Jabatan Fungsional Guru untuk Penghargaan Karir Guru  ( 19 Agustus 2019, Dilihat 144 kali . )
Sebelum tahun 1989, guru bukan jabatan fungsional maupun jabatan  struktural dan pangkatnya dibatasi hanya sampai golongan III/d. Hanya kepala sekolah yang bisa mencapai pangkat IV/a karena jabatannya disetarakan dengan eselon IV/d. Hal itu disampaikan oleh, Kepala Seksi Pengembangan Karir, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, Nani Parhana, dalam pleno untuk guru pada Pemilihan Guru Berprestasi Berdedikasi dan Kreativitas Jenjang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus di Jakarta, Kamis (15/8/2019). Kegiatan tersebut yang merupakan rangkaian kegiatan Pemilihan Guru Tenaga Pendidikan Berprestasi dan Berdedikasi 2019. 
 

Mendikbud: Guru Kunci Penyelesaian Masalah Sumber Daya Manusia  ( 17 Agustus 2019, Dilihat 114 kali . )
Jakarta, Kemendikbud --- Keteladanan guru dan tenaga kependidikan (GTK) bagi murid dan lingkungannya merupakan kunci sukses dalam mencerdaskan kehidupan bangsa. Oleh karena itu, di tengah fokus pemerintah untuk membangun kualitas sumber daya manusia (SDM), langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas guru dan tenaga kependidikan juga harus terus dipacu. Berkenaan dengan itu, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) kembali menggelar Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi di tahun 2019. Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi merupakan langkah konkret untuk menyukseskan visi Pemerintah yang kini fokus pada pembangunan manusia.
 

Pendekatan Budaya sebagai Solusi Penyelesaian Masalah Bangsa  ( 16 Agustus 2019, Dilihat 278 kali . )
Bandung, Kemendikbud -- Budaya merupakan unsur penting dalam membentuk identitas dan jati diri bangsa dalam berbagai aspek kehidupan. Indonesia sebagai negara adidaya di bidang kebudayaan berpotensi besar dalam mempengaruhi peradaban dunia. Namun fenomena globalisasi dan revolusi industri 4.0 merupakan tantangan yang dihadapi Indonesia dalam memajukan kebudayaan di tengah peradaban dunia. Lahirnya Undang Undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan tentunya memberikan semangat baru dalam melaksanakan pasal 32 ayat 1 UUD 1945 yang  mengamanatkan “Negara memajukan kebudayaan nasional Indonesia di tengah peradaban dunia dengan menjamin kebebasan masyarakat dalam memelihara dan mengembangkan nilai-nilai budayanya”. Dalam upaya memajukan kebudayaan nasional, salah satunya dapat dilakukan dengan  memperkuat ketahanan budaya dalam menghadapi persoalan bangsa dan peradaban dunia, Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menyelenggarakan seminar dengan tema “Pemajuan Kebudayaan dalam Menghadapi Peradaban Dunia” di Bandung (15/8/2019).
 

Kemendikbud Ajak Orang Tua dan Masyarakat Ikut Upacara Bendera HUT ke-74 RI  ( 16 Agustus 2019, Dilihat 64 kali . )
Jakarta, Kemendikbud—Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) mengajak orang tua dan masyarakat di seluruh Indonesia turut serta dalam upacara bendera peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Republik Indonesia. Imbauan tersebut disampaikan melalui Surat Edaran Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan nomor 90246/A.AS/TU/2019 tentang Pelibatan Orang Tua dan Masyarakat pada Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Ke-74 Kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2019 di Lingkungan Satuan Pendidikan. Surat edaran tersebut disampaikan kepada kepala Dinas Pendidikan Provinsi, dan Kabupaten/Kota di seluruh Indonesia.
 

Keteladanan Guru adalah Kunci Pembentukan Karakter Peserta Didik   ( 16 Agustus 2019, Dilihat 452 kali . )
Guru yang hebat  adalah guru yang memiliki karakter yang unggul dan menjadi teladan bagi peserta didik. Pembentukan karakter pada peserta didik dilakukan melalui keteladanan yang dapat ditiru oleh siswa. Pembentukan karakter pada siswa peserta didik hanya dapat dilakukan oleh guru-guru yang berkarakter pula.
 

Duta Bahasa, Motor Penggerak Literasi Nasional  ( 16 Agustus 2019, Dilihat 275 kali . )
Sebanyak 62 peserta Pemilihan Duta Bahasa Tingkat Nasional melaksanakan audiensi dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Kamis (15/8/2019) di kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta. Para Duta Bahasa perwakilan provinsi ini diharapkan mampu menjadi motor penggerak dalam menyukseskan gerakan literasi nasional.
 

