UPI Promosikan Belajar Angklung bagi Anak Disabilitas Jepang  ( 16 Agustus 2022, Dilihat 19 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus melakukan upaya-upaya diplomasi budaya melalui pengenalan musik dan tarian tradisional kepada warga Jepang, terutama dalam  mempertahankan dan mempererat hubungan Indonesia – Jepang yang akan mencapai 65 tahun pada 2023. Di sektor pendidikan dan kebudayaan, upaya mempertemukan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung dengan dua perguruan tinggi Jepang, Chubu Gakuin University dan Chubu Gakuin College, telah menghasilkan penandatangan Nota Kesepahaman/Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Serba Guna Lantai 9, KBRI Tokyo, Jumat (12/8).
 

Kemendikbudristek Serahkan Sertifikat Pantun sebagai Warisan Budaya Dunia UNESCO kepada Pemda  ( 16 Agustus 2022, Dilihat 27 kali . )
Menjaga warisan budaya tanah air merupakan semangat yang terus diusung Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), salah satunya pantun telah masuk ke dalam Representative List of the Intangible Cultural Heritage (ICH) of Humanity UNESCO atau Daftar Representatif Warisan Budaya Takbenda tentang Kemanusiaan atas usulan Indonesia dan negara sahabat, Malaysia.
 

Sesjen Kemendikbudristek Imbau Pejabat yang Dilantik Jalankan Amanah dengan Semangat Kolaboratif  ( 15 Agustus 2022, Dilihat 75 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) hari ini mengangkat pemimpin perguruan tinggi negeri periode 2022--2026 serta melantik pejabat pimpinan tinggi pratama dan pejabat pengawas di lingkungan Kemendikbudristek. Pada kesempatan ini Sekretaris Jenderal (Sesjen), Suharti, Kemendikbudristek mengajak para pimpinan yang dilantik dan seluruh jajaran terkait untuk berkolaborasi baik secara internal maupun eksternal dalam melakukan transformasi di bidang pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi.
 

LPT-PBNU dan PTNU se-Indonesia Siap Berkolaborasi dengan Praktisi dan Industri Dukung MBKM  ( 15 Agustus 2022, Dilihat 70 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan acara sosialisasi kepada Lembaga Pendidikan Tinggi Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LPT-PBNU) dan Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) seluruh Indonesia, Kamis (11/8).
 

Praktikkan Gaya Hidup Berkelanjutan, Dorong Pemulihan Sektor Seni dan Budaya  ( 15 Agustus 2022, Dilihat 59 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) terus mendorong praktik baik dalam menerapkan gaya hidup yang berkelanjutan melalui agenda Pertemuan Tingkat Menteri di bidang Kebudayaan G20 (G20 Culture Minister’ Meeting) nanti. Hal ini disampaikan oleh Hilmar Farid, Direktur Jenderal Kebudayaan serta Koordinator Pertemuan Tingkat Menteri Kebudayaan G20 melalui gelar wicara “Kebudayaan untuk Bumi Lestari” bersama Maudy Ayunda, pada Kamis (11/08), secara daring.
 

Tim IOI Indonesia Berhasil Rebut 8 Medali  ( 15 Agustus 2022, Dilihat 71 kali . )
Indonesia berhasil mendapatkan delapan medali dalam ajang International Olympiad on Informatics (IOI) ke-34, yang diselenggarakan di Yogyakarta, pada 7 – 15 Agustus 2022. Kedelapan medali tersebut terdiri dari tiga medali perak dan lima medali perunggu, yang diraih oleh kedua tim perwakilan Indonesia.
 

Menko PMK Serahkan Bendera Estafet Penyelenggaraan IOI 2023 kepada Hungaria  ( 15 Agustus 2022, Dilihat 46 kali . )
Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy telah menutup secara resmi ajang kompetisi sains tingkat dunia dan tertua, International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 yang diselenggarakan selama sepekan di Yogyakarta. Dalam kesempatan ini, Menko PMK menyerahkan secara estafet penyelenggaraan IOI ke-35 tahun 2023 kepada Hungaria.
 

