Sebanyak 720 Sekolah Menerima Penghargaan Adiwiyata 2024  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 36 kali . )
Sebagai bentuk apresiasi atas upaya yang dilakukan oleh sekolah-sekolah dalam menerapkan program berbasis lingkungan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK), Kementerian Agama (Kemenag), serta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) memberikan penghargaan kepada 720 sekolah. Penghargaan itu diberikan secara langsung oleh Wakil Menteri LHK pada Rabu (2/10), di kantor Kementerian LHK, Jakarta.
 

Seni Gambuh di Gateways Study Visit Indonesia 2024: Wujud Kebinekaan dan Pelestarian Budaya  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 25 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menghadirkan sebuah mahakarya seni tradisional Gambuh di Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024, sebagai komitmen memperkuat pelestarian budaya. Di tengah derasnya arus digitalisasi yang kian melaju, ancaman terhadap keberlanjutan tradisi budaya semakin jelas terasa. Untuk mengatasi tantangan ini, Kemendikbudristek berkomitmen memperkuat literasi budaya, khususnya di kalangan generasi muda, guna menjaga keberlangsungan seni dan budaya tradisional.
 

Pimpinan Perguruan Tinggi Dukung Permendikbudristek 44/2024 untuk Memajukan Karier Dosen  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 37 kali . )
Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 44 Tahun 2024 Tentang Profesi, Karier, dan Penghasilan Dosen telah diterbitkan. Hadirnya peraturan baru ini diharapkan bisa menjawab beragam permasalahan mengenai dosen saat ini. Permendikbudristek mencakup aturan yang lebih jelas agar profesi dosen semakin bermartabat dengan hak ketenagakerjaan yang semakin terlindungi. Dosen juga dimudahkan dalam pengangkatan, mobilitas, serta sertifikasi, dan perguruan tinggi lebih otonom dalam memajukan karier dosen.
 

Mengombinasikan Kebijakan dan Teknologi dalam GSVI 2024  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 45 kali . )
‘Intervensi kebijakan publik tidak bisa dipisahkan dari intervensi teknologi’ merupakan salah satu prinsip yang selalu ditekankan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam berbagai kesempatan. Guna mensinergikan kedua hal tersebut sehingga dapat berjalan dengan harmonis, pemerintah perlu menuangkan implementasi kebijakan secara resmi ke dalam dokumen perencanaan. Harapannya, dengan penguasaan teknologi dapat meningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia (SDM) secara optimal.
 

Kemendikbudristek Terbitkan Peraturan Menteri terkait Profesi, Karier, dan Penghasilan Dosen  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 683 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerbitkan Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 44 Tahun 2024 Tentang Profesi, Karier, dan Penghasilan Dosen pada 10 September 2024. Kebijakan ini adalah lompatan besar untuk memajukan karier dosen dengan dukungan penuh dari perguruan tinggi (PT) yang semakin otonom.
 

Kesimpulan Penting dari Sesi World Café terkait Peran Teknologi untuk Tata Kelola  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 40 kali . )
World Cafe merupakan bagian dari rangkaian Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 yang diselenggarakan di Bali, Kamis (3/10). Sesi ini didesain agar para delegasi dari negara dan organisasi internasional memiliki kesempatan untuk mengulas materi yang sudah dipaparkan selama acara, merefleksikan terhadap situasi di negara masing-masing, dan bagaimana mereka dapat melakukan pengembangan teknologi pembelajaran digital ke depannya.
 

Empat Informasi Menarik tentang Tren Transformasi Digital oleh OECD  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 64 kali . )
Selama dua hari penyelenggaraan acara Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 di Bali, Rabu (2/10), Direktur Pendidikan dan Keterampilan OECD Andreas Schleicher, berbincang dengan 20 peserta dan 9 organisasi internasional secara daring. Ia menyebut, negara-negara dunia saat ini menuju ke arah transformatif. Di tengah upaya itu, ia mengapresiasi Indonesia yang menjadi pemimpin dalam transformasi digital dan transformasi pendidikan secara umum.
 

