Penugasan Duta Kampus Merdeka Dimulai, Saatnya Akselerasi Kampus Merdeka dari Dosen untuk Dosen  ( 20 Oktober 2021, Dilihat 64 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) telah meresmikan penugasan Duta Kampus Merdeka untuk 265 dan seorang Koordinator Duta Kampus Merdeka dalam acara Kick Off Penugasan Duta Kampus Merdeka pada Senin (18/10).
 

Adaptasi Teknologi bagi Sektor Pendidikan dalam Menjawab Tantangan Masa Depan  ( 19 Oktober 2021, Dilihat 218 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menekankan pentingnya mengadaptasi teknologi ke dalam dunia pendidikan pada masa yang penuh tantangan ini. Hal tersebut ia sampaikan pada sambutan secara virtual untuk membuka sesi Diskusi Panel III yang bertemakan How Covid-19 Pandemic Shapes the Future of Innovation and Technology. Acara ini merupakan rangkaian pertemuan Forum Bisnis Indonesia dengan Amerika Latin dan Karibia tahun 2021 (INA-LAC Business Forum 2021).
 

Atdikbud Tokyo Jembatani Kerja Sama Joshibi University of Art and Design dengan ITB  ( 18 Oktober 2021, Dilihat 148 kali . )
Kerja sama dengan berbagai perguruan tinggi dunia terus diupayakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Upaya kolaborasi yang digagas Joshibi University of Art and Design (JUAD) pun disambut baik Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, Yusli Wardiatno.
 

Program Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun NTT Dorong Geliat Komoditi Tenun  ( 18 Oktober 2021, Dilihat 133 kali . )
Program Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun Nusa Tenggara Timur (NTT) resmi diluncurkan di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT). Peluncuran yang dilakukan pada 17 Oktober 2021 ini dilakukan secara campur/hibrida dengan protokol kesehatan yang ketat. PKW Tekun Tenun NTT merupakan program kerja sama antara Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi dengan Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) serta Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi NTT.
 

Peluncuran Aplikasi Belajar Kelola Sampah TK/PAUD dan Shibori Batik  ( 18 Oktober 2021, Dilihat 556 kali . )
Sudah sekitar 5 tahun, Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan fasilitasi dalam pengembangan kurikulum kepada Yayasan Assolahiyah Kabupaten Karawang. Salah satu kampus Yayasan Assolahiyah, yakni TK Alam Al-Firdaus, baru saja meluncurkan aplikasi Belajar Kelola Sampah untuk pendidikan anak usia dini (PAUD) dan pengenalan Shibori Batik (Shitik) sebagai teknik olah kain mencelup dan melipat, di Desa Muktijaya, Kecamatan Cilamaya Kulon, Karawang, Jawa Barat. (14/10/2021).
 

Lindungi Bahasa Daerah sebagai Aset Bangsa, Kemendikbudristek Susun Kamus Bahasa Enggano  ( 17 Oktober 2021, Dilihat 632 kali . )
Untuk melindungi bahasa daerah sebagai aset bangsa Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui unit pelaksana teknis (UPT) balai atau kantor bahasa melakukan upaya perlindungan bahasa-bahasa daerah. Di Bengkulu, Kemendikbudristek melalui Kantor Bahasa Bengkulu menyusun kamus bahasa Enggano sebagai salah satu upaya perlindungan bahasa daerah.
 

Upaya Kerja Sama KBST dan Polda Sultra dalam Bingkai Linguistik Forensik  ( 17 Oktober 2021, Dilihat 175 kali . )
Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara mengadakan Seminar Bahasa dan Hukum bertajuk “Linguistik Forensik Menuju Indonesia Sehat dan Tangguh” dirangkaikan dengan penandatanganan perjanjian kerja sama antara Kantor Bahasa Provinsi Sulawesi Tenggara (KBST) dan Kepolisian Daerah Sulawesi Tenggara (Polda Sultra). Acara ini merupakan rangkaian dan puncak acara Bulan Bahasa dan Sastra 2021 di Sulawesi Tenggara sebagai upaya kerja sama KBST dan Polda Sultra dalam bingkai linguistik forensik.
 

