Shafira Noreenaida, Siswa Berprestasi dari Kota Yogyakarta  ( 24 Mei 2024, Dilihat 87 kali . )
Shafira Noreenaida, siswa SMA Negeri 3 yang tergabung dalam ekstrakurikuler Karya Ilmiah Remaja (KIR), menghasilkan projek ilmiah berjudul Robot Edukasi (Robed) Pendukung E-Learning Metode Pembelajaran Matematika. Capaian tersebut menuntun Shafira meraih banyak kejuaraan riset, dari tingkat kota, provinsi, nasional, hingga internasional.
 
 

Punya Manfaat 4 In 1, Sekolah Vokasi Ugm Ciptakan Produk Atasi Masalah Lingkungan  ( 23 Mei 2024, Dilihat 47 kali . )
Insan vokasi semakin leluasa untuk berinovasi. Melalui Kompetisi Pariwisata Indonesia (KPI) ke-14, tim dari Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM) Program Studi (Prodi) Perjalanan Bisnis Pariwisata sukses membuat produk ‘Uwuh Parahita’. Produk ini bertujuan untuk mengatasi permasalahan lingkungan. 
 

Akhtarelgusya Al Dian, Murid dengan Segudang Prestasi dari SMPN 8 Tangerang Selatan   ( 23 Mei 2024, Dilihat 63 kali . )
Akhtarelgusya Al Dian atau Akhtar, adalah seorang siswa yang senang berorganisasi dan mengukir prestasi gemilang di dalam maupun luar sekolah. Di sekolah, ia menjabat sebagai Wakil Ketua OSIS, Ketua Kelompok Ilmiah Remaja (KIR), dan berperan penting dalam Pramuka Pasukan Khusus sebagai Juru Uang dan Garuda Penggalang. Adapun di luar sekolah, ia berhasil menjadi salah satu dari 14 anggota terpilih KidZania CongreZZ Kidz (2023-2025) dan menjabat sebagai Ketua Komisi Kesejahteraan & Komunikasi. Ia juga aktif dalam organisasi Laskar Lingkungan Muda (LLM) Tangerang Selatan dan menjabat sebagai Sekretaris Himpunan Remaja Saifillah (HIJRAH). Akhtar menunjukkan dedikasinya dalam berbagai bidang, termasuk lingkungan dan keagamaan.
 

Belajar Sesuai Zaman di SMAN 1 Taman Sari Bogor: Implementasi Kurikulum Merdeka Bersama PMM  ( 22 Mei 2024, Dilihat 189 kali . )
SMAN 1 Taman Sari, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, terletak di kawasan kaki Gunung Salak, sekitar 7 KM dari Kota Bogor. Pada Juli tahun ini, sekolah ini memasuki tahun ketiga dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM). Deni Rohendi, guru mata pelajaran Fisika yang sudah mengajar selama 12 tahun di sana, merupakan salah satu motor penggerak dalam Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM) di sekolahnya. 
 

Pentingnya Kebudayaan Lokal dalam Pengelolaan Air Global  ( 21 Mei 2024, Dilihat 191 kali . )
Diskusi dan pameran tentang Sistem Subak dan Jalur Rempah digelar selama perhelatan World Water forum (WWF) ke-10 di Bali. Diskusi diselenggarakan di Bali International Convention Centre pada 21 Mei 2024 sementara pameran diselenggarakan di Museum Pasifika pada 21-25 Mei 2024.
 

Potret Cerita Kurikulum Merdeka 2024 Diperpanjang  ( 21 Mei 2024, Dilihat 238 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengumumkan masa perpanjangan pendaftaran Potret Cerita Kurikulum Merdeka, dalam rangka Festival Kurikulum Merdeka 2024, hingga tanggal 2 Juni 2024. Hal ini sebagai bentuk apresiasi kepada seluruh ekosistem pendidikan, terutama dinas pendidikan yang sudah mengajak satuan pendidikan, guru, murid, serta orang tua murid di daerah masing-masing untuk terlibat mengikuti Potret Cerita Kurikulum Merdeka.
 