Strategi Jitu LLDikti Wilayah VIII Dorong MBKM Mandiri  ( 03 Oktober 2024, Dilihat 61 kali . )
Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah VIII yakin di akhir tahun 2024 persentase perguruan tinggi swasta dibawah naungannya yang menjalankan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) secara Mandiri akan mencapai 70 persen. Saat ini, dari total 104 perguruan tinggi swasta dibawah LLDikti Wilayah VIII, tercatat sebanyak 54 persen sudah memiliki program MBKM Mandiri.
 

Tips Pengembangan Ekosistem Teknologi Pendidikan dari Sesi Deep Dive 3  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 72 kali . )
Pada hari kedua acara Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 di Bali, Rabu (2/10), dalam sesi keynote speech dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dan Deep Dive 3, menekankan peran teknologi sebagai solusi peningkatan kualitas pendidikan.
 

MBKM Mandiri Bantu Atasi Masalah Pertanian di Kabupaten Karo  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 71 kali . )
Kolaborasi perguruan tinggi dan dunia usaha dapat membantu mengatasi masalah di sektor pertanian yang ada di Kabupaten Karo, Sumatra Utara. Hal ini menjadi salah satu topik diskusi dalam acara Dialog Multi Pihak yang diselenggarakan oleh Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti) Wilayah I bekerja sama dengan Pelaksana Pusat Kampus Merdeka.
 

Mahasiswa Universitas Darussalam Ambon Bantu Petani Atasi Kelangkaan Pupuk  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 86 kali . )
Di tengah situasi yang semakin menantang bagi para petani akibat kelangkaan pupuk, sekelompok mahasiswa Universitas Darussalam Ambon hadir dengan inovasi yang mampu memberikan harapan baru. Lima mahasiswa semester 6 dari universitas tersebut bermitra dengan kelompok tani setempat untuk meneliti dan mengolah limbah pertanian menjadi pupuk organik.
 

Merdeka Belajar: Kreativitas, Asesmen Terukur, dan Akses Teknologi untuk Semua  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 75 kali . )
Dalam rangka memajukan pendidikan nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mengadopsi inovasi teknologi untuk memastikan pendidikan di Indonesia tetap adaptif dan relevan terhadap perkembangan zaman sehingga sesuai dengan kebutuhan murid. Langkah ini membuka peluang besar bagi para pendidik di Bali untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya lokal dengan akses teknologi yang disediakan pemerintah, sehingga mampu mendorong praktik pengajaran yang lebih kreatif, terukur, dan inklusif.
 

Ketika Indonesia Menjadi Contoh Transformasi Pendidikan Menggunakan Intervensi Teknologi  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 86 kali . )
Transformasi pendidikan dalam payung Merdeka Belajar selama lima tahun terakhir telah menjadi kunci meningkatnya kualitas pendidikan Indonesia. Intervensi menggunakan teknologi oleh guru, kepala sekolah, dan kepala dinas pendidikan telah berhasil menyederhanakan proses administrasi dan membuat seluruh pihak dapat lebih berfokus pada penyelenggaraan pembelajaran yang mengutamakan kebutuhan murid serta membuka peluang pembelajaran yang lebih luas. Paparan ini disampaikan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim, di hadapan delegasi dari 20 negara dan 9 organisasi internasional pada hari kedua acara Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 di Bali, Rabu (2/10).
 

Delegasi Finlandia dan Laos Puji Platform Digital untuk Pendidikan di Indonesia  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 102 kali . )
Dalam gelaran Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 yang berlangsung selama tiga hari, 1-3 Oktober 2024, di hotel The Meru, Sanur, delegasi yang datang dari 20 negara di Asia, Afrika dan Eropa diberikan kesempatan untuk menyaksikan secara langsung implementasi dari transformasi digital yang dilakukan di Indonesia. Kunjungan dilakukan di empat sekolah: SDN 9 Padangsambian, SMPN 9 Denpasar, SMAN 3 Denpasar, dan SMKN 3 Denpasar. 
 