Perpaduan Budaya dan Teknologi di Ruang Terbuka menjadi Penutup IOI 2022  ( 15 Agustus 2022, Dilihat 38 kali . )
Usai berlaga dalam perhelatan International Olympic on Informatics (IOI), peserta kompetisi bidang informatika dunia menikmati pertunjukan budaya di Ramayana Ballet Dance Open Air, Candi Prambanan, Yogyakarta. Pelaksana tugas (Plt.) Kepala Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Asep Sukmayadi, menyampaikan, acara penutupan IOI sengaja digelar dengan konsep terbuka (open air) yang memadukan unsur teknologi dan budaya untuk memberikan atmosfer berbeda kepada para peserta.
 

Kemendikbudristek Dorong Terciptanya SDM Indonesia Berkarakter Unggul dan Melek Teknologi  ( 13 Agustus 2022, Dilihat 284 kali . )
Menyikapi perkembangan teknologi global dewasa ini, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkomitmen menyiapkan generasi penerus yang memiliki ketahanan dalam menjawab berbagai tantangan zaman. Salah satunya adalah tantangan pembelajaran yang dihadapi akibat pandemi Covid-19 di mana masyarakat dunia harus beradaptasi dengan secara masif memanfaatkan teknologi informasi digital dalam keseharian.
 

Kembali Tampil di Istana Merdeka, Konduktor Wanita Pertama Pimpin GBN 2022  ( 13 Agustus 2022, Dilihat 96 kali . )
Kehadiran Gita Bahana Nusantara (GBN) dalam upacara peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia selalu menjadi magnet tersendiri. Penampilan GBN menjadi salah satu segmen yang dinanti karena berisi suguhan apik dari putra-putri bangsa yang bertalenta di bidang musik dan vokal. GBN tahun ini makin menarik karena pergelaran akan dipimpin oleh konduktor wanita pertama pemilik gelar ganda lulusan lulusan University of Melbourne.
 

Keseruan Kontestan IOI: Pelajari Kesenian Indonesia Hingga Diskusi Perkembangan Teknologi  ( 12 Agustus 2022, Dilihat 76 kali . )
Menjadi sebuah penyegaran, seusai berkompetisi hari ke-1 tanggal 10 Agustus lalu, kontestan International Olympiad in Informatics (IOI) 2022 diajak dalam keseruan untuk mempelajari keragaman kesenian Indonesia lewat program ekskursi/lokakarya singkat belajar membuat komik, membatik, tari tradisional, gamelan Bali, gamelan Jawa tradisional Yogyakarta, sinematografi dan fotografi di Insititut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta.
 

Hakteknas 2022 Jadi Momen Kibarkan Transformasi dan Inovasi Teknologi Pendidikan Vokasi  ( 12 Agustus 2022, Dilihat 121 kali . )
Puncak Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) 2022 resmi digelar di Kemendikbudristek, Jakarta (10/8). Pada kesempatan tersebut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim menekankan pentingnya kolaborasi dan keberanian dalam mendukung transformasi dan inovasi teknologi pada pendidikan vokasi.
 

Kemendikbudristek Tandangani Kerja Sama Baru dengan Sebelas Industri di Kawasan Industri Kendal  ( 12 Agustus 2022, Dilihat 66 kali . )
Sebagai upaya menyelaraskan lulusan pendidikan vokasi dengan kebutuhan dunia kerja, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berupaya meningkatkan ekosistem kemitraan antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dunia industri (DUDI). Sebagai implementasinya, Kemendikbudristek melakukan perjanjian kerja sama (PKS) baru dengan sebelas industri yang berada di Kawasan Industri Kendal (KIK).
 

Sebanyak 12.420 Mahasiswa Ikuti Program Pertukaran di 138 Perguruan Tinggi Seluruh Indonesia  ( 12 Agustus 2022, Dilihat 101 kali . )
Sebanyak 12.420 mahasiswa yang berasal dari 479 Perguruan Tinggi (PT) akan mengikuti Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM) angkatan kedua di 138 PT penerima di seluruh Indonesia. Para mahasiswa akan menjalani perkuliahan di PT penerima selama satu semester, yaitu pada bulan Agustus hingga Desember 2022, dan mendapat pengakuan satuan kredit semester hingga 20 sks.
 

Pendidikan Indonesia Pulih Lebih Cepat dan Bangkit Lebih Kuat Dengan Dukungan Teknologi  ( 12 Agustus 2022, Dilihat 118 kali . )
Proses pembelajaran di era pandemi memaksa tenaga pendidik, peserta didik, dan orang tua untuk beralih menggunakan teknologi. Saat ini, dalam pemulihan pembelajaran pascapandemi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah menggunakan teknologi sebagai upaya memulihkan pendidikan lebih cepat dan bangkit lebih kuat, bahkan diharapkan dapat membuat lompatan kemajuan.
 

