Ditjen Dikti Kerja Sama dengan Indosat Sediakan Layanan Telekomunikasi Ramah Kantong Mahasiswa  ( 04 Agustus 2020, Dilihat 19 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi bersama PT. Indosat, Tbk. bersepakat menjalin kerja sama terkait penyediaan paket telekomunikasi terjangkau untuk mendukung kegiatan pembelajaran mahasiswa pada masa pandemi Covid-19. Penandatanganan nota kesepahaman kerja sama ini dilakukan secara daring oleh Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Paristiyanti Nurwardani dan SVP Head of Public Sector & Energy PT. Indosat, Tbk Asrul Ardianto dengan disaksikan oleh Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam dan Chief Business Officer PT. Indosat, Tbk Bayu Hanantasena pada Selasa (4/8).
 

Siswa Indonesia Raih Prestasi pada Kejuaraan Debat Pelajar Dunia 2020  ( 04 Agustus 2020, Dilihat 15 kali . )
Pada awal bulan Agustus 2020 menuju Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia, prestasi anak bangsa terukir lagi. Kali ini kabar prestasi dari pelajar SMA yang mewakili Indonesia di ajang Online World Schools Debating Championship (OWSDC) tahun 2020 yang baru saja ditutup dan diumumkan pemenangnya pada tanggal 2 Agustus 2020 dari kanal youtube Asociación Mexicana de Debate di Mexico. OWSDC 2020 telah dilaksanakan dari tanggal 17 Juli 2020 s.d. 2 Agustus 2020.
 

temanKIP Pastikan Manfaat Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K) Tepat Sasaran  ( 04 Agustus 2020, Dilihat 164 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Nizam menyambut baik inisiasi program #temanKIP yang diprakarsai oleh Staf Khusus Presiden RI Aminuddin Ma’ruf. Hal ini disampaikan Nizam saat konferensi pers peluncuran #temanKIP di Auditorium Gedung D Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan pada Senin (3/8).
 

Sosialisasi Gerakan Relawan Covid-19 Nasional Kemdikbud (RECON): 31 Hari Tantangan #SiapAdaptasi  ( 01 Agustus 2020, Dilihat 565 kali . )
Relawan Covid-19 Nasional (RECON) yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), bersama dengan Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia (ISMKI) dan Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI) mencoba untuk memaksimalkan dampak program RECON kepada masyarakat umum. Seperti yang diketahui bahwa Pandemi Covid-19 merupakan musuh kita bersama dan Edukasi Kesehatan sangat berperan besar dalam memutus rantai penularan Covid-19.
 

Siswa Indonesia Raih 4 Medali di Olimpiade Kimia Internasional  ( 01 Agustus 2020, Dilihat 395 kali . )
Kabar baik dari Istanbul, Turki, pada tanggal 30 Juli 2020 pukul 20.00 wib, empat siswa Indonesia berhasil menorehkan prestasi di ajang 52nd International Chemistry Olympiad (IChO) atau Olimpiade Kimia Internasional ke-52 dengan meraih empat medali. Dua medali perak diraih oleh dua siswa, yaitu Mark Susanto dari SMAK BPK Penabur 1 Jakarta dan Ivan Candra Gunawan dari SMAK Petra 2 Surabaya. Sementara itu dua medali perunggu juga diraih oleh dua siswa, yaitu Rifqi Naufal Abdjul dari SMAN 81 Jakarta dan Steven William dari SMAK Petra 1 Surabaya.
 

Mendikbud Laksanakan Sholat Idul Adha 1441 H di Masjid Baitut Tholibin  ( 01 Agustus 2020, Dilihat 61 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Nadiem Anwar Makarim, melaksanakan Sholat Idul Adha 1441 H di Masjid Baitut Tholibin kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat (31/07). Pelaksanaan Sholat Idul Adha tersebut dilaksanakan sesuai dengan protokol kesehatan, dengan Imam H. Moh. Salim Ghozali, SQ.
 