Kriya Kulit Lokal SMKN 1 Kalasan Siap Merambah Pasar Global  ( 21 Mei 2024, Dilihat 59 kali . )
Produk kriya Nusantara kini semakin menunjukkan tajinya di kancah internasional. Dengan keunikan desain, kekayaan budaya, dan kualitas yang tak tertandingi, kriya nusantara berhasil menarik perhatian pasar global.
 

Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di RBI-Berlin Siap Dimulai  ( 21 Mei 2024, Dilihat 206 kali . )
Ketertarikan warga negara Jerman untuk belajar Bahasa Indonesia kian meningkat. Setelah sebelumnya KJRI Frankfurt dan APPBIPA Jerman membuka Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)  Periode Musim Semi 2024, kini giliran Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Berlin membuka kelas BIPA. 
 

Pelajar SMAN 1 Puri Mojokerto Kenali Budaya dan Sistem Pendidikan di Jerman  ( 21 Mei 2024, Dilihat 228 kali . )
Pertukaran pelajar ke luar negeri merupakan sebuah kesempatan emas bagi pelajar untuk memperluas wawasan dan mengembangkan diri. Banyak kegiatan yang umumnya dilakukan seperti kunjungan ke Universitas setempat, penampilan budaya, dan pengerjaan proyek. Inilah yang dilakukan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Puri Mojokerto. 
 

PBI-Dili Teruskan Komitmen Penguatan Pengajar BIPA Lokal   ( 21 Mei 2024, Dilihat 174 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili menggelar kegiatan pelatihan dan penguatan pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Lokal Timor-Leste pada Senin, 6 Mei 2024.
 

Penetapan UKT di Kampus Harus Kedepankan Asas Keadilan dan Inklusivitas  ( 21 Mei 2024, Dilihat 204 kali . )
Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., hari ini kembali menjelaskan kepada publik terkait penyesuaian uang kuliah tunggal (UKT) yang terjadi di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) seusai rapat kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).
 

Pusat Budaya Indonesia-Dili Fasilitasi 10 Polisi Timor-Leste Belajar Bahasa Indonesia  ( 21 Mei 2024, Dilihat 144 kali . )
Pemerintah Indonesia lewat kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili menghelat kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Khusus Policia Nacional Timor-Leste (PNTL) bertempat di Pusat Budaya Indonesia (PBI)-Dili pada tanggal 7 Mei 2024.
 

Pusat Budaya Indonesia-Dili Fasilitasi Penjaringan Mahasiswa Baru President University  ( 21 Mei 2024, Dilihat 148 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste pada Minggu, 5 Mei 2024 telah memfasilitasi pelaksanaan on-site test yang diselenggarakan oleh President University dalam rangka penjaringan calon mahasiswa baru asal Timor-Leste Tahun Ajaran 2024/2025 di Pusat Budaya Indonesia (PBI).
 

Atdikbud Beri Kuliah Demokrasi di Depan Mahasiswa University of Sydney  ( 20 Mei 2024, Dilihat 243 kali . )
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, Mukhamad Najib, menjadi dosen tamu di University of Sydney pada Jumat (17/5). Di salah satu kampus terbaik dunia tersebut, Atdikbud Najib berbicara mengenai tantangan demokrasi di Indonesia dari masa ke masa. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi bagian dari agenda kantor Atdikbud dalam mengenalkan Indonesia kepada mahasiswa Australia.
 

Atdikbud KBRI Dili Sambut 25 Mahasiswa MBKM Interasional UNWIRA Kupang di PBI Dili Timor-Leste  ( 20 Mei 2024, Dilihat 146 kali . )
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) bersama Pelaksana Fungsi Politik pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili pada Senin, 6 Mei 2024 menyambut kedatangan 25 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang yang melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Pusat Budaya Indonesia (PBI), KBRI Dili.
 

