Bermalam di Hutan, Mendikbudristek Belajar dari Orang Rimba  ( 22 September 2021, Dilihat 47 kali . )
“Nama saya Nadiem,” sebut Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, memperkenalkan dirinya saat bertemu masyarakat di Pusat Kegiatan Belajar Mengajar (PKBM) Bunga Kembang, Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi.
 

Pastikan Kampus Merdeka Berjalan, Mendikbudristek Gali Aspirasi Pendidikan Tinggi di Jambi  ( 22 September 2021, Dilihat 60 kali . )
Salah satu tujuan kunjungan kerja Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, di Provinsi Jambi adalah untuk memastikan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) berjalan lancar. Pada kunjungan hari pertamanya, Mendikbudristek mengunjungi Universitas Jambi (Unja) untuk mendengar aspirasi sekaligus berdiskusi dengan pemangku kepentingan pendidikan tinggi se-Provinsi Jambi, baik negeri maupun swasta.
 

Pelatihan Instalasi Perangkat Nirkabel dan Gelombang Mikro untuk Guru Kejuruan SMK  ( 21 September 2021, Dilihat 58 kali . )
Guna mewujudkan upaya peningkatan produktivitas dan daya saing melalui pendidikan vokasi berbasis kerja sama industri, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Vokasi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengoptimalisasikan keterlibatan dunia usaha dan dunia industri dalam penyelenggaraan pendidikan vokasi sebagai kunci terwujudnya ketautsuaian (link and match). Salah satunya adalah dengan menyelenggarakan Pelatihan Instalasi Perangkat Nirkabel (Wireless) dan Gelombang Mikro (Microwave) untuk Guru Kejuruan SMK yang bekerja sama dengan Kantor Staf Presiden (KSP) dan Huawei Indonesia.
 

Harapan Baru Industri Kreatif, Kemendikbudristek Resmikan Multimedia Nusantara Politeknik  ( 21 September 2021, Dilihat 208 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) berkomitmen untuk mengembangkan bidang industri kreatif. Hal ini diwujudkan dengan peresmian Multimedia Nusantara Polytechnic (MNP). Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbduristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan, inisiatif Yayasan Multimedia Nusantara untuk mengembangkan MNP merupakan harapan baru dalam peningkatan mutu pembelajaran vokasi, khususnya di bidang industri kreatif.
 

Mendikbudristek Apresiasi Suksesnya Pelaksanaan AN di SMKN 1 Kota Jambi  ( 21 September 2021, Dilihat 138 kali . )
Setelah meninjau proses vaksinasi peserta didik dan tenaga kependidikan di Korem 042 Garuda Putih Kota Jambi, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim melanjutkan kunjungan kerjanya ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 1 Kota Jambi guna memastikan pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) berjalan lancar. Pada kesempatan ini, Menteri Nadiem mengapreasiasi SMKN 1 Kota Jambi yang telah melaksanakan AN dengan baik dan lancar tanpa ada kendala teknis, baik itu jaringan maupun perangkat yang digunakan.
 

Mendikbudristek Pantau Percepatan Penuntasan Vaksinasi PTK di Provinsi Jambi  ( 21 September 2021, Dilihat 134 kali . )
Penuntasan vaksinasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) menjadi fokus Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dalam upaya menghadirkan sekolah aman dan nyaman di tengah pandemi Covid-19. Vaksinasi bagi PTK ini didorong agar pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas dapat segera dilakukan di daerah yang belum melaksanakan.
 

Portal Praktik Baik Liga Kampanye Kuatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila  ( 21 September 2021, Dilihat 213 kali . )
Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan sebuah aplikasi bernama Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter, secara virtual, siang tadi, Sabtu (18/9), sebagai upaya mendorong terwujudnya Profil Pelajar Pancasila.
 

Governing Board Meeting Ke-12 dan Pertemuan Konsultatif SEAQIS  ( 21 September 2021, Dilihat 237 kali . )
SEAMEO Regional Centre for QITEP in Science (SEAQIS) telah menyelenggarakan Governing Board Meeting (GBM) atau Rapat Wali Amanah ke-12 pada tanggal 15 September 2021. Kegiatan tersebut diikuti dengan pertemuan konsultatif pada tanggal 15 dan 16 September 2021.
 

Kompetisi Olahraga Siswa Nasional 2021 Resmi Dibuka  ( 21 September 2021, Dilihat 126 kali . )
Untuk mendorong siswa untuk terus berprestasi dalam olahraga dan mewujudkan nilai-nila Pelajar Pancasila, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Kompetisi Olahraga Siswa Nasional (KOSN), dengan tema “Melejitkan Talenta Prestasi Olahraga Peserta Didik untuk Indonesia Pulih”. Kompetisi tersebut dilaksanakan secara daring, mulai tanggal 20 s.d. 26 September 2021.
 

Kemendikbudristek Apresiasi Sektor Swasta Tingkatkan Akses Pendidikan Nasional  ( 21 September 2021, Dilihat 155 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Ditjen PAUDDikdasmen) menandatangani perjanjian kerja sama (PKS) dengan Danone Indonesia melalui PT. Sarihusada Generasi Mahardhika. Penandatangan kerja sama ini dalam rangka mendukung akses pendidikan bagi anak Indonesia terutama bagi mereka yang berada di wilayah terdepan, tertinggal, dan terluar (3T).
 

Kemendikbudristek Terima Bantuan Oksigen Concentrator untuk Rumah Sakit Pendidikan Negeri dan Swasta  ( 21 September 2021, Dilihat 127 kali . )
Biro Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat (BKHM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerima bantuan Oksigen Concentrator dari Tanoto Foundation, pada Senin (20/9). Guna mempercepat penanganan pandemi Covid-19, Tanoto Foundation menghibahkan bantuan 20 (dua puluh) unit oksigen concetrator kepada Kemendikbudristek, untuk disalurkan kepada beberapa rumah sakit pendidikan negeri dan swasta.
 

Kolaborasi Indonesia dan Negara di Kawasan Asia-Pasifik, Tingkatkan Kualitas Pendidikan  ( 19 September 2021, Dilihat 375 kali . )
Lima puluh orang guru dan kepala sekolah dari penjuru Indonesia telah menyelesaikan pelatihan ALCoB ICT Volunteer (AIV) 2021, dan ditutup secara resmi pada Jumat (17/09). Acara tersebut diselenggarakan secara virtual atas kerja sama Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek sebagai koordinator Asia-Pacific Economic Cooperation (APEC) Human Resources Development Working Group (HRDWG) Indonesia, dengan Kementerian Pendidikan Korea Selatan, Filipina, Malaysia, Thailand, dan Institute of APEC Collaborative Education.
 

Kemendikbudristek Luncurkan Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter  ( 18 September 2021, Dilihat 230 kali . )
Pusat Penguatan Karakter (Puspeka), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meluncurkan secara resmi Portal Praktik Baik Liga Kampanye Penguatan Karakter. Portal ini dikembangkan untuk mendukung tugas Puspeka dalam mengembangkan dan mengkampanyekan konten-konten penguatan karakter.
 

Mahasiswa Universitas Keio Belajar Tari Jaipong dan Degung di KBRI Tokyo  ( 18 September 2021, Dilihat 205 kali . )
Sebanyak 26 mahasiswa pemelajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) dan 2 pengajar mata kuliah bahasa Indonesia asal Keio University (KU) menyambangi Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo pada Rabu (26/9). Kunjungan dikemas dalam promosi budaya dan pariwisata bertajuk “Indonesia Day: Pesona Seni Budaya Jawa Barat” di ruang promosi Japan-Indonesia Partnership Lounge (Jaipong) KBRI Tokyo.
 

Gebyar Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2021 Resmi Dibuka  ( 18 September 2021, Dilihat 736 kali . )
Jakarta, 17 September 2021 -- Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) secara resmi membuka pagelaran Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) tahun 2021, pada Jumat (17/9).  Pagelaran yang akan dilaksanakan pada 17 hingga 19 September 2021 ini, akan digelar di Universitas Andalas sebagai tuan rumah LIDM 2021.
 

1.679 Mahasiswa Ikuti Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen, dan Keuangan 2021  ( 18 September 2021, Dilihat 252 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional telah sukses menyelenggarakan Kompetisi Mahasiswa Nasional Bidang Ilmu Bisnis, Manajemen dan Keuangan (KBMK) tahun 2021 pada 13-15 September 2021 secara daring. Kali ini, sebanyak 1.679 mahasiswa dari seluruh Indonesia turut serta dalam ajang yang digelar pada 13-15 September 2021 secara daring oleh Universitas Indonesia (UI) sebagai tuan rumah KBMK 2021.
 

Mendikbudristek Mendengar dan Mengajak BEM Berkolaborasi Sukseskan Merdeka Belajar  ( 18 September 2021, Dilihat 523 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim bertemu langsung dengan perwakilan berbagai pengurus Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), di kantor Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi, Senayan, Jakarta, Jumat (17/9). Nadiem mendengarkan masukan, saran, dan laporan mahasiswa, serta mengajak semua organisasi mahasiswa bekerja bersama untuk mewujudkan perubahan di dunia pendidikan.
 

