Mendikbud: Target kita bukan sekadar pemerataan akses, tetapi akses yang berkualitas  ( 16 Agustus 2017, Dilihat 72 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus mempercepat terwujudnya pendidikan yang merata dan berkualitas melalui berbagai program dan kebijakan yang menjadi sasaran prioritas nasional. Peningkatan akses masyarakat pada layanan pendidikan menjadi salah satu kunci mengurangi kesenjangan di masyarakat.
 

Yenny Wahid Apresiasi Upaya Mendikbud Perkuat Pendidikan Karakter   ( 15 Agustus 2017, Dilihat 173 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy beraudiensi dengan Zannuba Ariffah Chafsoh Rahman Wahid, atau akrab dipanggil Yenny Wahid dan Najelaa Shihab, di Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Selasa (15/8/2017). Puteri kedua Presiden Republik Indonesia Almarhum Abdurrahman Wahid ini mengapresiasi upaya Kemendikbud untuk memperkuat pendidikan karakter.
 

Pergelaran Perdana Gita Bahana Nusantara 2017 Pukau Ratusan Penonton  ( 15 Agustus 2017, Dilihat 4141 kali . )
Pergelaran perdana kelompok orkestra pelajar Gita Bahana Nusantara (GBN) 2017 memukau ratusan penonton yang hadir di Plasa Insan Berprestasi Gedung A Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senin malam (14/8/2017).
 

Peringati Hari Jadi, Pramuka Harus Turut Berinovasi  ( 14 Agustus 2017, Dilihat 275 kali . )
Kegiatan Pramuka telah akrab di kalangan peserta didik, mulai jenjang Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, hingga Sekolah Menengah Atas/Sekolah Menengah Kejuruan. Kegiatan luar ruang, seperti berkemah, tali temali, baris berbaris, merupakan rangkaian metode yang dilakukan kegiatan ekstrakurikuler ini.
 

Mendikbud: Upacara Bendera Penting Untuk Tanamkan Nasionalisme  ( 14 Agustus 2017, Dilihat 312 kali . )
Memperingati hari Pramuka ke-56, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memimpin upacara bendera di Sekolah Dasar (SD) Negeri 13 Grogol Selatan, Kebayoran Lama, Jakarta Selatan. Menurut Muhadjir, kebiasaan melaksanakan upacara bendera di sekolah sangat penting dan perlu dibiasakan. 
 

 

Buku Sekolah Elektronik Permudah Masyarakat Peroleh Buku Teks Pelajaran  ( 14 Agustus 2017, Dilihat 443 kali . )
Demi mempermudah proses belajar mengajar di sekolah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan akses kepada masyarakat untuk memperoleh buku teks secara elektronik melalui laman buku.kemdikbud.go.id. Laman tersebut merupakan bentuk keberpihakan Kemendikbud pada masyarakat dalam upaya pemerataan akses pendidikan.
 

Bagikan 1.725 KIP di Jember, Presiden: Dana Bisa Langsung Dicairkan  ( 13 Agustus 2017, Dilihat 422 kali . )
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo (Jokowi) didampingi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy membagikan 1.725 Kartu Indonesia Pintar (KIP) di Kabupaten Jember, Provinsi Jawa Timur, (13/8/2017). KIP yang dibagikan kepada para siswa yatim dan atau piatu tersebut berbentuk kartu yang dapat langsung digunakan bertransaksi di Anjungan Tunai Mandiri (ATM). 
 

Menuai Hasil Penerapan PPK, Siswa SDN Percobaan Medan Memiliki Kesadaran Tinggi  ( 11 Agustus 2017, Dilihat 5212 kali . )
Penerapan Penguatan Pendidikan Karakter  (PPK) di SD Negeri Percobaan Medan mulai berbuah manis. Kebijakan sekolah yang membiasakan siswa-siswinya yang beragama Islam untuk Salat Dhuha di musala sekolah, tertanam di setiap siswa. Saat ini kesadaran melaksanakan Salat Dhuha sudah muncul tanpa harus disuruh oleh guru.
 

