Dua Kabupaten di Bengkulu Sudah Terapkan Kurikulum Prototipe  ( 20 Januari 2022, Dilihat 60 kali . )
Pelaksana Tugas Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek, Supriyatno, mengatakan, Kemendikbudristek berupaya melakukan penyederhanaan kurikulum sebagai salah satu ikhtiar untuk mengejar ketertinggalan pembelajaran (learning loss) dari peserta didik. Kurikulum Prototipe merupakan kurikulum yang dirancang untuk pemulihan pembelajaran dan mulai diterapkan pada tahun 2021 di satuan pendidikan yang merupakan Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan. “Kurikulum Prototipe telah diterapkan pada 2.500 satuan pendidikan dalam program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan pada tahun 2021, serta disilakan satuan pendidikan dapat memilih secara mandiri untuk melaksanakan Kurikulum Prototipe pada tahun 2022, sehingga tidak ada seleksi atau keharusan,” kata Supriyatno dalam kegiatan Sosialisasi Kurikulum di Kantor Lembaga Penjaminan Mutu Pendidikan (LPMP) Bengkulu, Senin (17/1/2022).
 

Kemendikbudristek Jadi Kementerian Paling Responsif pada Platform Change.org  ( 20 Januari 2022, Dilihat 50 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Kementerian Kesehatan mendapatkan penghargaan sebagai kementerian paling responsif menanggapi petisi yang ada pada platform Change.org. Pada tahun 2021, Kemendikbudristek berhasil menanggapi empat petisi dari 10 petisi yang disampaikan pada platform Change.org.
 

Selamat! 3.004 Peserta Lulus Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2  ( 19 Januari 2022, Dilihat 178 kali . )
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Pendidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) telah rampung melaksanakan program Pendidikan Guru Penggerak (PGP) Angkatan 2 pada 18 Desember 2021 lalu. Sebanyak 3.004 orang dinyatakan lulus sebagai Guru Penggerak Angkatan 2. Sebagai wujud apresiasi, penguatan, motivasi dan tindak lanjut bagi para pemangku kepentingan yang terlibat, Kemendikbudristek menggelar secara resmi penutupan Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 2 pada hari ini, Rabu (19/1) yang ditayangkan secara langsung melalui kanal YouTube Dirjen GTK.
 

UPN "Veteran" Yogyakarta dan Universitas di Belarus Sepakat Dirikan Pusat Bahasa dan Budaya  ( 19 Januari 2022, Dilihat 83 kali . )
Peningkatan kualitas pendidikan dan perluasan kerja sama internasional lewat pertukaran budaya dan bahasa terus diupayakan Pemerintah Indonesia, salah satunya melalui kolaborasi Universitas Pembangunan Nasional (UPN) “Veteran” Yogyakarta dengan Minsk State Linguistic University (MSLU) di Minsk, Belarus. Kesepakatan dua universitas diresmikan melalui penandatanganan perjanjian kerja sama (cooperation agreement) oleh kedua rektor dalam upacara virtual, Jumat (14/1).
 

Sekolah Penggerak Terapkan Pembelajaran Berbasis Proyek dari Kurikulum Prototipe  ( 19 Januari 2022, Dilihat 241 kali . )
Kurikulum Prototipe sudah diterapkan pada 2.500 satuan pendidikan yang tergabung dalam program Sekolah Penggerak dan SMK Pusat Keunggulan pada tahun 2021. Pelaksana Tugas Kepala Pusat Perbukuan Kemendikbudristek, Supriyatno, mengatakan salah satu karakteristik Kurikulum Prototipe adalah menerapkan pembelajaran berbasis proyek (project based learning) untuk mendukung pengembangan karakter sesuai dengan Profil Pelajar Pancasila. Dalam implementasi Kurikulum Prototipe, sekolah diberikan keleluasaan dan kemerdekaan untuk memberikan proyek-proyek pembelajaran yang relevan dan dekat dengan lingkungan sekolah.
 

Kurikulum Prototipe Utamakan Pembelajaran Berbasis Proyek  ( 18 Januari 2022, Dilihat 680 kali . )
Mulai tahun 2022 hingga 2024, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan tiga opsi kurikulum yang dapat diterapkan satuan pendidikan dalam pembelajaran, yaitu kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum prototipe. Kurikulum darurat merupakan penyederhanaan dari kurikulum 2013 yang mulai diterapkan pada tahun 2020 saat pandemi Covid-19. Kurikulum prototipe merupakan kurikulum berbasis kompetensi untuk mendukung pemulihan pembelajaran dengan menerapkan pembelajaran berbasis proyek (Project Based Learning).
 