Peringatan Hari Buku Nasional 2024, Peluang Benahi Literasi dan Numerasi melalui Buku Bacaan Bermutu  ( 20 Mei 2024, Dilihat 106 kali . )
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadikan peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang jatuh pada 17 Mei 2024 sebagai momentum dan kesempatan emas untuk melaksanakan publikasi program Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Harapannya, berbagai kegiatan yang diusung dalam memperingati Harbuknas, dapat menumbuhkan kesadaran dan mendorong motivasi serta partisipasi publik dan pemangku kepentingan untuk penguatan dan keberlanjutan program buku bacaan bermutu di masa mendatang.
 

Kemendikbudristek Dorong Pemanfaatan Bacaan Sastra dalam Kurikulum Merdeka  ( 20 Mei 2024, Dilihat 194 kali . )
Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, karya sastra merupakan salah satu sumber belajar potensial yang perlu didorong pemanfaatannya untuk meningkatkan minat baca, menumbuhkan empati, mengasah kreativitas, serta nalar kritis peserta didik. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo, dalam sesi gelar wicara Hari Buku Nasional 2024: “Sastra Masuk Kurikulum” di Plasa Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (20/5).
 

Harbuknas 2024: Upaya Meningkatkan Literasi Melalui Sastra Masuk Kurikulum dan Buku Bermutu  ( 20 Mei 2024, Dilihat 220 kali . )
Sejalan dengan tujuan utama Merdeka Belajar pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) 2024 yang dirangkai melalui peluncuran “Sastra Masuk Kurikulum”, aktivitas literasi, serta berbagi buku untuk masyarakat.
 

Meriahkan Hari Buku Nasional 2024, Kemendikbudristek Berbagi Buku Bermutu  ( 19 Mei 2024, Dilihat 130 kali . )
Hari Buku Nasional (Harbuknas) dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Mei di Indonesia, sebagai momen penting untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Peringatan Harbuknas tahun ini yang mengangkat tema “Baca Buku, Temukan Duniamu”, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang menarik.
 

Sesjen Kemendikbudristek: Kolaborasi Wujudkan Pembangunan SDM Indonesia yang Unggul dan Berkarakter  ( 17 Mei 2024, Dilihat 246 kali . )
Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, menegaskan transformasi yang Kemendikbudristek upayakan selama hampir 5 tahun diharapkan dapat memberi arah baru bagi dunia pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Hal ini disampaikan Suharti ketika memberi sambutan dalam pelantikan 4 orang pemimpin perguruan tinggi negeri, 2 orang pejabat pimpinan tinggi pratama, 4 orang pejabat administrator, 3 orang pejabat pengawas, dan 16 orang pejabat fungsional, di Plasa Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Jumat (17/5).
 

Program PKW Tekun Tenun Bersama Dekranas Hasilkan Usahawan Muda Pelestari Budaya  ( 17 Mei 2024, Dilihat 88 kali . )
Salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di bidang pendidikan vokasi adalah Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya. Program PKW Tekun Tenun dan Kriya merupakan program kolaborasi antara Dewan Kerajianan Nasional (Dekranas) dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang telah berjalan sejak 2020. Pada peringatan HUT ke-44 Dekranas di Kota Surakarta, Kemendikbudristek berbagi praktik baik dan dampak positif dari program PKW Tekun Tenun dan Kriya dalam rangkaian acara di Pameran Dekranas melalui gelar wicara (talkshow), peragaan busana (fashion show), dan lokakarya (workshop).
 

Lakukan Lawatan ke Kairo, Dirjen PAUD Dikdasmen Bagikan Motivasi untuk Siswa SIC  ( 17 Mei 2024, Dilihat 319 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril, di sela penugasan resminya ke Kairo berkesempatan mengunjungi Sekolah Indonesia Cairo (SIC), pada Senin, 13 Mei 2024.