Gernas BBI Aroma Maluku, Langkah Awal Pembentukan Kemampuan Pemasaran Digital Siswa SMK  ( 29 November 2021, Dilihat 164 kali . )
Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) #Aroma Maluku tidak hanya fokus pada pengembangan UMKM yang merupakan pilar terpenting bagi perekonomian Indonesia. Gernas BBI #Aroma Mauluku, juga menjadi sejarah baru dengan pelibatan satuan pendidikan dalam mengembangkan UMKM yang ada di tanah air.
 

Melalui Gernas BBI, Mendikbudristek Ajak Harumkan Aroma Maluku Hingga Lintas Benua  ( 29 November 2021, Dilihat 260 kali . )
Aset Kepulauan Maluku yang diturunkan sebagai warisan budaya harus menjadi nilai tambah dalam menyejahterakan dan memajukan masyarakat Indonesia khususnya yang ada di Provinsi Maluku. Melalui Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) dengan tema #Aroma Maluku, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengajak seluruh masyarakat Indonesia untuk mengharumkan aroma Maluku hingga lintas benua.
 

Mendikbudristek: Pendidikan dan Ekonomi Adalah Dua Sektor yang Saling Melengkapi  ( 29 November 2021, Dilihat 240 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim sampaikan pentingnya keterkaitan antara sektor pendidikan dan ekonomi. Hal tersebut diutarakannya pada puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) #AromaMaluku, di Ambon, Maluku (29/11).
 

Kursus dan Pelatihan Berkontribusi Menekan Pengangguran  ( 29 November 2021, Dilihat 273 kali . )
Wilayah timur Indonesia menjadi salah satu prioritas pembangunan. Pemerintah berharap, semakin banyak Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) yang berkembang dan turut berperan membangun daerahnya. Pembelajaran pada kursus dan pelatihan di bawah pembinaan Direktorat Kursus dan Pelatihan (Ditsuslat), Ditjen Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kini lebih fokus dengan program-program peningkatan kompetensi pada anak-anak putus sekolah sehingga setiap anak di Indonesia memiliki kesempatan yang sama dalam meningkatkan kualitas hidupnya dengan kompetensi yang mereka peroleh.  
 

Lembaga Kursus dan Pelatihan Harus Semakin Berperan dalam Percepatan Pembangunan Daerah  ( 29 November 2021, Dilihat 167 kali . )
Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti mengunjungi Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Jaya Negara di Ambon, Maluku. Kunjungan ini menunjukkan komitmen Kemendikbudristek dalam mempercepat pembangunan daerah melalui peningkatan kualitas SDM melalui kursus dan pelatihan, terutama di wilayah Indonesia Timur.
 

Pengawasan Protokol Kesehatan dan Izin Orang Tua Kunci Keberhasilan PTM Terbatas di Surabaya  ( 28 November 2021, Dilihat 587 kali . )
Hingga saat ini, Surabaya menjadi salah satu kota di Indonesia yang berhasil menyelenggarakan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) Terbatas dengan aman dan nyaman. Kunci keberhasilan PTM Terbatas tersebut tidak terlepas dari upaya pemerintah Kota (pemkot) Surabaya dalam mengawasi secara ketat penerapan protokol kesehatan di sekolah.
 

Kemendikbudristek Apresiasi Pemerintah Kota Tebing Tinggi Terus Dorong Pelaksanaan PTM Terbatas  ( 27 November 2021, Dilihat 238 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Tebing Tinggi yang terus mendorong pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka (PTM) terbatas di wilayahnya. Apresiasi tersebut diutarakan Direktur Sekolah Menengah Kejuruan, Wardani Sugiyanto, saat mendampingi kunjungan kerja spesifik Komisi X DPR RI ke Kota Tebing Tinggi, Sumatera Utara, Jumat (26/11).
 

Momentum Hari Guru Nasional, Kemendikbudristek Ajak Guru IPA Kembangkan Aplikasi Inovatif  ( 27 November 2021, Dilihat 261 kali . )
Percepatan tren digitalisasi di tengah pandemi Covid-19 kian hari kian dirasakan dan semakin banyak teknologi maupun inovasi baru yang hadir. Saat ini, semua generasi mau tidak mau harus hidup berdampingan dengan dunia digital. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (P4TK IPA) pun mencermati kondisi yang dipengaruhi oleh pandemi ini. Salah satu unit utama Kemendikbudristek ingin merangkul berbagai pihak terutama guru IPA untuk bangkit bersama, bertahan hidup di tengah pandemi. Kali ini, P4TK IPA menggelar kompetisi Interaksi (Inovasi Teknologi Informasi dan Komunikasi/TIK dalam Sains) yang dihelat dari tanggal 22 s.d 24 November 2021.
 

