Projek Profil Pelajar Pancasila, SMPN 39 Padang Ubah Sampah Jadi Karya  ( 08 Agustus 2022, Dilihat 52 kali . )
SMP Negeri 39 Padang merupakan salah satu Sekolah Penggerak di Provinsi Sumatra Barat yang berlokasi di pinggir pantai, tepatnya di Pantai Purus, Kota Padang. Sekolah ini berhasil menerapkan projek profil pelajar Pancasila dengan mengambil tema kewirausahaan. Siswa SMPN 39 Padang berhasil menyulap sampah langkitang yang banyak ditemukan di sepanjang pinggir pantai, menjadi produk kerajinan yang mempunyai nilai jual.
 

Kurikulum Merdeka Beri Kebebasan Siswa Memilih Materi Pembelajaran  ( 08 Agustus 2022, Dilihat 94 kali . )
Implementasi Kurikulum Merdeka yang mulai diterapkan untuk semua satuan pendidikan di Indonesia diharapkan mampu menghasilkan SDM yang unggul dalam berbagai bidang di masa depan. Salah satunya dengan cara memberikan kebebasan kepada siswa untuk memilih materi ilmu yang ingin mereka dalami.
 

Gita Bahana Nusantara akan Kembali Tampil di Istana Merdeka pada HUT ke-77 RI  ( 08 Agustus 2022, Dilihat 58 kali . )
Setelah dua tahun menyajikan tampilan secara virtual, tahun ini grup paduan suara dan orkestra Gita Bahana Nusantara (GBN) akan kembali tampil di Istana Merdeka pada peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia. Direktorat Jenderal Kebudayaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Korp Musik Kepolisian Republik Indonesia akan membimbing peserta GBN terpilih secara luring selama pemusatan latihan pada 6 s.d. 15 Agustus 2022.
 

Muslim Indonesia yang Moderat Dipromosikan di Siaran Radio Prancis  ( 08 Agustus 2022, Dilihat 98 kali . )
Mengakhiri masa tugas di Paris, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Paris, Warsito mendapat undangan untuk wawancara di Radio Prancis - Beur FM, bertajuk L'islam au présent (Islam saat ini), pada Sabtu (30/7).
 

Tari Angguk Meriahkan Penyambutan Kontingen Internasional IOI 2022  ( 08 Agustus 2022, Dilihat 55 kali . )
Semarak kedatangan kontingen internasional dari berbagai negara yang akan berkompetisi di ajang International Olympiad in Informatics (IOI) di Yogyakarta disambut dengan Tari Angguk yang merupakan tari tradisional dari Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta.
 

Peraih Beasiswa IISMA Lakukan Kampanye Sosial Angkat Isu SDGs  ( 07 Agustus 2022, Dilihat 308 kali . )
Sebanyak 1.150 peraih beasiswa Indonesia International Student Mobility Awards (IISMA) 2022 terlibat dalam kampanye bertajuk Social Campaign Challenge: Sustainable Development Goals Batch Kedua. Tema Sustainable Development Goals diangkat dalam rangka mendorong kesadaran masyarakat Indonesia dan dunia akan isu-isu global yang bisa membawa dampak berkepanjangan jika tidak segera ditangani.
 

Peduli UMKM, Kemendikbudristek Tandatangani Perjanjian Sewa dengan 25 Pelaku UMKM  ( 07 Agustus 2022, Dilihat 162 kali . )
Mendukung pemulihan ekonomi akibat pandemi dan mendorong partisipasi masyarakat dalam mendukung kinerja kementerian, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melakukan Penandatanganan Perjanjian Sewa Kantin Bogasera Kemendikbudristek dengan 25 pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang menyewa tempat berjualan di Kantin Bogasera, di Gedung C, Lantai III, Kemendikbudristek, Jakarta, Jumat (5/8). Penandatanganan dilakukan oleh Kepala Biro Umum dan Pengadaan Barang dan Jasa (PBJ), Sekretariat Jenderal Kemendikbudristek, Triyantoro, dengan 25 pelaku UMKM yang diwakili oleh Usman.
 

Kemendikbudristek Terima Penghargaan Kategori Kebijakan Sosial IDEAS 2022  ( 07 Agustus 2022, Dilihat 204 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menerima penghargaan kategori kebijakan sosial pada ajang The 1st Indonesia DEI and ESG Awards (IDEAS) 2022. Penghargaan tersebut diterima langsung oleh Kepala Badan Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (Badan Bahasa), Kemendikbudristek, E. Aminudin Azis pada acara puncak penghargaan di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur, Jumat (5/8).
 