Kompetisi Berpidato dan Bercerita Bagi Penutur Asing Wujudkan Kecintaan Terhadap Budaya Indonesia  ( 15 Agustus 2019, Dilihat 61 kali . )
Jakarta, Kemendikbud--Kompetisi berpidato dan bercerita menggunakan bahasa Indonesia membantu meningkatkan perkembangan bahasa Indonesia dalam skala internasional. Partisipasi para peserta membuktikan wujud kecintaan mereka terhadap kebudayaan Indonesia. Demikian disampaikan oleh Emi Emilia, Kepala Pusat Pengembangan Strategi dan Diplomasi Kebahasaan, Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) di sela-sela ajang Lomba Berbahasa Indonesia bagi Penutur Asing (LBB BIPA), di Jakarta, Kamis (15/8/2019).
 

Presiden Dukung Penuh Delegasi WSC Berangkat ke Rusia  ( 14 Agustus 2019, Dilihat 63 kali . )
Jakarta, Kemendikbud --- Presiden Joko Widodo didampingi Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, dan Menteri Ketenagakerjaan Hanif Dhakiri menerima delegasi Worldskills Competition (WSC) tahun 2019 di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (14/8/2019). Presiden menyampaikan dukungan penuh dan optimistis bahwa para talenta dan profesional muda Indonesia akan mampu bersaing dan memiliki keahlian yang tidak kalah dengan sumber daya manusia (SDM) dari negara-negara lain.
 

Mendikbud: GBN Representasi Semakin Tingginya Peradaban Bangsa Indonesia  ( 14 Agustus 2019, Dilihat 58 kali . )
Jakarta, Kemendikbud --- Paduan Suara Nasional dan Orkestra Simfoni Gita Bahana Nusantara (GBN) menggelar konser perdana di Plaza Insan Berprestasi, kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta, Rabu (14/8/2019). Konser ini digelar GBN sebelum tampil pada Sidang Tahunan di Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) Republik Indonesia dan Upacara Bendera Peringatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-74.
 

Kunjungan Kerja Komisi I DPRD Kota Probolinggo ke Kemendikbud   ( 14 Agustus 2019, Dilihat 574 kali . )
Untuk mendorong penuntasan pelaksanaan Dana Alokasi Khusus (DAK) bidang pendidikan khususnya di Kota Malang, Komisi I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Probolinggo melaksanakan kunjungan kerja (kunker) ke Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Senayan, Jakarta, Selasa (13/8/2019). Kemendikbud sebagai tuan rumah memiliki peran dalam memfasilitasi dan menampung aspirasi terkait dengan penyelenggaraan pendidikan dan kebudayaan di Indonesia, salah satunya dari Kota Probolinggo.
 

Kemendikbud Kembali Gelar Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi  ( 13 Agustus 2019, Dilihat 517 kali . )

Jakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus memberikan perhatian terhadap pencapaian guru dan tenaga kependidikan (GTK), sebagai wujud meningkatkan kualitas pembangunan manusia Indonesia yang unggul dan berdaya saing. Untuk mewujudkan pemberian apresiasi terhadap capaian tersebut, tahun ini Kemendikbud kembali menggelar Pemilihan GTK Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional. 
 
 

Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Utamakan Inovasi dan Kreativitas  ( 13 Agustus 2019, Dilihat 849 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) kembali menyelenggarakan Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi Tingkat Nasional. Tahun ini, sebanyak 694 orang guru yang merupakan perwakilan dari 34 provinsi akan berkompetisi dan berbagi inovasi serta kreativitas mereka dalam pembelajaran.
 

Rakor Bakohumas 2019: Optimalkan Peran Humas Pemerintah Mengantisipasi Berita Hoaks  ( 10 Agustus 2019, Dilihat 753 kali . )
Sebagai upaya untuk mengoptimalkan peran humas pemerintah dalam mengantisipasi berita hoaks yang beredar di masyarakat, Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) Pemerintah mengadakan Rapat Koordinasi Pengurus dan Anggota Bakohumas di Hotel Millenium, Jakarta, Kamis (8/8/2019). Kegiatan ini diselenggarakan dengan tujuan untuk menguatkan tugas dan fungsi kelembagaan Bakohumas sebagai koordinator kerja sama antar kementerian atau lembaga (K/L) dan juga BUMN, khususnya dalam layanan informasi.
 

Gita Bahana Nusantara, Cerdas Berbudaya Tanpa Narkoba  ( 09 Agustus 2019, Dilihat 853 kali . )
Pemusatan pelatihan tim orkestra dan paduan suara Gita Bahana Nusantara (GBN) 2019 diisi dengan beragam kegiatan positif. Selain latihan bermusik, mereka juga mendapatkan materi wawasan kebangsaan dan pendidikan karakter, salah satunya penyuluhan tentang bahaya narkoba. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggandeng Badan Narkotika Nasional (BNN) untuk memberikan sosialisasi kepada anggota GBN 2019 untuk mewujudkan generasi yang cerdas berbudaya tanpa narkoba.