Gelar Malam Anugerah KIHAJAR 2021, Kemendikbudristek Apresiasi Guru dan Siswa  ( 27 November 2021, Dilihat 232 kali . )
Pusat Data dan Informasi (Pusdatin), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menggelar Malam Anugerah KIHAJAR 2021, suatu puncak apresiasi sejumlah kegiatan dan kompetensi pembelajaran yang memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), secara hibrida, Kamis (25/11) di Jakarta.
 

Kemendikbudristek Libatkan UMKM dan Satuan Pendidikan Berpartisipasi dalam Gernas BBI  ( 26 November 2021, Dilihat 266 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) kembali ditunjuk untuk menjadi manajer kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI). Pada tahun 2021 ini, Kemendikbudristek mengusung tema #AromaMaluku dan akan menggelar Acara Puncak Gernas BBI ini pada hari Senin, 29 November 2021 bertempat di Lapangan Tahapary POLDA Maluku, Tantui, Ambon, Provinsi Maluku.
 

Sekolah Indonesia di Tokyo Gelar Upacara Hari Guru Nasional dan Beri Penghargaan pada Guru  ( 26 November 2021, Dilihat 213 kali . )
Sekolah Republik Indonesia Tokyo (SRIT) Jepang mengadakan Upacara Peringatan Hari Guru Nasional (HGN) 2021 di Aula SRIT, Kamis (25/11) yang dihadiri seluruh warga sekolah. Upacara diawali menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya dan penghormatan pada bendera Merah Putih. Pidato HGN Menteri Pendidikan, kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim pun dibacakan dalam pacara ini.
 

Guru dan Kepala Sekolah Akui Kebijakan Merdeka Belajar Berdampak pada Pembelajaran  ( 26 November 2021, Dilihat 132 kali . )
Dalam sesi bincang pendidikan bersama para guru dan kepala sekolah penggerak pada Puncak Peringatan Hari Guru Nasional Tahun 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim mengaku terkesan dengan respons para guru mengenai Merdeka Belajar. Sebagian besar guru yang ditemui Menteri Nadiem mengaku bahwa program-program yang diikutinya telah membuka paradigma baru sebagai seorang pendidik dan berdampak pada pembelajaran yang dikelolanya.
 

Gerak Pena, Apresiasi atas Inovasi Guru Sains se-Indonesia  ( 26 November 2021, Dilihat 277 kali . )
Hari Guru Nasional (HGN) 2021 dirayakan dengan berbagai kegiatan, salah satunya apresiasi bagi guru-guru mata pelajaran IPA yang diwadahi dalam kegiatan Gelar Karya Pendidik Sains Indonesia (Gerak Pena). Kegiatan yang berlangsung di Bandung, Jawa Barat, ini diseleggarakan pada 24-26 November 2021.
 

HGN 2021: Mendikbudristek Ucapkan Terima Kasih Kepada Guru Indonesia  ( 26 November 2021, Dilihat 287 kali . )
Puncak Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021 berlangsung di Jakarta International Expo (JIEXPO), Kemayoran, Jakarta pada Kamis (25/11). Pada momen spesial itu, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya terhadap dedikasi para pendidik di seluruh penjuru Nusantara.
 

Atdikbud RI Canberra: Program IISMA Kemendikbudristek Tarik Perhatian Australian National University  ( 26 November 2021, Dilihat 996 kali . )
Australian National University (ANU) merupakan salah satu universitas terbaik di Australia dan masuk dalam daftar 100 universitas terbaik dunia berdasarkan QS Ranking 2021. ANU termasuk salah satu universitas yang populer baik di kalangan mahasiswa maupun dosen di Indonesia, dan oleh karenanya, ANU menjadi target universitas yang turut diundang untuk dapat berpartisipasi dalam Program Indonesian International Student Mobility Award (IISMA).
 

Kemendikbudristek Apresiasi Masukan dan Pandangan Komisi X terhadap Arah Pengembangan Kurikulum  ( 26 November 2021, Dilihat 1051 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan rapat koordinasi secara hybrid dengan Komisi X DPR RI pada tanggal 19-20 November 2021. Forum ini diselenggarakan untuk menyampaikan arah kebijakan kurikulum demi pemulihan pembelajaran di masa pandemi dan langkah kebijakan strategis berikutnya yang memerlukan pencermatan, masukan serta dukungan dari Komisi X DPR RI sebagai mitra strategis.
 

