PGP dan Rapor Pendidikan Bantu Kepala Sekolah Pimpin Perubahan di Satuan Pendidikan  ( 22 April 2024, Dilihat 299 kali . )
Eri Anggerianto merupakan Guru Penggerak angkatan 4 yang baru sebelas bulan diangkat menjadi kepala sekolah di SD Negeri 14 Sijuk, Kabupaten Belitung Timur. Cucu dan anak dari seorang guru dan kepala sekolah membuat Eri semakin mencintai profesi yang dapat membantu peserta didik membentuk karakter dan menemukan potensi terbaiknya. Niat yang tulus, bekal dari Pendidikan Guru Penggerak (PGP), dan pemanfaatan Rapor Pendidikan sangat membantu Eri memimpin perubahan di sekolah.
 

Menuju World Class University, 17 Rektor PTN Ikuti Program Kepemimpinan di Korsel  ( 22 April 2024, Dilihat 169 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Sumber Daya, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) menyelenggarakan Pelepasan Peserta Program Peningkatan Kapasitas Kepemimpinan Perguruan Tinggi (PKKPT) untuk Rektor Tahun 2024. Program yang dilaksanakan di Jakarta pada Sabtu (20/4) ini menjadi langkah strategis dalam mendorong peningkatan reputasi perguruan tinggi menuju World Class University.
 

Gunung Ruang Erupsi, BPMP Sulut Turut Andil Tangani Bencana  ( 21 April 2024, Dilihat 201 kali . )
Erupsi Gunung Ruang di Kabupaten Siau, Tagulandang, Biaro (Sitaro), Selasa (16/4) lalu, berdampak signfikan pada aktivitas masyarakat di sekitar kawasan. Merujuk data Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Sulawesi Utara (Sulut) per Sabtu (21/4), terdapat 3.142 peserta didik dari 74 satuan pendidikan mulai dari jenjang PAUD hingga SMP yang terdampak bencana. Sekolah-sekolah tersebut berada di Kecamatan Tagulandang, Tagulandang Utara, dan Tagulandang Selatan. Mereka terpaksa menghentikan sementara seluruh aktivitas pembelajarannya.
 

Pelajar Indonesia Raih Emas dalam Lomba Matematika dan Bahasa Inggris Internasional di Australia  ( 21 April 2024, Dilihat 203 kali . )
Pelajar Indonesia berhasil membuktikan kemampuannya dalam bidang Matematika di ajang kompetesi global yang diselenggarakan pada tanggal 14-21 April 2024 di Sydney, Australia. Pelajar kelas 10 Sekolah Insan Cendekia Madani, Ronald Rauf Nurima, meraih prestasi gemilang dengan menyabet medali emas dalam the International Mathematics Exam Center (IMEC) 2024. Kegiatan yang berlangsung di Amity College Sydney ini diikuti oleh tim dari 12 negara, antara lain Australia, Inggris, China, dan Indonesia.
 

Persiapan Telah Matang, Kemendikbudristek Siap Suguhkan Konser Musikal ‘Memeluk Mimpi-Mimpi’  ( 21 April 2024, Dilihat 126 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggandeng Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Kasihan, Bantul, atau dikenal Sekolah Menengah Musik (SMM) Yogyakarta bersiap menggelar konser musikal dengan tema Memeluk Mimpi-Mimpi, 25 April 2024, di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.

Konser musikal ini merupakan sinergi antara Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbudristek, Direktorat Jenderal Vokasi Kemendikbudristek, serta komunitas budaya Titimangsa, dan pegiat seni lainnya. Melibatkan sebanyak 58 orang pemain orkestra, lalu 36 paduan suara, 5 orang pemain musik yang tampil di sekitar lobi tempat acara, dan tidak ketinggalan 19 orang guru pendamping dari SMM Yogyakarta.
 

Praktik Baik Duta SMA Provinsi Jawa Tengah 2023 Dalam Meraih Masa Depan Cerah  ( 20 April 2024, Dilihat 205 kali . )
Duta SMA Provinsi Jawa Tengah 2023 sekaligus Penerima Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Persiapan S1 Luar Negeri Angkatan 4, Nayla Faizha Efendi, menjadikan matematika sebagai kunci dalam meraih impian-impiannya. Dengan konsistensi dan ketekunan, ia berhasil meraih sejumlah prestasi dalam bidang olimpiade matematika baik skala nasional maupun internasional.
 