Kemendikbudristek Gelar Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2021  ( 17 Oktober 2021, Dilihat 224 kali . )
Dalam rangka meningkatkan kepekaan mahasiswa dalam menyelesaikan masalah bangsa dengan menggunakan teknologi robotika, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bersama dengan Universitas Gajah Mada (UGM) menggelar Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional ke-18, secara daring. Ajang ini merupakan wujud nyata dalam menyiapkan talenta unggul yang cerdas, berkarakter, dan mampu berkontribusi dalam membantu urusan manusia di dunia agar lebih efektif dan efisien.
 

Pertemuan Dewan Pembina Ke-4 SEAMEO CECCEP Galang Rekomendasi Program Tahunan  ( 16 Oktober 2021, Dilihat 173 kali . )
Southeast Asian Ministers of Education Organization Centre for Early Childhood Care Education and Parenting (SEAMEO CECCEP) menyelenggarakan 4th Governing Board Meeting (Pertemuan Dewan Pembina Ke-4). Acara ini dihadiri oleh 11 Dewan Pembina pada Perwakilan Kementerian Pendidikan di Asia Tenggara pada tanggal 13 – 15 Oktober 2021. Governing Board Meeting merupakan pertemuan yang dilaksanakan setiap tahun untuk mendapatkan bimbingan dan arahan dari Governing Board Member terkait pelaporan pelaksanaan program tahun 2020 – 2021 dan pengajuan usulan/rekomendasi program tahun 2021 – 2022 bagi SEAMEO CECCEP dalam menentukan arah program tahunan.
 

Jawa Tengah Sabet Medali Terbanyak dalam Festival Inovasi dan Kewirausahaan  ( 16 Oktober 2021, Dilihat 193 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menutup Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI), Jumat (15/10). Festival yang telah berlangsung selama lima hari secara virtual tersebut, sukses menelurkan inovasi dan karya kewirausahaan siswa di jenjang SMA/MA dan SMK. Dalam kompetisi ini, Provinsi Jawa Tengah berhasil mengungguli peserta dari provinsi lain dengan merebut total 12 medali dari kedua kelompok, SMA/MA dan SMK.
 

KBRI Washington D.C Gelar Webinar Bidang Teknik Bagi Kaum Muda Pejuang Beasiswa  ( 15 Oktober 2021, Dilihat 185 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Washington D.C. melalui Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) menggelar Serial Webinar Bincang Karya (Bianka) Ke-14 dengan tema sumber daya manusia bidang teknik/ rekayasa, dengan kerja sama Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP), dan Majelis Rektor Perguruan Tinggi Negeri (MRPTNI) yang bertujuan meningkatkan kerjasama riset dan pendidikan antara Indonesia dan Amerika Serikat.
 

Jelang Seleksi Guru PPPK Tahap 2, Kemendikbudristek Imbau Para Guru Siapkan Diri  ( 15 Oktober 2021, Dilihat 11393 kali . )
Rekrutmen guru melalui mekanisme Seleksi Aparatur Sipil Negara Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (ASN PPPK) Tahap 2 akan segera dimulai awal November mendatang. Sekretaris Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, Nunuk Suryani, mengimbau para guru menggunakan waktu semaksimal mungkin untuk mempersiapkan diri.
 

1.600 Lema dan Sublema Bahasa Enggano Ditranskripsikan dalam Penyusunan Kamus Bahasa Enggano  ( 15 Oktober 2021, Dilihat 1205 kali . )
Tim Penyusunan Kamus Bahasa Enggano dari Kantor Bahasa Bengkulu telah mendapatkan 1600 lema dan sublema bahasa Enggano yang telah ditranskripsikan dari hasil rekaman wawancara dengan informan. Selanjutnya hasil transkripsi, dideskripsikan maknanya, dan dianalisis secara leksikografi dengan melibatkan pakar kamus dari Badan Bahasa. 
 

1000 Masyarakat Adat Akan Mendapatkan Vaksinasi Covid-19  ( 15 Oktober 2021, Dilihat 229 kali . )
Pandemi Covid-19 telah memberikan dampak yang luas terhadap masyarakat, tidak terkecuali bagi masyarakat adat. Masyarakat adat merupakan kelompok yang dianggap rentan terhadap penularan Covid-19 karena interaksi mereka dengan orang- orang yang kerap keluar-masuk ke lingkungan mereka. Vaksinasi merupakan salah satu upaya untuk memastikan agar masyarakat atau komunitas adat serta generasi penerusnya, mampu bertahan dari pandemi untuk beraktivitas dalam kesehariannya khususnya dalam menjaga wilayah adat.
 