Sekolah Bersinergi dengan Orangtua Siswa dalam Penerapan PPK  ( 11 Agustus 2017, Dilihat 6576 kali . )
Kamis pagi (10/8/2017), jarum jam masih menunjukkan pukul 06.30 WIB, namun siswa SDN Percobaan Kota Medan telah mulai ramai memasuki gerbang sekolah. Sebelum memasuki gerbang sekolah, tidak lupa mereka pamit kepada orang tua yang mengantarkan sambil mencium tangan. Begitu memasuki gerbang sekolah, para generasi penerus bangsa ini disambut oleh beberapa orang guru, dan langsung mencium tangan guru-guru tersebut.
 

Kemendikbud Berikan Penghargaan Kepada 10 Orangtua Hebat  ( 10 Agustus 2017, Dilihat 1259 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan memberikan penghargaan kepada sepuluh orangtua hebat yang telah menjalankan fungsi dan perannya dalam mendidik, mengasuh, membimbing anak-anaknya, sehingga menghasilkan anak yang berkarakter dan berprestasi. Penghargaan tersebut diberikan pada acara Apresiasi Pendidikan Keluarga, yang diselenggarakan di Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta, Rabu (09/08/2017).
 

Kemendikbud Kirim 35 Seniman Mengajar di Daerah 3T  ( 10 Agustus 2017, Dilihat 935 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Kesenian mengirim 35 seniman untuk mengajar di daerah 3T (terdepan, terluar, tertinggal).  Para seniman itu akan mengajar di tujuh daerah, yaitu Kabupaten Bulungan, Kalimantan Utara; Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu; Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara; Mandalika, Nusa Tenggara Barat; Morotai, Maluku Utara; Tanjung Lesung, Banten; dan Danau Toba, Sumatera Utara. Mereka akan mengajar kesenian sesuai bidang seninya masing-masing selama satu bulan, yakni pada 9 Agustus 2017 hingga 11 September 2017.
 

Melalui Aksi Sulap, Dirjen GTK Tekankan Pentingnya Berpikir Kritis   ( 09 Agustus 2017, Dilihat 4146 kali . )
Ada yang menarik saat Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) Kemendikbud, Sumarna Surapranata, memberikan materi pada acara Bimbingan Teknis Program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) bagi Kepala Sekolah di Medan, Sumatra Utara, Rabu (9/8/2017).
 

Memberi Pemahaman Penerapan PPK, Kemendikbud Latih 147 Kepala Sekolah  ( 09 Agustus 2017, Dilihat 902 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Tenaga Kependidikan Pendidikan Dasar dan Menengah (Tendik Dikdasmen) Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan, kembali mengadakan bimbingan teknis program Penguatan Pendidikan Karakter (PPK) kepada Kepala Sekolah. Kegiatan yang dilaksanakan di Medan, Sumatera Utara, berlangsung pada tanggal 9-12 Agustus 2017.
 

Guru Terampil TIK, Belajar di Sekolah Semakin Menyenangkan  ( 09 Agustus 2017, Dilihat 836 kali . )
Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Pustekkom Kemendikbud) menyelenggarakan kegiatan Fasilitasi Guru Terampil TIK untuk Pembelajaran di kota Tasikmalaya, Jawa Barat. Kegiatan ini diikuti oleh 130 orang guru berbagai jenjang, dan menghadirkan Ferdiansyah, Wakil Ketua Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR-RI), Gogot Suharwoto, Kepala Pustekkom Kemendikbud, dan Ari Santoso, Kepala Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat sebagai narasumber.   
 

"Rudy Habibie" Harumkan Indonesia di Asia-Pacific Film Festival ke-57  ( 09 Agustus 2017, Dilihat 5061 kali . )
Film "Rudy Habibie" berhasil mengharumkan nama Indonesia di kancah perfilman internasional, Asia-Pacific Film Festival ke-57. Aktor Reza Rahardian melalui perannya sebagai Rudy Habibie terpilih menjadi aktor terbaik. Bersama Reza, Tya Subiakto juga menjadi yang terbaik sebagai penata musik di film yang sama.