Lindhu Raras Pukau Masyarakat Internasional Lewat Permainan Gamelan Jawa Tampada di Berlin  ( 19 April 2024, Dilihat 194 kali . )
Kelompok Musik Gamelan Jawa, Lindhu Raras sukses menyelenggarakan open rehearsal di Rumah Budaya Indonesia Berlin pada Rabu, 4 April 2024. Tidak hanya warga lokal Jerman yang hadir,namun warga negara dari Amerika, dan Jepang. Menghidupkan suasana, Lindhu Raras ajak pengunjung yang datang untuk mencoba memainkan intrumen gamelan.
 

Menyebarkan Kebudayaan Indonesia Melalui Lokakarya Angklung di Berlin  ( 19 April 2024, Dilihat 174 kali . )
Angklung Orchestra Berlin (AOB) menggelar lokakarya angklung di Rumah Budaya Indonesia Berlin pada Minggu, 14 April 2024. Lokakarya ini tidak hanya mengundang antusias warga negara Indonesia yang berdomisili di Berlin tapi juga warga negara asing lainnya seperti India, Argentina, dan Jerman.
 

Jiwa Pantang Menyerah Rafly Pudarkan Pengalaman Lima Kali Rasa Kegagalan  ( 19 April 2024, Dilihat 176 kali . )
Jika kegagalan adalah seorang manusia, mungkin bagaikan teman seorang anak bernama Rafly akrab Perdana Kusumah. Ia adalah buah cinta Bahrun dan Maya yang lahir pada 12 September 2006, di Kuningan, Jawa Barat. Rafly adalah anak dari seorang buruh harian lepas dan seorang ibu yang menggeluti urusan rumah tangga.
 

Pemelajar Bahasa Indonesia Meningkat, KBRI Kirim Guru Bantu ke Sekolah di Melbourne  ( 19 April 2024, Dilihat 108 kali . )
Jumlah pemelajar bahasa Indonesia mengalami perkembangan yang sangat baik di Huntingtower School, Melbourne, Australia. Pelajaran bahasa Indonesia di sekolah ini diajarkan mulai dari kelas 3 sampai kelas 11, sementara jumlah guru bahasa Indonesia di sekolah ada tiga orang. Sehingga dibutuhkan pengajar tambahan untuk bisa mengelola siswa yang semakin banyak, khususnya untuk membantu para siswa berlatih percakapan dalam bahasa Indonesia.
 

Semangat Idulfitri 1445 H Menggelorakan Keberlanjutan Gerakan Merdeka Belajar  ( 19 April 2024, Dilihat 101 kali . )
Pascalibur Idulfitri 1445 Hijriah, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar halalbihalal di Plasa Insan Berprestasi, Kemendikbudristek, Kamis (18/4).

Dalam acara tersebut, turut dihadiri oleh sejumlah pimpinan unit utama dan pegawai di lingkungan Kemendikbudristek. Mendikburistek, Nadiem Anwar Makarim, mengapresiasi hasil kerja keras tim Kemendikbudristek atas berbagai pencapaian dalam kurun waktu lima tahun terakhir. Ia juga menyampaikan terima kasih untuk seluruh dedikasi, integritas, dan kerja keras tim Kemendikbudristek.
 

Antusiasme Tinggi, KBRI Paris Buka Lima Kelas BIP  ( 17 April 2024, Dilihat 202 kali . )
Program penguatan dan pengembangan diplomasi kebahasaan melalui Kelas Bahasa Bagi Penutur Asing (BIPA) kembali mendapatkan antusiasme yang sangat baik. Pada tahun ini, pelajar BIPA di KBRI Paris semester I tahun 2024 tembus hingga lima kelas. Kelas tersebut merupakan hasil kolaborasi dari KBRI Paris dengan Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Universitas Telkom Indonesia, Universitas La Rochelle, dan KJRI Marseille.
 

Filosofi Kehidupan Ki Hajar Dewantara Lengkapi Ramadan Diaspora Indonesia di Kairo  ( 15 April 2024, Dilihat 474 kali . )
Filosofi kehidupan tokoh pendidikan nasional, Ki Hajar Dewantara, yakni ing ngarsa sung tulada, ing madya mangun karsa, dan tut wuri handayani menjadi salah satu intisari khotbah yang disampaikan oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Kairo, Abdul Muta'ali. Pesan khotbah yang sarat makna tersebut menjadikan pelaksanaan Salat Idulfitri Diaspora Indonesia di Kairo pada 10 April 2024 itu bertambah khidmat.
 