Orang Tua Jadi Garda Depan untuk PTM Terbatas yang Aman bagi Anak   ( 15 Oktober 2021, Dilihat 1108 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengungkapkan bahwa sekitar 80 persen orang tua siswa menginginkan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas bagi anak-anaknya. Artinya, banyak pihak yang menyadari untuk segera mengurangi dampak permanen dari krisis pembelajaran akibat pandemi. Namun, baru 55 persen sekolah yang membuka PTM terbatas.
 

Cegah Kepunahan, Kantor Bahasa Bengkulu Susun Kamus Bahasa Enggano  ( 15 Oktober 2021, Dilihat 986 kali . )
Keberagaman bahasa setiap provinsi di Indonesia mengalami potensi kepunahan akibat semakin berkurangnya jumlah penutur bahasa tersebut. Di Provinsi Bengkulu, ada tiga Bahasa yang menjadi Bahasa daerah, yaitu Bahasa (Melayu) Bengkulu, Bahasa Rejang, dan Bahasa Enggano. Dua dari tiga Bahasa tersebut, yaitu Bahasa (melayu) Bengkulu dan Bahasa Rejang, sudah sering diteliti hingga dibuat kamus.
 

Balai Bahasa Sulawesi Tengah Terbitkan Kamus Bergambar Bagi SD  ( 14 Oktober 2021, Dilihat 768 kali . )
Sulawesi Tengah, 14 Oktober 2021 – Keanekaragaman bahasa daerah yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia harus dilestarikan sebagai aset bangsa yang berharga. Salah satunya adalah bahasa Kaili yang merupakan bahasa daerah bagi masyarakat suku Kaili di Provinsi Sulawesi Tengah. Seiring perkembangan zaman, saat ini bahasa daerah Kaili mulai jarang digunakan masyarakat suku Kaili karena sudah banyak yang menggunakan bahasa Indonesia dalam komunikasi sehari-hari.
 

Kemendikbudristek Membuka Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 4  ( 14 Oktober 2021, Dilihat 1133 kali . )
Setelah Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 1,2, dan 3 sukses dilaksanakan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka Program Pendidikan Guru Penggerak angkatan 4, secara virtual, pada Kamis (14/10).
 

Lestarikan Bahasa Kaili, Balai Bahasa Sulawesi Tengah Gagas Kamus Bergambar  ( 14 Oktober 2021, Dilihat 957 kali . )
Jakarta, 14 Oktober 2021 - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Bahasa Sulawesi Tengah (Sulteng), saat ini sedang menggagas sebuah kamus bergambar bahasa Kaili berdialek Ledo-Inggris bagi bagi anak-anak usia sekolah dasar. Hal ini dilakukan sebagai upaya pelestarian bahasa Kaili di Provinsi Sulawesi Tengah.
 

Program Guru Penggerak Angkatan 4 Dimulai, 8.053 Guru Mulai Jalani Pendidikan  ( 14 Oktober 2021, Dilihat 536 kali . )
Setelah menghasilkan lulusan Guru Penggerak Angkatan 1 pada September 2021, kini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) kembali menggelar pendidikan Program Guru Penggerak Angkatan 4. Sebanyak 8.053 calon Guru Penggerak angkatan ke-4 yang berasal dari 146 kabupaten/kota akan menjalani pendidikan selama sembilan bulan untuk mendapatkan bekal kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi terhadap para guru.
 

Konservasi Dua Bahasa Daerah Sulawesi Selatan sebagai Bentuk Pelindungan  ( 14 Oktober 2021, Dilihat 1371 kali . )
Kelompok Kepakaran dan Layanan Profesional (KKLP) Pelindungan Bahasa dan Sastra Balai Bahasa Sulawesi Selatan melakukan konservasi terhadap dua bahasa daerah yang hampir punah di Sulawesi Selatan. Kedua bahasa daerah itu adalah bahasa Limola dan bahasa Rampi. Konservasi menjadi langkah awal penyelamatan bahasa Limola dan Rampi. Kegiatan konservasi terhadap kedua bahasa tersebut dilakukan terutama pada konservasi penyusunan sistem morfologi, penyusunan sistem sintaksis, dan penyusunan sistem ortografi.