BSNP Ulas Hasil Evaluasi UN 2019  ( 22 Januari 2020, Dilihat 822 kali . )
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) mengulas tentang hasil evaluasi ujian nasional (UN) 2019. Dari evaluasi tersebut, Anggota BSNP, Kiki Yulianti, menyebutkan perlu ada penambahan aturan yang lebih rinci tentang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) bagi peserta didik dengan disabilitas. Pada UN tahun lalu, kata dia, sifat pengaturan (UNBK) masih normatif, sekarang pengaturannya lebih rinci sehingga para penyandang disabilitas yang ingin ikut UNBK, instruksi dan tahapan yang harus dilakukan sudah lebih rinci. “Sudah dilakukan oleh Puspendik tahun ini,” katanya pada jumpa pers di Kantor BSNP, Jakarta, Selasa (21/01/2020).
 

Tahun 2020 Satuan Pendidikan Merdeka Selenggarakan Ujian Sekolah  ( 22 Januari 2020, Dilihat 2143 kali . )
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) merevisi Prosedur Operasional Standar (POS) Ujian Nasional (UN) Tahun 2019/2020.  Hasil revisi tersebut tercantum dalam Peraturan BSNP Nomor 0053/P/BSNP/I/2020. Menurut peraturan ini, POS UN Tahun Pelajaran 2019/2020 yang terdapat pada peraturan Nomor 0051/O/BSNP/I/2019 sudah tidak berlaku, dan BSNP tidak lagi menerbitkan POS USBN.
 

LTMPT: Aktuaria, Program Studi Baru yang Jadi Favorit Calon Mahasiswa  ( 22 Januari 2020, Dilihat 1369 kali . )
Ketua Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih mengatakan, tahun ini tren program studi favorit yang menjadi pilihan calon mahasiswa belum bergeser dari tahun-tahun sebelumnya. Namun dalam 2-3 tahun terakhir ini ada program studi (prodi) yang tergolong baru, dengan peminat yang tinggi, yaitu Aktuaria.
 

Revisi POS UN 2019/2020, Jadwal dan Sistem Ujian Tidak Berubah  ( 21 Januari 2020, Dilihat 1779 kali . )
Jelang pelaksanaan Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2019/2020 yang berlangsung dua bulan lagi, Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) menyampaikan perubahan pada Prosedur Operasional Standar (POS) UN Tahun Pelajaran 2019/2020. BSNP menegaskan, perubahan tersebut tidak terkait sistem dan jadwal UN, namun lebih kepada nomenklatur dan pengaturan pelaksanaan.
 

Mendikbud: Menanamkan Kecintaan Membaca Harus Dimulai dari Rumah  ( 20 Januari 2020, Dilihat 1422 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan untuk menanamkan kecintaan membaca di kalangan generasi muda harus ditanamkan sejak dini dan dimulai dari rumah. Orang tua memegang peranan penting untuk menanamkan kecintaan anak-anak mereka terhadap aktivitas membaca.
 

Mendikbud Serahkan Soal Seleksi Kompetensi Dasar CPNS 2019 kepada Panselnas  ( 15 Januari 2020, Dilihat 1571 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyerahkan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2019 kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menteri PANRB) Tjahjo Kumolo. Soal yang disimpan dalam diska lepas (flashdisk) diserahkan Mendikbud kepada Menteri PANRB disaksikan juga oleh Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana.
 

Restrukturisasi Direktorat Jenderal Kebudayaan, Efektifkan Pemajuan Kebudayaan Indonesia  ( 14 Januari 2020, Dilihat 529 kali . )
Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid menyampaikan bahwa perubahan internal organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, khususnya di Direktorat Jenderal Kebudayaan adalah upaya untuk mengoptimalkan proses pemajuan kebudayaan. “Di internal organisasi Kemendikbud ada perubahan agar layanan itu bisa berjalan lebih efektif,” hal tersebut Ia sampaikan di Ruang Kerjanya, Kantor Kemendikbud, Jakarta, Senin (13/1/2019).
 

