Joni dan Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah  ( 21 Agustus 2018, Dilihat 72 kali . )
Hari Senin pagi (20/8/2018), Yohanes Ande Kala atau biasa dipanggil Joni, siswa kelas tujuh SMP Negeri Siwangan, Belu, Nusa Tenggara Timur yang kisahnya menyebar luas karena memanjat tiang bendera pada saat upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia, berkunjung ke kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan untuk bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy.
 

Menciptakan Duta-Duta Museum Melalui Pelatihan Vlog  ( 20 Agustus 2018, Dilihat 150 kali . )
Museum kini tidak hanya menjadi tempat untuk belajar sejarah dan mengenal budaya Indonesia. Masyarakat bisa menggunakan museum sebagai tempat untuk berkreativitas, seperti kegiatan komunitas atau pelatihan. Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) pun terus menyosialisasikan kegiatan gemar berkunjung ke museum, salah satunya dengan berupaya menciptakan duta-duta museum melalui lokakarya (workshop) dan kompetisi video blogging (vlog) di museum.
 

Kemendikbud Bersama Pemda Garut Gelar Seni Atraksi Budaya  ( 20 Agustus 2018, Dilihat 126 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) bersama pemerintah daerah Kabupaten Garut menggelar Seni Atraksi Budaya Garut di Bale Paminton, Garut, pada Senin (20/08/2018). Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-57 Pramuka dan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia (HUT RI).
 

Mendikbud Berikan Penghargaan kepada Joni, Contoh Patriotisme Anak Zaman Now  ( 20 Agustus 2018, Dilihat 134 kali . )
Melihat aksi menegangkan yang dilakukan Yohanes Ande Kala yang akrab disapa Joni (14) memanjat tiang bendera untuk memperbaiki tali yang terlepas agar bendera dapat berkibar di Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-73 RI, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy memberikan apresiasi dan penghargaan terhadap aksi yang dilakukan siswa kelas tujuh SMP Negeri Silawan, Kabupaten Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT) tersebut.
 

Cek Atribut TK di Karnaval Probolinggo, Mendikbud Imbau Tonjolkan Karakter Nasionalisme Anak PAUD  ( 20 Agustus 2018, Dilihat 616 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy merespons cepat beredarnya video tentang sebuah karnaval di Kota Probolinggo yang ramai diperbincangkan di media sosial. Dalam video yang viral sejak Sabtu (18/8/2018) itu, terdapat anak-anak TK Kartika V-69 menggunakan kostum bercadar dan menenteng replika senjata laras panjang. Usai kunjungan kerja di Surabaya pada Minggu (19/8/2018), Mendikbud langsung menuju Probolinggo untuk memastikan kebenaran video tersebut.
 

Siswa Indonesia Boyong 3 Emas pada Olimpiade Internasional di Thailand  ( 19 Agustus 2018, Dilihat 941 kali . )
Bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, lima siswa Indonesia yang merupakan peraih medali Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2017 berhasil memboyong tiga medali emas, dua perak, dan tiga perunggu dalam kompetisi 12nd International Earth Science Olympiad (IESO) yang berlangsung di Mahidol Kanchanaburi, Thailand, pada 8 – 17 Agustus 2018.
 

Aksi Nyata untuk Kedamaian Melalui Kolaborasi Musik Dua Bangsa  ( 19 Agustus 2018, Dilihat 212 kali . )
Direktur Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Hilmar Farid, menyampaikan apresiasi atas rangkaian konser Vinculos untuk Indonesia 2018 yang dilaksanakan dengan penuh cinta dan antusiasme oleh Orquesta De Camara De Siero (OCAS/Siero Chambers Orchestra). Dari pantauannya, konser Ocas di Indonesia disambut dengan penuh kehangatan dan persahabatan oleh masyarakat Indonesia
 

Wakil Provinsi Jawa Barat Terpilih Sebagai Duta Bahasa Nasional Tahun 2018  ( 19 Agustus 2018, Dilihat 209 kali . )
Wakil Provinsi Jawa Barat terpilih sebagai pemenang pertama Pemilihan Duta Bahasa Nasional ke-12 tahun 2018 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pada Jumat 17 Agustus 2018. Dua duta bahasa yang mewakili provinsi tersebut adalah Agatha Lydia Natania dan Nursidik.
 