Dunia Internasional Dukung Pengembangan Talenta Digital pada Ajang IOI  ( 12 Agustus 2022, Dilihat 259 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemendikbudristek RI) terus mengembangkan berbagai bentuk kompetisi sebagai bagian dari manajemen talenta, penguatan karakter, inspirasi prestasi dan keunggulan SDM muda guna meningkatkan mutu pendidikan melalui Merdeka Belajar. Komitmen Kemendikbudristek ini salah satunya diwujudkan melalui keterlibatan Indonesia dalam International Olympiad in Informatic (IOI) di mana penyelenggaraannya tahun ini terasa lebih istimewa karena sebagai tuan rumah, Indonesia  mendapat apresiasi dan dukungan dari berbagai pihak.
 

Mendikbudristek Dorong Generasi Muda Kuasai Kompetensi Nonteknis Majukan Peradaban Dunia  ( 12 Agustus 2022, Dilihat 58 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, menyadari pentingnya generasi muda menguasai kemampuan nonteknis (soft skills). Hal tersebut ia kemukakan dalam pidatonya ketika membuka International Olympiad in Informatics (IOI), di Institut Seni Indonesia, DI. Yogyakarta, Selasa (9/8).
 

Moge Kayu Tenaga Listrik Karya SMK Tampil di Hakteknas, Ditjen Diksi Dorong Pengembangan Teknologi  ( 11 Agustus 2022, Dilihat 77 kali . )
Menyiapkan tenaga kerja yang kompetitif dan mendorong kemajuan teknologi untuk pendidikan merupakan salah satu fokus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi (Dirjen Diksi), Kiki Yuliati menyatakan bahwa produk-produk inovasi hasil pemanfaatan teknologi oleh warga pendidikan vokasi sebetulnya merupakan transformasi sistematis.
 

Ragam Kendaraan Listrik Hemat Energi Karya Inovasi Perguruan Tinggi Ramaikan Hakteknas 2022  ( 11 Agustus 2022, Dilihat 97 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus mendukung inovasi-inovasi perguruan tinggi untuk memajukan pendidikan Indonesia. Dalam peringatan Hari Kebangkitan Teknologi Nasional (Hakteknas) di Jakarta, Rabu (10/8), Pelaksana Tugas (Plt.) Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) Kemendikbudristek, Nizam, mengatakan bahwa kesadaran manfaat teknologi semakin terasa semenjak pandemi.
 

Mendikbudristek Ingin Ekosistem Teknologi Kemendikbudristek Terus Dorong Inovasi  ( 11 Agustus 2022, Dilihat 81 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mendengarkan langsung ungkapan puas dan gembira dari guru, kepala sekolah, dosen, dan siswa terkait berbagai platform teknologi yang telah diluncurkan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Ia mengatakan pemerintah akan terus mendorong dan memastikan Ekosistem Teknologi Pendidikan yang diluncurkan dapat terus digunakan dan mendorong lahirnya inovasi baik dalam pembelajaran maupun administrasi pendidikan.
 

Mendekatkan Masyarakat dengan Warisan Budaya Melalui SangiRUN Night Trail 2022  ( 11 Agustus 2022, Dilihat 93 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan,  bekerja sama dengan dengan Pemerintah Kabupaten Sragen dan Kabupaten Karanganyar akan kembali menggelar kegiatan “SangiRUN Night Trail”. SangiRUN Night Trail 2022 akan berlangsung pada 16 s.d. 18 September 2022 di Desa Sangiran, Kabupaten Sragen, Jawa Tengah. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana untuk mendekatkan masyarakat dengan warisan budaya dan mengangkat kehidupan desa-desa di sekitar Situs Manusia Purba Sangiran yang juga memiliki potensi seni, budaya, dan kriya.
 

Peserta dari Indonesia Bangga IOI Ke-34 Diselenggarakan di Tanah Air  ( 11 Agustus 2022, Dilihat 59 kali . )
Ajang Kompetisi Internasional bergengsi International Olympiad in Informatics (IOI) ke-34 menjadi kebanggaan bagi para peserta asal Indonesia. Setelah dua tahun diselenggarakan secara daring, tahun ini Indonesia selaku tuan rumah menyelenggarakan IOI ke-34 secara hibrida (daring dan luring).