Restrukturisasi Potong Jalur Birokrasi Urusan Kebudayaan  ( 13 Januari 2020, Dilihat 2524 kali . )
Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, menjanjikan adanya penyederhanaan dalam layanan urusan kebudayaan di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Hal tersebut disampaikan Hilmar menanggapi adanya perubahan struktur organisasi di Kemendikbud khususnya di Direktorat Jenderal Kebudayaan. “Dengan struktur yang baru, proses (layanan) nya akan lebih ringkas,” katanya saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020) siang.
 

Restrukturisasi Efektifkan Pemajuan Kebudayaan Indonesia  ( 13 Januari 2020, Dilihat 2366 kali . )
Perubahan internal organisasi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) khususnya di Direktorat Jenderal Kebudayaan disebut sebagai salah satu upaya untuk mengoptimalkan proses pemajuan kebudayaan. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Kebudayaan, Hilmar Farid, saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (13/1/2020). “Di internal organisasi Kemendikbud ada perubahan agar layanan (kebudayaan) itu bisa berjalan lebih efektif. Harapannya dengan restrukturisasi ini seluruh proses pemajuan budaya akan lebih signifikan dilakukan,” katanya.
 

Perubahan Nomenklatur, Direktorat Jenderal Kebudayaan Pastikan Layanan Tetap Berjalan  ( 13 Januari 2020, Dilihat 2978 kali . )
Direktur Jenderal (Dirjen) Kebudayaan, Hilmar Farid, memastikan bahwa perubahan nomenklatur yang terjadi di tubuh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), khususnya di dalam Direktorat Jenderal (Ditjen) Kebudayaan, tidak mempengaruhi layanan kebudayaan yang selama ini sudah berjalan.
 

Libatkan Berbagai Pihak, Kemendikbud Susun Soal Seleksi CPNS 2019  ( 13 Januari 2020, Dilihat 4516 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali dipercaya untuk menyusun soal seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) untuk tahap seleksi kompetensi dasar (SKD). Penyusunan soal SKD tersebut melibatkan unsur dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB), Badan Kepegawaian Negara (BKN), dan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT). Kemendikbud juga melibatkan para koordinator penyusunan soal CPNS tahun 2018 yang merupakan dosen-dosen yang berkompeten dari perguruan tinggi, serta didampingi oleh ahli konstruksi soal dari Pusat Penilaian Pendidikan (Puspendik) Kemendikbud.
 

Kembangkan SDM Perfilman, Kemendikbud Jalin Kemitraan dengan Netflix  ( 10 Januari 2020, Dilihat 2866 kali . )
Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid mengatakan, kemitraan yang dijalin antara Kemendikbud dengan Netflix pada tahun 2020 ini fokus kepada pengembangan sumber daya manusia (SDM) perfilman Indonesia. Salah satu fokus pengembangan SDM tersebut ada pada proses produksi film, dari tahap kreasi, produksi, hingga pascaproduksi.
 

Kemendikbud Setop Penggunaan Kemasan Plastik di Lingkungan Internal  ( 10 Januari 2020, Dilihat 6564 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengeluarkan Surat Edaran tentang Larangan Penggunaan Kemasan Air Minum Berbahan Plastik Sekali Pakai dan/atau Kantong Plastik di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Surat edaran tersebut dikeluarkan dalam rangka melaksanakan komitmen Pemerintah lndonesia untuk memerangi sampah plastik.
 

Kemendikbud Apresiasi Netflix Dukung Pengembangan Talenta Perfilman Indonesia  ( 09 Januari 2020, Dilihat 1472 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengapresiasi Netflix atas dukungannya dalam pertumbuhan perfilman Indonesia, khususnya pengembangan kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan insan perfilman. Apresiasi tersebut disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim pada konferensi pers bersama Netflix, di kantor Kemendikbud, Jakarta, Kamis (09/01/2020).
 

Milenial Jadi Kata Bahasa Indonesia Terpopuler Tahun 2019  ( 07 Januari 2020, Dilihat 1288 kali . )
Berdasarkan hasil penelitian Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), penggunaan kata milenial menjadi paling populer sepanjang tahun 2019. Melalui pendekatan kuantitatif, kata milenial menjadi salah satu kata yang masuk ke dalam pencarian kata terpopuler sepanjang tahun ini dalam KBBI daring, yaitu sebanyak 19.834 pencarian.