Dari Swafoto Favorit Hingga Kerajaan Sriwijaya di Museum Balaputra Dewa   ( 18 Agustus 2018, Dilihat 460 kali . )
Tidak hanya ke mal atau taman hiburan, sekarang berkunjung ke museum menjadi sesuatu yang menyenangkan. Apalagi, jika kita bisa menemukan hal-hal baru atau menarik di dalam museum. Museum Balaputra Dewa di Kota Palembang, misalnya. Selain berisi tentang konten dan koleksi sejarah Kerajaan Sriwijaya, di museum ini juga ada lokasi swafoto atau selfie yang terkenal dan menjadi favorit para pengunjungnya.
 

HUT ke-73 RI: Kemendikbud Terus Upayakan Pembenahan Bidang Pendidikan  ( 18 Agustus 2018, Dilihat 327 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyelenggarakan upacara bendera dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-73 Republik Indonesia di halaman kantor Kemendikbud, Jakarta, Jumat, (17/08/2018). Dalam pidatonya, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menekankan pada upaya pembenahan bidang pendidikan secara terus-menerus sebagai usaha memenuhi janji kemerdekaan.
 

Semarak Kemerdekaan di Museum, Kemendikbud Fasilitasi Kegiatan Komunitas  ( 17 Agustus 2018, Dilihat 372 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pelestarian Cagar Budaya dan Permuseuman (PCBM) terus berupaya menyosialisasikan giat berkunjung museum kepada masyarakat. Museum diharapkan bisa menjadi wadah ekspresi budaya bagi masyarakat, khususnya untuk kegiatan komunitas. Direktorat PCBM Kemendikbud pun aktif memfasilitasi kegiatan komunitas yang diselenggarakan di museum, khususnya hari ini (17/8/2018), di Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.
 

Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan RI Jadikan Momentum untuk Unjuk Kerja dan Prestasi  ( 17 Agustus 2018, Dilihat 471 kali . )

Memperingati hari ulang tahun kemerdekaan ke-73 Republik Indonesia, Mendikbud Muhadjir Effendy mengimbau kepada seluruh pelaku pendidikan dan kebudayaan untuk menjadikan momentum ini sebagai wadah untuk menunjukkan kinerja dan prestasi dalam memberikan kontribusi dalam menguatkan pendidikan dan memajukan kebudayaan Indonesia.
 

Museum, Alternatif Seru bagi Komunitas untuk Rayakan Hari Kemerdekaan  ( 17 Agustus 2018, Dilihat 436 kali . )
Sekitar 2.000 orang dari komunitas ojek daring (online) mengikuti upacara bendera di Museum Balaputra Dewa, Kota Palembang, Sumatra Selatan, hari ini (17/8/2018). Upacara bendera tersebut merupakan salah satu rangkaian kegiatan untuk memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia di museum. Cara ini menjadi bentuk baru dalam sosialisasi dan melakukan pendekatan untuk lebih mengenalkan museum kepada masyarakat luas.
 

Terima Duta Bahasa Nasional, Ini Pesan Mendikbud untuk Bahasa Lokal  ( 17 Agustus 2018, Dilihat 413 kali . )
Sebanyak 32 pasang Duta Bahasa Nasional 2018 mengunjungi kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Jakarta (16/8/2018). Kedatangan mereka didampingi oleh Kepada Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa Dadang Sunendar dan diterima langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Graha 1 Gedung A Kemendikbud. 
 

Tingkatkan Mutu Pendidikan Melalui Empat Hal Ini  ( 17 Agustus 2018, Dilihat 415 kali . )
Upaya untuk meningkatkan mutu pendidikan dimulai dari program yang diterapkan untuk satuan pendidikan, mulai jenjang pendidikan dasar (SD dan SMP), sampai pendidikan menengah (SMA dan SMK). Menurut Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen GTK Kemendikbud), Supriano, ada empat hal yang harus diperhatikan dalam meningkatkan mutu pendidikan, yaitu kebijakan, kepemimpinan kepala sekolah, infrastruktur, dan proses pembelajaran.
 

Keteladanan Jati Diri yang Tak Boleh Hilang dari Guru dan Tenaga Kependidikan   ( 16 Agustus 2018, Dilihat 348 kali . )
Pemilihan Guru dan Tenaga Kependidikan Berprestasi dan Berdedikasi (GTK) Tingkat Nasional Tahun 2018 telah berlangsung. Pada acara Malam Pemberian Penghargaan di Plasa Insan Berprestasi, Kemendikbud, Senayan, Rabu (15/08/2018), Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy menyampaikan pesan kepada para guru dan tenaga kependidikan akan pentingnya keteladanan sebagai jati diri yang tidak boleh hilang dari seorang pendidik.