Kunjungi Tiga Lokasi, Ini Hasil Kunjungan Kerja Mendikbudristek ke Bandung  ( 17 Januari 2022, Dilihat 220 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim hadir mendampingi Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo dalam acara peringatan Dies Natalis Universitas Katolik Parahyangan (Unpar) Bandung, Senin (17/01). Pada kesempatan tersebut, Menteri Nadiem menyampaikan bahwa Presiden mendukung program Kampus Merdeka dan semua perubahan-perubahan yang dilakukan Kemendikbudristek.
 

Mendikbudristek Tinjau Implementasi Kampus Merdeka di Unpad  ( 17 Januari 2022, Dilihat 170 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim meninjau implementasi Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Universitas Padjajaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat, Senin (17/01). Dalam kesempatan tersebut Menteri Nadiem berdialog dengan 60 mahasiswa peserta program MBKM Unpad dan pimpinan perguruan tinggi di Bandung.
 

Kunker ke Bandung, Mendikbudristek Jaring Masukan Terkait Kampus Merdeka  ( 17 Januari 2022, Dilihat 102 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim, berdialog dengan sivitas akademika Universitas Padjajaran (Unpad) terkait Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), Senin (17/01).  Dalam kesempatan tersebut, Menteri Nadiem mendengarkan berbagai pengalaman yang dirasakan oleh mahasiswa maupun dosen Unpad selama menjalankan MBKM.
 

Praktik Baik Penerapan Profil Pelajar Pancasila di YPSIM Medan  ( 17 Januari 2022, Dilihat 353 kali . )
Kepala Badan Standar Kurikulum, Asesmen, dan Perbukuan (BSKAP), Kementerian Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek), Anindito Aditomo mengunjungi Yayasan Perguruan Sultan Iskandar Muda (YPSIM) di Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan, Jumat (14/1). Yayasan ini adalah salah satu lembaga pendidikan yang telah menerapkan nilai-nilai yang terkandung dalam Profil Pelajar Pancasila dengan baik sejak lama. Kerja sama lintas budaya dan agama yang dikelola yayasan ini selama bertahun-tahun baik dalam skala lokal, nasional, maupun internasional menjadi bukti eksistensi sekolah tersebut.
 

Sekolah Kota Bandung Sambut Baik Kurikulum Prototipe  ( 17 Januari 2022, Dilihat 206 kali . )
Saat berkunjung ke salah satu Sekolah Penggerak di Kota Bandung, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengatakan kurikulum prototipe merupakan upaya pemerintah dalam menciptakan perubahan dalam pengembangan karakter dan pola pikir siswa. Melalui kurikulum prototipe, kata Menteri Nadiem mendorong pembelajaran yang sesuai dengan kemampuan siswa, serta memberi ruang lebih luas pada pengembangan karakter dan kompetensi dasar.
 

Di Unpar, Presiden Dukung Merdeka Belajar Kampus Merdeka Kemendikbudristek  ( 17 Januari 2022, Dilihat 163 kali . )
"Berikan mahasiswa kesempatan untuk belajar kepada siapa saja, di mana saja. Belajar di luar kampus itu akan sangat bagus sekali sesuai yang sering disampaikan Mendikbudristek mengenai Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar," ujar Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.
 

Kunjungi SMPN 2 Kota Bandung, Mendikbudristek Tinjau Pelaksanaan PTM Terbatas  ( 17 Januari 2022, Dilihat 135 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, hari ini memulai kunjungan kerjanya di Kota Bandung. Setelah mendampingi Presiden menghadiri Dies Natalis Universitas Parahyangan ke-67, Mendikbudristek beranjak untuk meninjau langsung pelaksanaan pembelajaran tatap muka (PTM) terbatas di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Kota Bandung.
 

Kurikulum Prototipe Raih Dukungan dari Pemangku Kebijakan di Sumatera Utara  ( 15 Januari 2022, Dilihat 263 kali . )
Opsi penggunaan Kurikulum Prototipe yang berfokus pada penguatan karakter dan kompetensi dasar terus meraih dukungan. Para pemangku kepentingan di Provinsi Sumatera Utara (Sumut) menyambut baik opsi penerapan Kurikulum Prototipe yang akan diberikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) sebagai upaya pemulihan pendidikan akibat pandemi. Kurikulum Prototipe diyakini mampu membantu sekolah mengatasi dampak kehilangan pembelajaran (learning loss) akibat tidak optimalnya pembelajaran selama dua tahun terakhir.
 

Model Pembelajaran Teaching Factory di SMK Meningkat Sebesar Tujuh Persen  ( 15 Januari 2022, Dilihat 205 kali . )
Pada tahun 2021, jumlah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang melaksanakan model pembelajaran teaching factory mengalami peningkatan sebesar tujuh persen menjadi 52 persen dibanding pada tahun 2020. Data tersebut berdasarkan hasil survei penguatan pendidikan vokasi yang dilakukan oleh lembaga survei Indikator Politik Indonesia pada akhir tahun 2021. Pembelajaran teaching factory adalah model pembelajaran di SMK berbasis produksi/jasa yang mengacu pada standar dan prosedur yang berlaku di industri dan dilaksanakan dalam suasana seperti yang terjadi di industri.
 

