Kemendikbud Berupaya Entaskan Kekurangan Gizi Pada Anak Sekolah  ( 17 Oktober 2018, Dilihat 100 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah melaksanakan program PMT-AS (Pemberian Makanan Tambahan Anak Sekolah) sejak tahun 2010. Program ini bertujuan untuk meningkatkan asupan gizi siswa TK dan SD terutama di daerah terpencil. Pemberian makanan tambahan ini dimaksudkan untuk memenuhi 10-20 persen kebutuhan kalori dan protein siswa.
 

Kegiatan Belajar Mengajar di Sulteng Difokuskan pada Psikososial  ( 16 Oktober 2018, Dilihat 170 kali . )
Hampir tiga minggu berlalu sejak gempa dan tsunami melanda wilayah Sulawesi Tengah (Sulteng). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya membantu pemulihan akses dan layanan pendidikan di daerah-daerah yang terdampak bencana. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, kegiatan belajar mengajar sudah dimulai di beberapa lokasi terdampak bencana di Sulteng dengan menggunakan tenda kelas darurat. Namun, ia menegaskan, kegiatan belajar mengajar tersebut difokuskan untuk kegiatan psikososial atau trauma healing bagi siswa yang terdampak bencana. 
 

Zonasi Bukan Hanya untuk PPDB  ( 15 Oktober 2018, Dilihat 213 kali . )
Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Sesjen Kemendikbud) Didik Suhardi mengungkapkan bahwa sistem zonasi bukan hanya diterapkan untuk Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB). Ia menuturkan, zonasi adalah suatu kebijakan untuk mempercepat pelaksanaan pemerataan kualitas pendidikan di seluruh Tanah Air.
 

Seleksi Calon Timnas U-16 Melalui Gala Siswa Indonesia  ( 13 Oktober 2018, Dilihat 193 kali . )
Ajang kompetisi sepak bola jenjang SMP se-Indonesia, Gala Siswa Indonesia, kini sudah masuk tingkat nasional. Sebanyak 34 tim dari 34 provinsi mengikuti pertandingan mulai dari babak penyisihan, perempat final, semi final, hingga babak final, pada 8 s.d 21 Oktober 2018 di Jakarta. Gala Siswa Indonesia juga akan menjadi salah satu ajang atau sumber dalam menyeleksi calon anggota Tim Nasional (timnas) U-16.
 

Tahun Ini Indonesia Tetapkan 225 Warisan Budaya Takbenda  ( 12 Oktober 2018, Dilihat 320 kali . )
Sesuai amanat Undang-undang Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pemajuan Kebudayaan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) kembali menetapkan 225 Warisan Budaya Takbenda dalam acara Apresiasi Penetapan Warisan Budaya Takbenda. Ini merupakan bentuk perlindungan dan pelestarian terhadap karya budaya takbenda yang ada di seluruh Indonesia. Acara yang juga dibarengi dengan penyerahan sertifikat oleh Direktur Jenderal Kebudayaan Hilmar Farid kepada 30 provinsi ini digelar di Gedung Kesenian Jakarta (10/10/2018). Provinsi yang menerima sertifikat adalah yang karya budayanya telah ditetapkan menjadi Warisan Budaya Takbenda Indonesia.
 

Kemendikbud Berikan Penghargaan Kihajar kepada 5 Gubernur, 7 Walikota, dan 4 Bupati  ( 12 Oktober 2018, Dilihat 608 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan penghargaan Anugerah Kita Harus Belajar (Kihajar) 2018 kepada 5 Gubernur, 7 Walikota dan 4 Bupati, yang berprestasi dalam memajukan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) pendidikan di daerahnya masing-masing. Penghargaan tersebut diberikan oleh Sekretaris Jenderal Kemendikbud, Didik Suhardi, pada Malam Anugerah Kihajar ke-7 tahun 2018, di Jakarta, Jumat (12/10/2018).
 

Kemendikbud Bersama PSSI Gelar Semiloka Kepelatihan Sepakbola Tingkat SD  ( 10 Oktober 2018, Dilihat 483 kali . )
Dalam rangka percepatan pembangunan sepakbola nasional di tingkat Sekolah Dasar (SD), Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan SD, Direkorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, bekerja sama dengan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) menggelar Semiloka Kepelatihan Sepakbola tingkat SD tahun 2018 di National Youth Training Center (NYTC) PSSI, Sawangan, Depok, Jawa Barat. Sebanyak 55 guru Pendidikan Jasmani, Olahraga, dan Kesehatan (PJOK) SD dari kabupaten/kota se-Indonesia, merupakan angkatan pertama, akan mengikuti pelatihan pada tanggal 8 s.d. 16 Oktober 2018. Adapun angkatan kedua, diikuti 55 guru PJOK, diselenggarakan pada 22 s.d. 30 Oktober 2018.
 

Juara Gala Siswa Indonesia akan Berlatih Bersama Juventus di Italia  ( 10 Oktober 2018, Dilihat 366 kali . )
Gala Siswa Indonesia (GSI) 2018 telah resmi dibuka oleh Menteri Pendidikan dan kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy di Stadion Soemantri Brodjonegoro, Jakarta, (9/10/2018). Dalam sambutannya, Menteri Muhadjir menjanjikan bahwa juara GSI 2018 akan dikirim untuk berlatih di kota Turin, Italia. Di sana mereka akan berlatih bersama klub Juventus dan beberapa klub di Kota Turin, Italia.
 

Guru Honorer Usia 35 Tahun ke Atas dapat Menjadi Pegawai Pemerintah melalui Seleksi  ( 10 Oktober 2018, Dilihat 2880 kali . )
Guru honorer yang berusia lebih dari 35 tahun tetap mendapat kesempatan menjadi pegawai pemerintah, tetapi tetap harus mengikuti seleksi yang ditetapkan. Seleksi yang dimaksud tersebut merupakan seleksi sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK), bukan seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS). Demikian disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy dalam acara Seminar Nasional tentang Kebijakan Penuntasan Guru Honorer K-2, di Gedung Nusantara DPR RI, Jakarta, Selasa (09/10/2018).
 

Mendikbud Buka Pertandingan Sepak Bola Gala Siswa Indonesia Tingkat Nasional Tahun 2018  ( 09 Oktober 2018, Dilihat 827 kali . )

Pertandingan Sepak Bola Gala Siswa Indonesia (GSI) tingkat nasional tahun 2018 di mulai hari ini, dibuka langsung oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud), Muhadjir Effendy, di Gelanggang Olahraga Soemantri Brodjonegoro, Jakarta Selatan. Pertandingan tersebut berlangsung pada tanggal 8 s.d. 21 Oktober 2018, diikuti 612 peserta dan 136 pendamping (official) dari 34 provinsi se-Indonesia.
 

Kemendikbud Serahkan Soal SKD CPNS Kepada Panselnas  ( 09 Oktober 2018, Dilihat 788 kali . )

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyerahkan soal Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) untuk Seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Tahun 2018 kepada Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN RB) selaku Koordinator Panitia Seleksi Nasional (Panselnas).