensi Internasional ke-14 Asosiasi Leksikografi Tingkat Asia (Asialex 2021). Konferensi yang mengangkat tema “Leksikografi dan Dokumentasi Bahasa” ini digelar secara virtual pada 12—14 Juni 2021. Perhelatan tersebut bertujuan untuk memberikan referensi dalam kegiatan pendokumentasian bahasa.
 

Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Tandatangani MoU dengan Brandenburg University Jerman  ( 16 Juni 2021, Dilihat 218 kali . )
Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Brandenburg University of Applied Sciences (Universitas Terapan Brandenburg) dari Jerman. Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Berlin, Ardi Marwan, mengungkapkan bahwa dicapainya kesepakatan antara kedua universitas terapan ini diawali dengan dukungan fasilitasi Kantor Atdikbud KBRI Berlin.
 

SEAMEO RECFON Gelar Pelatihan Pembelajaran Bauran Gizi untuk Prestasi  ( 16 Juni 2021, Dilihat 174 kali . )
Sebagai implementasi penguatan Kebijakan Merdeka Belajar Episode 5 : Program Guru Penggerak, Southeast Asian Ministry of Education Organization Regional Center for Food and Nutrition (SEAMEO RECFON) menyelenggarakan Lokakarya dan Penutupan Pelatihan Pembelajaran Bauran Gizi untuk Prestasi di Kabupaten Malang, Kabupaten Sambas, dan Provinsi DKI Jakarta secara daring dan luring. Lokakarya yang dihadiri oleh lebih dari 300 peserta ini merupakan penutup dari rangkaian kegiatan pembelajaran bauran (blended learning) yang telah berlangsung sejak Agustus 2020.
 

Kajian Penerapan Next Generation Sequencing dan Kecerdasan Buatan dalam Pertanian  ( 16 Juni 2021, Dilihat 1279 kali . )
SEAMEO BIOTROP bekerja sama dengan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Olahraga, Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (MEXT) Jepang dan Institut Pertanian Bogor (IPB) menyelenggarakan bimbingan teknis (bimtek) regional secara daring tentang Application of Next Generation Sequencing (NGS) Data dan Artificial Intelligence (AI) di bidang pertanian. Bimbingan teknis digelar pada 7 s.d. 9 dan 14 Juni 2021.
 

Presiden Dukung Mahasiswa Kembangkan Potensi di Luar Kampus melalui Kampus Merdeka  ( 16 Juni 2021, Dilihat 373 kali . )
Program Kampus Merdeka dan Kampus Merdeka Vokasi adalah bentuk komitmen pemerintah dalam menyediakan kesempatan bagi puluhan ribu mahasiswa berkegiatan di luar kampus yang melibatkan mahasiswa, dosen, industri, dan masyarakat. Dalam arahannya, Presiden Joko Widodo menyampaikan pentingnya mahasiswa mengembangkan kompetensi di luar kampus dengan melibatkan para pemangku kebijakan untuk menciptakan lulusan yang kompetitif di masa depan.
 

Militer di India, Bangladesh, dan Sri Lanka Antusias Pelajari Bahasa Indonesia  ( 16 Juni 2021, Dilihat 45 kali . )
New Delhi, 16 Juni 2021 --- Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di New Delhi pada tahun ini menyelenggarakan program kelas Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) khusus untuk militer, yang sudah sukses digelar program pertama pada 30 Maret – 7 Juni 2021 dan berlanjut program ke-2 mulai 14 Juni hingga akhir Agustus 2021. Para pemelajar BIPA dari kalangan milter ini terdiri atas sembilan orang militer asal India, Bangladesh, dan Sri Lanka. Sebanyak empat orang dari India dan tiga orang dari Bangladesh disiapkan belajar Bahasa Indonesia untuk mengikuti pendidikan SESKO TNI, sementara dua orang dari Sri Lanka akan melanjutkan program magister di Universitas Pertahanan Indonesia pada awal 2022.