KNIU dorong Jurnalis Indonesia Ikuti Guillermo Cano Press Freedom Prize 2022  ( 15 Januari 2022, Dilihat 152 kali . )
Ketua Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Itje Chodidjah,  mengungkapkan banyak talenta jurnalistik Indonesia yang berpotensi besar mengikuti ragam kegiatan penghargaan internasional. Hal ini disampaikan dalam Koordinasi Sosialisasi Guillermo Cano World Press Freedom Prize 2022 secara virtual, Jumat (14/1).
 

Provinsi Banten Siap Implementasikan Kurikulum Prototipe  ( 15 Januari 2022, Dilihat 246 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) saat ini tengah menyosialisasikan kurikulum prototipe yang merupakan upaya pemulihan pembelajaran di masa pandemi Covid-19. Hadirnya kurikulum ini dilatarbelakangi oleh hasil evaluasi terhadap kurikulum darurat yang digunakan selama pandemi menunjukkan berkurangnya learning loss.
 

Ketua dan Anggota Dewan Kota Meguro Kunjungi Sekolah RI Tokyo  ( 14 Januari 2022, Dilihat 614 kali . )
Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) menerima kunjungan kehormatan Delegasi Dewan Kota Meguro yang berjumlah 16 orang. Delegasi dipimpin langsung oleh Ketua Dewan Yashuhio Onose, dan disambut oleh Duta Besar RI untuk Jepang dan Federasi Mikronesia Heri Akhmadi didampingi Ibu Nuning Akhmadi, dan sejumlah pejabat KBRI, Kepala Sekolah, guru, tenaga kependidikan dan siswa-siswi SRIT, Kamis (14/1).
 

Kemendikbudristek Gelar Anugerah Diktiristek Tahun 2021  ( 14 Januari 2022, Dilihat 258 kali . )
Sebagai upaya mendorong transformasi pendidikan tinggi melalui Program Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (MBKM), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) kembali menggelar Anugerah Diktiristek 2021. Selain dua kategori yaitu Anugerah Humas serta Anugerah Jurnalis dan Media yang rutin diberikan sejak 2017, tahun ini Kemendikbudristek memberikan penghargaan melalui Anugerah Kampus Merdeka dan Anugerah Kerja Sama.
 

Dubes RI di Tokyo Kukuhkan Pengurus Persatuan Pelajar Indonesia Jepang 2021-2022  ( 14 Januari 2022, Dilihat 657 kali . )
Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang dan Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi, mengukuhkan pengurus Perhimpunan Pelajar Indonesia Jepang (PPIJ) periode 2021-2022 di KBRI Tokyo, Sabtu (8/1). Pengukuhan dilakukan secara hibrida dengan protokol kesehatan setempat, dan dihadiri oleh Wakil Kepala Perwakilan RI Tokyo Tri Purnajaya, Koordinator Fungsi Penerangan, Sosial, dan Budaya (Pensosbud) Meinarti Fauzie, Koordinator Fungsi Protokol dan Konsuler Ali Sucipto, Atase Pendidikan dan Kebudayaan Yusli Wardiatno, Atase Pertahanan Andi Nur Abadi, dan Atase Imigrasi Marina Magdalena Harahap.
 

Pimpin Pokja Pendidikan dalam Presidensi G20, Kemendikbudristek Angkat Empat Isu  ( 13 Januari 2022, Dilihat 890 kali . )
Pada tahun 2022 ini, Indonesia memegang presidensi dalam G20, sebuah forum kerja sama internasional yang terdiri dari 19 negara utama dan Uni Eropa. Selama masa presidensi, Indonesia berperan menentukan agenda prioritas dan memimpin rangkaian pertemuan G20. Ada banyak isu dalam negeri maupun global yang menjadi pembahasan G20, salah satunya isu pendidikan. Dalam Presidensi G20 Indonesia, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memimpin Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau Education Working Group (EdWG), yang diketuai oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK), Iwan Syahril.
 

Indonesia Pimpin Sidang Pertemuan Regional Asia-Pasifik Menuju UNESCO Mondiacult 2022  ( 12 Januari 2022, Dilihat 253 kali . )
Pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadi tuan rumah sidang pertemuan regional kawasan Asia-Pasifik menuju United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) Mondiacult 2022 yang digelar secara hybrid di Jakarta Convention Center, pada 11 sampai 12 Januari 2022. Sidang pertemuan ini diselenggarakan untuk merancang agenda global yang baru mengenai kebijakan bidang kebudayaan pascapandemi Covid-19.