Lomba Foto dan Artikel Jurnalistik 2020  ( 31 Juli 2020, Dilihat 20547 kali . )
Dalam rangka memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia tahun 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menggelar lomba foto serta artikel jurnalistik terkait pendidikan dan kebudayaan. Lomba ini dapat diikuti oleh pelajar SMA/SMK/MA, guru, dosen, wartawan, dan masyarakat umum lain yang tidak termasuk kategori tersebut.
 

Kunjungi Sekolah di Bogor, Mendikbud Sapa Siswa Belajar Daring  ( 30 Juli 2020, Dilihat 1075 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makariem meninjau beberapa sekolah di Bogor, Jawa Barat, Kamis (30/07/2020). Sekolah-sekolah yang dikunjungi tersebut di antaranya SDN Polisi 1, SMA Regina Pacis, SMP Al Ghazaly, SMK Ma'arif NU Ciomas, dan SMU Muhammadiyah Bogor. Dalam kunjungan ini, Mendikbud menyempatkan waktu memotivasi siswa yang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara dalam jaringan (daring).
 

Kemendikbud Apresiasi Suksesnya “Pernikahan Massal” SMK dan Industri  ( 30 Juli 2020, Dilihat 1080 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto menyatakan kelegaannya menyaksikan keberhasilan SMK dalam menerapkan link and match atau “pernikahan massal” dengan Industri dan Dunia Kerja (IDUKA).
 

Dinas Pendidikan Diimbau Terapkan Pembelajaran Sesuai Keputusan Bersama 4 Menteri  ( 30 Juli 2020, Dilihat 1586 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan evaluasi penyelenggaraan pembelajaran pada tahun ajaran baru 2020/2021. Kemendikbud menegaskan kembali pentingnya kesehatan dan keselamatan peserta didik, pendidik, dan tenaga kependidikan di masa pandemi Covid-19.
 

Mendikbud Kunjungi Sekolah-sekolah di Bogor, Tampung Aspirasi Para Guru  ( 30 Juli 2020, Dilihat 288 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim melakukan pemantauan terhadap sekolah-sekolah di sekitar wilayah Bogor, Jawa Barat pada hari Kamis (30/07). Selain itu dalam kunjungannya, Mendikbud juga menyempatkan diri menyapa para siswa yang sedang melakukan pembelajaran jarak jauh (PJJ) secara daring bersama para gurunya untuk memberikan tambahan motivasi.
 

Dirjen Dikti: Kuliah Kerja Nyata Wujud Aktualisasi Kompetensi Mahasiswa  ( 30 Juli 2020, Dilihat 854 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nizam menyatakan bahwa Kuliah Kerja Nyata (KKN) sangat penting sebagai ajang perwujudan aktualisasi kompetensi mahasiswa. Hal ini disampaikan Nizam saat memberikan arahan secara daring pada Pelepasan Mahasiswa KKN Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI) Bandung pada Senin (27/7).
 

Tanggapan Mendikbud Terkait Program Organisasi Penggerak  ( 30 Juli 2020, Dilihat 902 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Nadiem Anwar Makariem mengungkapkan bahwa Program Organisasi Penggerak (POP) adalah bentuk inisiasi agar kementerian dapat belajar dari masyarakat penggerak pendidikan. Sejak awal, program ini ditujukan untuk bermitra dengan penggerak pendidikan dan menemukan inovasi-inovasi yang bisa dipelajari lalu diterapkan dalam skala nasional.
 

Mencetak Pemimpin Strategis melalui Pelatihan Kepemimpinan Nasional  ( 30 Juli 2020, Dilihat 1042 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, mengatakan, tidak ada cara yang lebih efektif untuk meningkatkan kualitas manusia suatu bangsa dibanding lewat jalur pendidikan. Manusia, kata dia, tidak bisa serta-merta berkualitas dengan sendirinya. Diperlukan suatu upaya yang terstruktur, sistematis, dan masif di bawah kepemimpinan strategis untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia.