Tahun 2021 Pelaksanaan DAK Fisik Diserahkan Penuh pada Kementerian PUPR  ( 08 Desember 2019, Dilihat 108 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (Biro PKLN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Usulan Rencana Kegiatan (URK) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2020.
 

Gedung Baru Sekolah Indonesia Jeddah Diresmikan  ( 06 Desember 2019, Dilihat 525 kali . )
Gedung baru Sekolah Indonesia Jeddah (SIJ) telah ditempati sejak Mei 2019, namun peresmiannya baru berlangsung pada Kamis, 5 Desember 2019. Gedung SIJ yang baru ini diresmikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK), Muhadjir Effendy. Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Arab Saudi, Achmad Ubaedillah mengatakan, kunjungan Menko PMK untuk meresmikan gedung baru SIJ merupakan kunjungan yang istimewa bagi keluarga besar SIJ.
 

Kenang B.J. Habibie, Kemendikbud Selenggarakan Gelar Wicara Cinta Tanpa Batas B.J. Habibie  ( 06 Desember 2019, Dilihat 203 kali . )
Sebagai individu maupun sebagai tokoh publik, Bacharudin Jusuf (B.J.) Habibie banyak sekali memberikan sumbangan bagi kemajuan peradaban bangsa Indonesia. B.J. Habibie tidak pernah berhenti berpikir dan berbuat untuk menghasilkan karya bagi kemajuan bangsa. Tidak hanya meletakkan dasar tradisi keilmuan dan pengembangan teknologi yang kokoh, B.J. Habibie juga mengajarkan banyak tentang adab berpolitik, tata cara pemerintahan yang efektif, beragama dengan produktif, berkeluarga yang harmonis, dan banyak hal lainnya.
 

Kemendikbud Gelar Rakor Penyusunan Usulan Rencana Kegiatan DAK Fisik Tahun 2020  ( 05 Desember 2019, Dilihat 120 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Biro Perencanaan dan Kerja Sama Luar Negeri (Biro PKLN) menyelenggarakan Rapat Koordinasi (Rakor) Penyusunan Usulan Rencana Kegiatan (URK) Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik Bidang Pendidikan Tahun Anggaran 2020. Rakor tersebut merupakan forum pertemuan antara pusat dan daerah untuk mempersiapkan, menyusun, dan menyetujui URK DAK Fisik Tahun Anggaran 2020 yang dilakukan secara bertahap dalam empat gelombang.
 

Kemendikbud Gelar Pameran Produk Kreatif Karya Siswa SMK   ( 05 Desember 2019, Dilihat 309 kali . )
Dalam rangka memberikan wadah untuk saling berbagi inspirasi dan wawasan antar siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyempurnakan produk pembelajaran, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan Pameran dan Seminar Teaching Factory untuk Penguatan Karakter Kerja dan Kewirausahaan Siswa SMK di Era Revolusi Industri 4.0.
 

Pustekkom Kemendikbud Raih Anugerah ASN 2019 Sebagai Institusi Paling Kolaboratif  ( 05 Desember 2019, Dilihat 163 kali . )
Ajang penghargaan Anugerah Aparatur Sipil Negara (ASN) kembali digelar Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) untuk kedua kalinya. Pusat Teknologi dan Komunikasi (Pustekkom) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dalam ajang ini berhasil meraih Anugerah ASN 2019 sebagai The Most Collaborative Institution atau Institusi Paling Kolaboratif.
 

Mendikbud Bicara SDM Unggul Pada Pelantikan Rektor UI Periode 2019-2024  ( 05 Desember 2019, Dilihat 121 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makariem turut menghadiri pelantikan Rektor Universitas Indonesia (UI) Periode 2019-2024, Prof. Ari Kuncoro, SE., MA., Ph.D. Dalam pidatonya, Mendikbud menyampaikan apresiasi kepada Rektor periode 2014-2019, Prof. Muhamad Anis, yang telah membawa dampak besar terhadap pendidikan di Indonesia khususnya di kampus UI.
 

Hasil PISA Indonesia 2018: Akses Makin Meluas, Saatnya Tingkatkan Kualitas  ( 04 Desember 2019, Dilihat 192 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang dirilis serentak pada hari Selasa, 3 Desember 2019, merupakan perspektif yang bagus bagi pemajuan kualitas pendidikan di Indonesia. Melalui perspektif yang berbeda, Indonesia diajak untuk melihat bagaimana orang lain, negara lain melihat sistem pendidikan di Indonesia, sekaligus memberi masukan obyektif tentang perbaikan yang perlu dilakukan ke depan.
 

Temu Bloger, Kemendikbud Bahas Pendidikan Karakter dan Digitalisasi Sekolah  ( 04 Desember 2019, Dilihat 848 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menggelar kegiatan Temu Bloger Pendidikan dan Kebudayaan 2019 di Perpustakaan Kemendikbud, Jakarta, Selasa (3/12/2019). Dua tema utama yang dibahas dalam Temu Bloger ini adalah tentang pendidikan karakter dan digitalisasi sekolah.
 

Pentas Budaya Indonesia Digelar di Kompleks Diplomatik Arab Saudi  ( 04 Desember 2019, Dilihat 744 kali . )
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Riyadh, Arab Saudi, menggelar kegiatan Pentas Budaya dengan tema "Indonesia Culture Weekend". Acara yang diselenggarakan untuk pertama kalinya ini digelar di Istana Budaya, Kompleks Diplomatik, Riyadh, pada 22 s.d. 23 November 2019. Ada dua Sekolah Indonesia Luar Negeri (SILN) yang berpartisipasi dalam Pentas Budaya ini, yaitu Sekolah Indonesia Makkah (SIM) dan Sekolah Indonesia Riyadh (SIR).
 

Tanggapi Hasil PISA 2018, Mendikbud: Ini Jadi Masukan Berharga  ( 03 Desember 2019, Dilihat 1864 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengikuti dan mempelajari dengan saksama hasil studi Programme for International Student Assessment (PISA) 2018 yang dirilis pada hari Selasa, 3 Desember 2019. Menanggapi hasil studi tersebut, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim menyampaikan bahwa penilaian yang dilakukan PISA merupakan masukan berharga untuk mengevaluasi dan membenahi sistem pendidikan di Indonesia.
 

Kemendikbud Perkuat Peran Pendidikan Masyarakat Lahirkan Wirausahawan Muda  ( 03 Desember 2019, Dilihat 59 kali . )
Yogyakarta, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus melakukan penguatan peran pendidikan masyarakat untuk melahirkan bibit-bibit wirausahawan muda yang berkualitas, terutama bagi pemuda putus sekolah dan berasal dari keluarga tidak mampu agar dapat meningkatkan kompetensi, khususnya dalam penguasaan teknologi.
 

Kemendikbud dan PGRI Bersinergi sebagai Penggerak Kemajuan Pendidikan Indonesia  ( 03 Desember 2019, Dilihat 1017 kali . )
Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2019 yang bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) mengusung tema “Guru Penggerak Indonesia Maju”. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, dalam menjawab tantangan reformasi pendidikan di tengah keberagamanan budaya hingga birokrasi di Indonesia, harus ada keselarasan dalam satu gerakan yang didukung dari atas dan bergerak dari bawah.
 

Pentingnya Kerja Sama Semua Elemen Pendidikan  ( 02 Desember 2019, Dilihat 1025 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, pendidikan di Indonesia akan maju lebih cepat jika seluruh pemangku kepentingan di dalamnya mempunyai rasa saling memiliki dan peduli terhadap kemajuan pendidikan.
 

Guru dan Kepala Sekolah Harus Inovatif sebagai Penggerak  ( 02 Desember 2019, Dilihat 1256 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim mengatakan, dalam menjawab tantangan di masa depan, SDM pendidikan perlu dibekali dengan beberapa kompetensi, yaitu kreativitas, kolaborasi, komunikasi, pemikiran kritis, kemampuan berlogika, dan kepedulian terhadap sesama. Menurutnya, prinsip kepemimpinan 2.0 adalah bagaimana pemimpin bisa menciptakan suatu lingkungan yang aman bagi bawahannya dalam mencetuskan gagasan, mengkritik atasan, dan mencoba suatu hal yang baru dengan kemungkinan gagal.
 

Hari Guru Nasional 2019, Mendikbud: Guru Penggerak Indonesia Maju, Wujudkan SDM yang Unggul  ( 02 Desember 2019, Dilihat 266 kali . )
Di momen Puncak Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019 yang juga bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia (HUT PGRI) ke-74, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, berharap dapat menjadi semangat bagi para guru sebagai penggerak Indonesia maju untuk mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing, sesuai dengan tema HGN 2019, yakni “Guru Penggerak Indonesia Maju”.
 

Casio Thailand Apresiasi Kemampuan dan Prestasi Siswa SMK Indonesia  ( 02 Desember 2019, Dilihat 186 kali . )
General Manager (GM) Casio Computer Co., Ltd.,Thailand, Puchong Sangpear, mengapresiasi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) asal Indonesia atas kemampuan dan prestasi mereka selama mengikuti program magang di pabrik Casio Thailand. Menurutnya, selama program berlangsung, para siswa SMK tersebut menunjukkan prestasi yang sangat memuaskan dalam kecepatan pemahaman terhadap materi yang diberikan, baik teori maupun praktik.
 

Mendikbud Ajak Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah Jadi Sosok Pemimpin yang Melayani   ( 02 Desember 2019, Dilihat 741 kali . )
Kepala dan pengawas sekolah memiliki peran penting dalam peningkatan kualitas pendidikan di sekolah dengan tujuan utama mengembangkan potensi peserta didik yang berkarakter. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim, mengajak kepala sekolah dan pengawas sekolah dapat menerapkan paradigma kepemimpinan yang melayani.
 

Lebih dari 41 Ribu Pelamar CPNS Kemendikbud Perebutkan 2.196 Formasi  ( 29 November 2019, Dilihat 2674 kali . )
Hingga Jumat, 29 November 2019, tercatat 41.219 pelamar telah mendaftarkan diri untuk seleksi calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Jumlah pelamar tersebut akan memperebutkan formasi CPNS Kemendikbud sebesar 1.396 formasi yang tersebar wilayah kerja Kemendikbud di seluruh Indonesia.
 

Karya 8 Anak Pemenang Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki 2019 akan Dipamerkan di Jepang  ( 29 November 2019, Dilihat 338 kali . )
Komite Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) Kemendikbud dan Galeri Nasional Indonesia selaku panitia nasional bekerja sama dengan Komite Hubungan Masyarakat Mitsubishi, Federasi dan Asosiasi UNESCO Klub Asia Pasifik, serta Federasi Nasional Asosiasi UNESCO di Jepang, menyelenggarakan Sayembara Buku Harian Bergambar Enikki.
 

Kemendikbud Raih Dua Penghargaan Top Digital Award 2019 dari Majalah IT Works  ( 29 November 2019, Dilihat 1419 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), berhasil meraih dua penghargaan yang diberikan oleh Majalah IT Works. Penghargaan tersebut adalah TOP Digital Implementation 2019 on Ministry dan TOP Digital Transformation 2019. Penghargaan diterima oleh Kepala Pusat Teknologi Informasi dan Komunikasi (Pustekkom), Gogot Suharwoto di Hotel Sultan, Jakarta, Rabu, (27/11/19).