Partisipasi 16 Sineas Muda Peserta Program Shorts Up pada Minikino Film Week 10  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 75 kali . )
Sebanyak 16 sineas muda yang terdiri dari: Rizqullah Ramadhan Pangabean, Muhammad Ananta Syafrizal, Rahmi Salsabila, A. Nurul Ghaliyah Gunawan, Sulhi Azhari, Tutik Rahmawati, Galih Rama, Hafidz Nur Ramdani, Saddam Putra Dewa Rimbawan, Cinta Setia Aisyah, Amar Haikal, Aras Sintiya, Bryan Hadi Kesuma, dan M. Ilham Prajatama hadir di Minikino Film Week 10 pada tanggal 13 - 20 September 2024 dalam rangka program pembinaan bibit talenta industri film Indonesia, Shorts Up.
 

Diskusi Perkuat Kerja Sama IISMA dan Massey University  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 102 kali . )
Dalam rangka mendorong kerja sama yang lebih strategis menuju tahun 2025, Regional Manager untuk kawasan Asia Tenggara dari Massey University, Iya Diza, melakukan kunjungan ke Yogyakarta bertemu dengan Rachmat Sriwijaya, Kepala Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) dan Andi Rahadiyan Wijaya, Manager Operasional Program IISMA.
 

Dewan Pengurus KORPRI Kemendikbudristek Adakan Seleksi Kafilah MTQ untuk MTQ KORPRI Ke VII  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 70 kali . )
Dewan Pengurus Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan kegiatan Kafilah Musabaqoh Tilawatil Quran (MTQ) Nasional tingkat Kemendikbudristek. Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 30 September s.d. 2 Oktober 2024 di Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) DKI Jakarta ini dalam rangka seleksi untuk mewakili Kemendikbudristek dalam MTQ KORPRI Ke VII tingkat Nasional yang akan dilaksanakan di Kota Palangka Raya, Kalimantan Tengah.
 

Pendampingan di Maluku Utara, Tingkatkan Partisipasi Aktif Penelusuran Lulusan SMK Tahun 2024  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 111 kali . )
Di tengah tantangan geografis wilayah Maluku Utara yang terpisah oleh pulau-pulau, Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Mitras DUDI), Direktorat Jenderal (Ditjen) Pendidikan Vokasi berkomitmen untuk memastikan seluruh SMK di wilayah ini terlibat aktif dalam Penelusuran Lulusan (tracer study). Dalam kegiatan pendampingan yang digelar di Ternate, Provinsi Maluku Utara, pada Jum’at (27/9), 149 SMK dari seluruh provinsi berkumpul untuk meningkatkan partisipasi dalam pengisian data penelusuran lulusan. Langkah ini diharapkan dapat mengoptimalkan evaluasi pendidikan vokasi guna menyiapkan lulusan yang lebih siap menghadapi dunia kerja dan melanjutkan pendidikan lebih tinggi.
 

GSVI 2024: Informasi Menarik terkait Ekosistem Teknologi Pendidikan Tinggi di Indonesia  ( 02 Oktober 2024, Dilihat 121 kali . )
Ekosistem pendidikan tinggi di Indonesia memiliki sejumlah tantangan dalam rangka meningkatkan daya saing. Terdapat tiga hal utama yang perlu diperhatikan, yaitu bagaimana agar lulusan universitas mampu mendapatkan pekerjaan dengan pendapatan layak, bagaimana mendorong lebih banyak kesempatan ataupun dukungan finansial terhadap riset di kampus, serta bagaimana melakukan pemerataan terhadap kualitas pendidikan di universitas.
 