Kado Terindah Kemerdekaan RI, OSN 2022 Lahirkan Generasi Emas Indonesia Bidang Sains  ( 06 Agustus 2022, Dilihat 167 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) yang merupakan Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) telah sukses menyelenggarakan ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) tahun 2022 untuk jenjang SD dan SMP. Direktur Sekolah Dasar Kemendikbudristek, Muhammad Hasbi mengatakan peserta OSN 2022 merupakan generasi emas bagi masa depan bangsa Indonesia untuk menuju Indonesia yang lebih baik.
 

Kolaborasi Pemangku Kebijakan di Daerah Dorong Suksesnya Implementasi Kurikulum Merdeka  ( 06 Agustus 2022, Dilihat 101 kali . )
Kesuksesan implementasi Kurikulum Merdeka tentunya tak lepas dari kolaborasi antarpemangku kepentingan. Hal penting ini disadari oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek). Untuk itu, di akhir kunjungan kerja implementasi Kurikulum Merdeka rombongan Sekretariat Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga (Setditjen GTK) turut menyambangi Kantor Bupati Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat.
 

Kemendikbudristek Apresiasi Inisiatif Sekolah Implementasikan Kurikulum Merdeka  ( 06 Agustus 2022, Dilihat 87 kali . )
Sekretaris Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Sesditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengunjungi SMP Damian School di Kabupaten Bandung Barat, Provinsi Jawa Barat, Jumat (5/8). Tahun ini menjadi tahun pertama bagi Damian School menerapkan Kurikulum Merdeka.
 

IOI: Ajang Aktualisasi Kompetensi Antargenerasi Muda Dunia di Bidang Informatika  ( 06 Agustus 2022, Dilihat 63 kali . )
International Olympiad in Informatics (IOI) merupakan ajang kompetisi internasional paling bergengsi di bidang informatika untuk Sekolah Menengah Atas (SMA). Setelah dua tahun berturut-turut digelar secara daring karena pandemi Covid-19, tahun ini IOI akan menjadi kompetisi pertama yang diselenggarakan secara hibrida (daring dan luring).
 

Kemendikbudristek Dorong Pemanfaatan Platform Merdeka untuk IKM di Halmahera Timur  ( 06 Agustus 2022, Dilihat 249 kali . )
Untuk meninjau kesiapan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM), Pelaksana tugas Direktur Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Plt. Direktur Mitras DUDI), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Saryadi mengunjungi sejumlah sekolah  di Kabupaten Halmahera Timur, Malaku Utara. Salah satu sekolah yang dikunjungi adalah Sekolah Dasar  Negeri (SDN) Subaim 2,  Halmahera Timur yang telah mendaftar Implementasi Kurikulum Merdeka Mandiri Berubah di Platform Merdeka  Mengajar.
 

Kemendikbudristek Dukung Penyiapan SDM Vokasi untuk Memajukan Industri Tekstil dan Produk Tekstil  ( 05 Agustus 2022, Dilihat 412 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi) terus berupaya menjaga keselarasan antara pendidikan vokasi dengan industri, termasuk untuk industri tekstil dan produk tekstil (TPT). Mengantisipasi pesatnya perkembangan industri tekstil sebagai akibat revolusi industri 4.0 Kemendikbudristek mendukung penyiapan menyiapkan SDM vokasi yang memiliki seperangkat keterampilan sesuai dengan kebutuhan TPT di Indonesia.
 

Peringatan HUT ke-77 RI di Rusia Dibuka dengan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia  ( 04 Agustus 2022, Dilihat 468 kali . )
Dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Republik Indonesia di Federasi Rusia, para mahasiswa yang tergabung dalam Perhimpunan Mahasiswa Indonesia di Rusia (Permira) menyelenggarakan Ajang Pemilihan Duta Mahasiswa Indonesia tahun 2022. Pada ajang ini, Mohamad Herlin Idris, mahasiswa studi S2 Bidang New Material and Additive Technology pada Peter The Great St. Petersburg Polytechnic University di St. Petersburg, serta Rosmariani Manalu, mahasiswi S2 Bidang Pariwisata di Kazan State University, terpilih sebagai pemenang dan dinobatkan menjadi Putra dan Putri Permira Tahun 2022 dalam grand final pemilihan yang digelar di KBRI Moskow pada Minggu, (17/7).
 

Dukung Tumbuhnya Inovasi Siswa Bidang IPTEK, Kemendikbudristek Gelar OSN 2022  ( 03 Agustus 2022, Dilihat 182 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) terus melakukan transformasi guna mendorong peningkatan kualitas pembelajaran anak Indonesia dalam menghadapi tantangan global. Salah satunya, melalui perhelatan Olimpiade Sains Nasional (OSN) Tahun 2022 Tingkat Nasional jenjang pendidikan dasar yang digelar pada 1 hingga 7 Agustus 2022 secara hibrida.
 

Dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura dalam Implementasi Kurikulum Merdeka  ( 03 Agustus 2022, Dilihat 95 kali . )
Pemantauan proses implementasi Kurikulum Merdeka terus dilakukan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di berbagai wilayah. Dalam kunjungan ke Kantor Bupati Jayapura serta SMKN 1 Sentani dan SMPN 4 Sentani; Direktorat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), melihat antusiasme dan dukungan pemda dalam implementasi Kurikulum Merdeka.
 

Kuatkan Kerja Sama Riset dan Teknologi Kehutanan, KBRI Tokyo Gelar Indonesia-Japan Forest Talks  ( 03 Agustus 2022, Dilihat 166 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo terus mendorong semangat Kampus Merdeka dalam mengemban diplomasi pendidikan tinggi, riset, dan teknologi di Jepang. Bekerja sama dengan Tokyo University of Agriculture and Technology (TUAT), KBRI Tokyo menggelar diskusi ilmiah bidang kehutanan yang diberi tajuk Indonesia-Japan Forest Talks di Kampus Koganei TUAT, Selasa (2/8).
 

SMPN 7 Padang Siap Implementasikan Kurikulum Merdeka  ( 03 Agustus 2022, Dilihat 106 kali . )
SMP Negeri 7 Padang menjadi salah satu sekolah yang dikunjungi tim Kemendikbudristek dari Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) mengenai implementasi Kurikulum Merdeka. Meskipun sejak tahun 2021 sekolah ini sudah menjadi Sekolah Penggerak, tahun ini menjadi tahun pertama bagi SMPN 7 Padang dalam mengimplementasikan Kurikulum Merdeka. Kepala SMPN 7 Padang, Hasyuni Harti, mengatakan keputusan untuk menerapkan Kurikulum Merdeka pada tahun ini merupakan tekad bersama yang diputuskan melalui musyawarah guru dan dengan dukungan para pemangku kepentingan.
 

Sejalan dengan Tujuan Pembangunan, Kabupaten Klungkung Dukung Implementasi Kurikulum Merdeka  ( 02 Agustus 2022, Dilihat 96 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), terus melakukan koordinasi dengan pemerintah daerah, organisasi-organisasi guru, dan pemangku kepentingan lainnya untuk terus memberikan pemahaman terkait Kurikulum Merdeka agar tidak terjadi miskonsepsi. Hal tersebut ditegaskan oleh Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Kemendikbudristek, Anindito Aditomo, di Jakarta, Selasa (2/8).
 

Dukung Kurikulum Merdeka, Kota Padang Antusias dengan Projek Profil Pelajar Pancasila  ( 02 Agustus 2022, Dilihat 138 kali . )
Wali Kota Padang, Hendri Septa, menyatakan komitmennya dalam mendukung implementasi Kurikulum Merdeka di satuan pendidikan di Kota Padang, Sumatra Barat. Selain itu, Kota Padang juga telah mendukung pelaksanaan program Sekolah Penggerak sejak angkatan pertama, yaitu tahun 2021. Hendri mengatakan, salah satu hal yang menarik dari implementasi Kurikulum Merdeka dan program Sekolah Penggerak adalah projek penguatan profil pelajar Pancasila.
 

Implementasi Kurikulum Merdeka, Muatan Kearifan Lokal Bisa Dimasukkan Melalui Tiga Opsi  ( 02 Agustus 2022, Dilihat 182 kali . )
Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan dapat menambahkan muatan lokal yang ditetapkan oleh pemerintah daerah sesuai dengan kearifan lokal atau karakteristik daerahnya melalui tiga opsi secara fleksibel. Pertama, mengembangkan muatan lokal menjadi mata pelajaran sendiri; kedua, mengintegrasikan muatan lokal ke dalam seluruh mata pelajaran; dan ketiga, melalui projek penguatan profil pelajar Pancasila. Hal tersebut diungkapkan oleh Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kemendikbudristek, Zulfikri, saat menerima audiensi dari Bupati Lima Puluh Kota, Safaruddin Dt. Bandaro Rajo, di Kantor Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (1-8-2022).
 

Pentingnya Pelaku Usaha Lokal Pahami Literasi Pemasaran Digital bagi Pengembangan UMKM  ( 02 Agustus 2022, Dilihat 647 kali . )
Salah satu kegiatan utama dari Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) #SemangatSulbar tahun ini adalah diadakannya pelatihan bagi unit mikro, kecil, dan menengah (UMKM) lokal dan simposium yang bertema "Memupuk Karakter Bangga Buatan Indonesia melalui Merdeka Belajar". Khusus untuk pelatihan peningkatan kapasitas UMKM dan satuan pendidikan vokasi yang diselenggarakan di Mamuju, Sulawesi Barat pada gelaran Gernas BBI ini, peserta pelatihan terdiri  50 pelaku usaha dengan berbagai latar belakang bisnis. Di antaranya bidang makanan dan minuman, olahan pertanian dan perkebunan (nonmakanan dan minuman), industri kreatif/kerajinan, fesyen, dan jasa.