Mendikbudristek Minta Doa Gurunya Agar Bisa Membangun Pendidikan di Indonesia  ( 26 November 2021, Dilihat 249 kali . )
Puncak Hari Guru Nasional (HGN) 2021 yang berlangsung, Kamis (25/11), menyisakan kesan tersendiri tak hanya bagi para guru, tetapi juga bagi Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim. Selain bisa bersilaturahmi dengan guru-guru dari berbagai daerah di Indonesia, Menteri Nadiem juga berkesempatan untuk bernostalgia dengan tiga orang guru masa kecilnya dari SD Al Izhar, Pondok Labu, Jakarta.
 

12 Peserta Didik Berkebutuhan Khusus Ikuti ABK Confectionary Championship 2021  ( 26 November 2021, Dilihat 305 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) menyelenggarakan ABK Confectionary Champinship 2021 pada 23 s.d. 26 November 2021 di Bandung. Sebanyak 12 peserta didik berkebutuhan khusus dari berbagai daerah di Indonesia berpartisipasi pada ajang pelatihan dan kompetisi keterampilan bidang tata boga itu.
 

Program MSIB Mendapat Respons Positif dari Mahasiswa dan Industri  ( 26 November 2021, Dilihat 227 kali . )
Program Magang dan Studi Independen Bersertifikat (MSIB) yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemdikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi mendapat respons positif dari mahasiswa dan pelaku industri, baik perusahaan maupun organisasi.  Tercatat, lebih dari 13.000 mahasiswa dari 1.300 perguruan tinggi mengikuti program MSIB tahap pertama. Pada tahap pertama ini, 110 mitra magang dan 33 mitra MSIB yang mencakup total 1.898 proyek yang dijalankan memperoleh pendampingan dari kurang lebih 3.000 mentor profesional yang berdedikasi.
 

Mendikbudristek Ajak Organisasi Profesi Guru Jadikan Merdeka Belajar Sebagai Gerakan  ( 26 November 2021, Dilihat 290 kali . )
Usai melaksanakan upacara bendera Hari Guru Nasional (HGN) Tahun 2021, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim berdialog dengan 14 Organisasi Profesi Guru. Mendikbudristek mengatakan bahwa perubahan di sektor pendidikan bukan hanya dapat dicapai melalui penetapan kebijakan, tetapi saat kebijakan itu telah menjadi sebuah gerakan.
 

Guru Penggerak di Kalimantan Ikuti Gebyar Festival Literasi dengan Karya Tulis Ilmiah  ( 25 November 2021, Dilihat 805 kali . )
Sebanyak 115 guru penggerak dari Pulau Kalimantan mengikuti Gebyar Festival Literasi (Filtrasi) yang diselenggarakan oleh Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA). Gebyar Filtrasi Guru Penggerak berlangsung pada tanggal 22 s.d. 24 November 2021 di Bandung, Jawa Barat. Para peserta merupakan guru penggerak dari jenjang TK, SD, SMP, dan SMA, yang berasal dari berbagai kota/kabupaten di Pulau Kalimantan, yaitu Kabupaten Kapuas, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kota Pontianak, Kabupaten Sanggau, Kabupaten Landak, Kabupaten Mempawah, dan Kabupaten Tanah Laut.
 

Datang ke Lokasi Puncak HGN Naik Bus, 30 Guru Terkejut Ditumpangi Mendikbudristek  ( 25 November 2021, Dilihat 583 kali . )
Matahari bersinar terang tepat di Hari Guru Nasional (HGN). Puluhan bus telah berangkat ke Jakarta International Expo, Kemayoran, Jakarta, yang menjadi lokasi acara puncak peringatan HGN 2021. Satu bus terakhir yang akan membawa 30 orang guru dan pengawas, masih belum beranjak dari tempat parkirnya.
 

35 Orang Pendidik Terima Penghargaan Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif 2021  ( 25 November 2021, Dilihat 572 kali . )
Sebanyak 35 orang pendidik menerima penghargaan pada ajang Apresiasi Pendidik dan Tenaga Kependidikan Inspiratif Jenjang Pendidikan Menengah dan Pendidikan Khusus Tahun 2021. Ke-35 orang tersebut masing-masing merupakan 5 terbaik dari 7 kategori, yaitu Guru SMA, Kepala Sekolah SMA, Guru SMK, Kepala Sekolah SMK, Guru SLB, Kepala Sekolah SLB, dan Guru Pembimbing Khusus Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif (SPPI). Penghargaan diberikan langsung oleh Direktur Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbudristek, Iwan Syahril, pada malam penganugerahan di Jakarta, Rabu malam (24/11).