Informasi Menarik pada Sesi Deep Dive 1 GSVI 2024  ( 01 Oktober 2024, Dilihat 189 kali . )
Forum Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024 memberikan sejumlah informasi menarik terkait ekosistem pendidikan di Indonesia. Salah satunya dalam sesi Deep Dive 1 yang bertajuk “PreK12 Tech Ecosystem: Empowering Educational Actors and Revolutionizing Learning Culture pada Senin (1/10). Pertama adalah adanya intervensi berbasis teknologi. Sebagai ekosistem pendidikan terbesar keempat di dunia dengan 60 juta murid dan 4 juta guru, Indonesia menghadapi tantangan besar dalam lima tahun ke belakang. Pada saat pandemi, Indonesia menjadi negara dengan waktu penutupan sekolah terlama di seluruh dunia dengan 644 hari. Padahal, data 2018 atau sebelum pandemi mencatat ada sekitar 70 persen dari murid berusia 15 tahun memiliki kompetensi di bawah standar dalam literasi dan numerasi. Oleh karena itu, intervensi berbasis teknologi menjadi cara untuk meminimalkan risiko kehilangan pembelajaran (learning loss).
 

Pertunjukan Punakawan: Jiwa yang Merdeka jadi Ruang Ekspresi Disabilitas di GSVI 2024  ( 01 Oktober 2024, Dilihat 45 kali . )
Membentuk jiwa yang merdeka jadi salah satu tujuan pendidikan inklusif yang didorong oleh Kurikulum Merdeka. Termasuk bagi penyandang disabilitas yang memiliki potensi tersendiri. Pesan sarat makna ini diangkat dalam pertunjukan kontemporer oleh Kitapoleng Foundation, bertajuk "Punakawan: Jiwa yang Merdeka."
 

Kampus Merdeka: Perluas Akses Belajar Luar Kampus, Optimalkan Kompetensi Mahasiswa  ( 01 Oktober 2024, Dilihat 62 kali . )
Sejak 2020, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menginisiasi kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk menghadirkan solusi dalam menjembatani kebutuhan antara perguruan tinggi dan industri terkait kompetensi lulusan pendidikan tinggi. Upaya untuk memenuhi kebutuhan industri akan lulusan siap kerja memang masih menjadi salah satu tantangan yang dihadapi institusi pendidikan tinggi di Indonesia. Tantangan inilah yang mendorong Kemendikbudristek untuk mendesain program yang mendorong pemerataan akses bagi mahasiswa untuk belajar di luar kelas serta meningkatkan kemampuan dan keterampilan yang relevan bagi kebutuhan profesional. Melalui beragam pilihan aktivitas seperti praktik magang dan studi independen, pertukaran pelajar, wirausaha, dan pilihan proyek lain selama tiga semester, mahasiswa diharapkan semakin teruji dalam melakukan praktik baik yang mendukung pembelajaran di kampus hingga semester akhir. 
 

Ragam Kisah Inspiratif Aktor Pendidikan Buka Hari Pertama Gateways Study Visit  ( 01 Oktober 2024, Dilihat 44 kali . )
Kehadiran teknologi digital, seperti Platform Merdeka Mengajar (PMM) berhasil membantu lebih dari 4 juta tenaga pendidik dalam meningkatkan kompetensi mengajar yang sesuai dengan kebutuhan murid. Di sisi lain, Rapor Pendidikan telah membantu lebih dari 80 persen kepala sekolah dalam merencanakan pembenahan sekolah yang lebih efisien. Melalui pengembangan selama lima tahun terakhir, ekosistem teknologi yang saat ini telah dikembangkan berfokus untuk mengembangkan kemampuan guru dan pendamping sehingga dapat mengajar murid dengan lebih baik. Hal tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Iwan Syahril, pada sesi Deep Dive 1: “PreK12 Tech Ecosystem: Empowering Educational Actors and Revolutionizing Learning Culture” di hari pertama penyelenggaraan Gateways Study Visit Indonesia (GSVI) 2024.