Tampilan Kebudayaan “Indonesia: Heaven on Earth” Pukau Masyarakat Mesir  ( 08 April 2024, Dilihat 1013 kali . )
Indonesia terus gencarkan diplomasi budaya untuk memperkenalkan Indonesia sebagai salah satu negara yang memiliki kebudayaan terbesar di dunia. Salah satunya melalui suguhan mahasiswa Indonesia dalam acara seni budaya internasional bertajuk Saharat Ramadaniyah yang digelar pada 1 April 2024 di Opera House Cairo.
 

Implementasi Penganggaran Dana BOS dan Praktik Baik Penanganan PPKSP di Satuan Pendidikan  ( 06 April 2024, Dilihat 551 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memiliki tugas dan fungsi untuk mewujudkan pendidikan berkualitas di satuan pendidikan tanpa kekerasan. Untuk mendukung hal tersebut, Kemendikbudristek telah mengeluarkan Permendikbudristek Nomor 46 tahun 2023 yang mengatur tentang Pencegahan dan Penanganan Kekerasan di Lingkungan Satuan Pendidikan (PPKSP). Peraturan tersebut hadir untuk menciptakan lingkungan belajar yang inklusif, berkebinekaan, dan aman bagi semua warga satuan pendidikan agar dapat menjalankan proses belajar mengajar dengan maksimal.
 

Leiden University dan IISMA Melangkah Lebih Jauh dalam Kolaborasi Pendidikan  ( 05 April 2024, Dilihat 1039 kali . )
Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) berencana untuk menambah jumlah penerima beasiswa (awardee) yang mengikuti pembelajaran di Leiden University, Belanda. Saat ini terdapat 10 awardee, dari 31 pendaftar IISMA 2024, yang akan menjalani proses pembelajaran di perguruan tinggi tertua di Belanda itu. Angka tersebut sudah meningkat signifikan dari kepesertaan awardee IISMA di Leiden University, di mana tahun sebelumnya hanya mengirim empat awardee.
 

Buku “Rihlah di Bumi Pasundan”, Jejak Inspiratif Pengalaman Peserta Pertukaran Mahasiswa Merdeka  ( 05 April 2024, Dilihat 1414 kali . )
Bagi dunia pelajar ataupun sekadar orang yang ingin tahu bagaimana keseruan Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka, membaca buku “Rihlah di Bumi Pasundankarya Soni Putra Sakti adalah pilihan yang tepat. Ketika membaca buku karya Soni, pembaca dapat langsung memahami apa yang dialami oleh para mahasiswa dalam mengikuti Modul Nusantara. Gaya bahasa yang ringan dan percakapan sehari-hari membuat buku ini mudah dicerna oleh berbagai kalangan.
 

TIN IPB Kirim Mahasiswa Capstone Project ke Universitas Queensland Australia   ( 05 April 2024, Dilihat 1007 kali . )
Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Institut Pertanian Bogor (IPB)  mengirimkan mahasiswa ke University of Queensland (UQ), Australia untuk menyelesaikan tugas akhir dalam bentuk Capstone Project. Hal ini merupakan bagian dari implementasi program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di mana mahasiswa bisa menyelesaikan tugas akhirnya dalam berbagai bentuk, salah satunya dengan Capstone Project.
 

Fakultas Teknik QUT dan Teknologi Industri Pertanian IPB Siap Kembangkan Program Master Bersama  ( 05 April 2024, Dilihat 949 kali . )
Departemen Teknologi Industri Pertanian (TIN) Institut Pertanian Bogor (IPB) melakukan penjajakan kerja sama dalam pengembangan program magister bersama (joint degree dan double degree) dengan Fakultas Teknik Queensland University of Technology (FT-QUT). Dalam pertemuan yang difasilitasi oleh Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, TIN-IPB yang diwakili oleh Professor Farah Fahma, kedua belah pihak berdiskusi secara intensif dengan Dekan FT QUT, Professor Ana Deletic dan tim di kampus QUT pada Jumat (5/4).
 

PPG Prajabatan 2024 Dibuka untuk 23 Bidang Studi Umum dan 27 Bidang Studi Kejuruan  ( 05 April 2024, Dilihat 3513 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali membuka program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan pada 4 April 2024. PPG Prajabatan merupakan salah satu program prioritas Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) untuk memenuhi kebutuhan guru pada jenjang sekolah dasar dan menengah.