RBI Tokyo Promosikan Variasi Menu Tempe Bagi Warga Jepang  ( 18 September 2021, Dilihat 150 kali . )
Untuk memperkenalkan makanan khas Indonesia, Rumah Budaya Indonesia (RBI) di Tokyo menyelenggarakan lokakarya tentang Tempe. Dalam lokakarya terdapat pokok pembahasan mencakup sejarah, cara pembuatan, dan variasi masakan tempe. Istri Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang, Nuning Wahyuniati berharap, ke depan semakin banyak orang yang mempopulerkan tempe di Negeri Sakura itu.
 

Sambut Tahun Akademik Baru, Université Savoie Mont Blanc, Chambéry – Prancis Gelar Pekan Indonesia  ( 18 September 2021, Dilihat 221 kali . )
Tahun akademik baru telah dimulai kembali di Prancis. Mulai semester ini, pembelajaran tatap muka telah dimulai dan ditargetkan 100% kembali dilaksanakan secara normal. Setelah kurang lebih satu semester sebelumnya, pembelajaran dilaksanakan secara hibrida, daring, dan juga banyak kampus yang menyelenggarakan secara luring penuh, tentu model pembelajaran tersebut diadaptasikan dengan situasi penyebaran pandemi Covid-19.
 

Komitmen Kemendikbudristek Jalankan Kampanye Gerakan Penanaman Pohon Langka  ( 18 September 2021, Dilihat 159 kali . )
Komitmen dalam menjaga keanekaragaman hayati dan keseimbangan ekosistem, menjadi hal yang penting bagi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Melalui The Southeast Asian Regional Centre for Tropical Biology (SEAMEO Biotrop), Kemendikbudristek berkolaborasi dengan IPB University menyelenggarakan Kampanye Gerakan Penanaman Pohon Langka, yang dihadiri oleh lebih dari 60 peserta dan berbagai pemangku kepentingan lainnya.
 

Kemendikbudristek Terus Dorong Kolaborasi Satuan Pendidikan Vokasi dengan DUDI  ( 17 September 2021, Dilihat 336 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) berkomitmen untuk terus mendorong satuan pendidikan vokasi meningkatkan kolaborasi dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) guna memperkuat produktivitas sumber daya manusia (SDM) Indonesia. Sebagai salah satu pemantik, Ditjen Diksi menyelenggarakan Gebyar Vokasi, pada Kamis (16/9). Turut hadir dalam kesempatan ini, perwakilan Kamar Dagang dan Industri Indonesia, PT Kawan Lama, dan para pemangku kepentingan lain dari DUDI.
 

Animo Tinggi, Program Guru Penggerak Targetkan 405 Ribu Guru hingga 2024  ( 17 September 2021, Dilihat 617 kali . )
Sejak diluncurkan pada Juli 2020 sebagai Merdeka Belajar Episode 5, Program Guru Penggerak diminati banyak guru. Saat ini Program Guru Penggerak sudah memiliki tiga angkatan dengan jumlah 2.800 guru per angkatan. Angkatan pertama telah lulus seusai menjalani pendidikan selama sembilan bulan dalam Program Guru Penggerak. Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Ditjen Guru dan Tenaga Kependidikan, Praptono, mengatakan bahwa meskipun dilakukan seleksi yang ketat, antusias para guru tetap tinggi untuk mendaftar sebagai Guru Penggerak.
 

Strategi Mengoptimalisasikan Sektor Sumber Daya Keanekaragaman Hayati (Kehati) Indonesia  ( 17 September 2021, Dilihat 1091 kali . )
Indonesia merupakan negara yang memiliki kenakeragaman hayati (kehati) terbesar ketiga di dunia. Di antaranya meliputi jumlah maupun frekuensi yang cukup besar mulai dari ekosistem, spesies, maupun gen di suatu tempat. Guru Besar Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan-IPB University, Rokhmin Dahuri mengatakan Indonesia sebagai negara dengan marine biodiversity terbesar di dunia dan terrestrial biodiversity terbesar ketiga di dunia.  Ia pun berbagi strategi mengoptimalkan kinerja sektor sumber daya kehati di Indonesia agar menjadi leading sectors dan prime mover perekonomian nasional yang mampu mengatasi permasalahan bangsa kekinian.
 

Itjen Kemdikbudristek Beri Penghargaan Wiyata Dharma Aksata untuk Unit Utama Terbaik  ( 17 September 2021, Dilihat 931 kali . )
Inspektorat Jenderal (Itjen) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), memberikan penghargaan Wiyata Dharma Aksata bagi unit-unit utama Kemendikbudristek dengan kinerja terbaik pada Senin, (13/09). Pemberian penghargaan dilakukan selepas Itjen menjadi tuan rumah pelaksanaan apel pagi secara virtual di lingkungan Unit Utama Kemendikbudristek.