Pendekatan Baru Pemajuan Kebudayaan   ( 22 Juli 2019, Dilihat 1 kali . )
Sleman, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengungkapkan bahwa situs Candi Prambanan adalah sebagai bukti kemajuan peradaban masa lalu yang berbasis sains (science), teknologi (technology), rekayasa (engineering), seni (art), dan matematika (STEAM). Maka, dalam rangka pemajuan kebudayaan, sangatlah wajar untuk menggunakan pendekatan STEAM, khususnya unsur teknologi yang sangat lekat dengan keseharian kaum muda.
 

Berkompetisi dan Berkolaborasi di Kemah Budaya Kaum Muda  ( 22 Juli 2019, Dilihat 32 kali . )
Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM) Tahun 2019 yang diselenggarakan Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjen Kebudayaan) Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) merupakan ajang generasi muda untuk berkompetisi, berkolaborasi, dan merumuskan ide-ide kreatif untuk pemajuan kebudayaan.
 

Mendikbud: Pemajuan Kebudayaan Akan Dipelopori Kaum Muda   ( 21 Juli 2019, Dilihat 29 kali . )
"Maju mundurnya kebudayaan tergantung Saudara semua. Dan Kemah Budaya ini menjadi titik tolak untuk memajukan kebudayaan kita," disampaikan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, saat membuka Kemah Budaya Kaum Muda (KBKM), diselenggarakan Direktorat Jenderal Kebudayaan Kemendikbud, di Candi Prambanan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Minggu (21/7/2019).
 

Pelajar Indonesia Siap Bertanding di Olimpiade Sains Internasional 2019  ( 20 Juli 2019, Dilihat 304 kali . )
Pada bulan Juli dan Agustus 2019 ini pelajar Indonesia akan mengikuti  olimpiade kimia internasional atau International Chemistry Olympiad (IChO) dan olimpiade ekonomi internasional atau International Economic Olympiad (IEO). IChO akan berlangsung pada 21 - 30 Juli di Paris dan IEO akan diselenggarakan pada 23 Juli - 1 Agustus di Rusia. Selain itu, dari bidang penelitian para pelajar Indonesia juga akan mengikuti ASPC (ASEAN Student Science Project Competition) ke-5 pada 21-27 Juli 2019 di Thailand.
 

Kemendikbud Usulkan M.Tabrani, Penggagas Bahasa Indonesia Menjadi Bahasa Persatuan Sebagai Pahlawan   ( 18 Juli 2019, Dilihat 23 kali . )
Jakarta, Kemendikbud --- Sebagai tokoh nasional yang telah berjasa kepada bangsa dan negara, khususnya dalam memperjuangkan bahasa Indonesia sebagai bahasa negara, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengusulkan Mohammad Tabrani sebagai Pahlawan Nasional Indonesia. Hal tersebut diutarakan Kepala Badan Pengembangan Bahasa dan Perbukuan, Kemendikbud, Dadang Sunendar, saat berziarah ke makam tokoh nasional tersebut, di Taman Pemakaman Umum (TPU) Tanah Kusir, Jakarta, Kamis (18/07/2019).
 

Selenggarakan PPDB Zonasi, SMPN 1 Tambun Selatan Jangkau Siswa di Sekitar Sekolah  ( 17 Juli 2019, Dilihat 429 kali . )
Jakarta, Kemendikbud—Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) sistem zonasi terbukti memberikan manfaat tersendiri bagi para siswa yang tinggal di sekitar sekolah, seperti dialami oleh warga yang tinggal di sekitar Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) 1 Tambun Selatan, Kabupaten Bekasi. Hal ini mengemuka saat Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Muhadjir Effendy meninjau pelaksanaan kegiatan Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMPN 1 Tambun Selatan pada Selasa (16/7/2019). Pihak sekolah mengakui kini dapat lebih memprioritaskan untuk menjangkau para siswa yang tinggal di sekitar sekolah.
 

Pendidikan Keluarga adalah Pendidikan yang Utama  ( 17 Juli 2019, Dilihat 726 kali . )
Keluarga mempunyai peran paling penting terhadap proses pembentukan karakter anak, karena keluarga adalah sekolah pertama bagi anak. Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Pendidikan Masyarakat (Dikmas) Harris Iskandar mengatakan, keluarga adalah pendidikan pertama yang memiliki pengaruh besar terhadap perilaku individu.
 

Resmi Digelar, ICSE 2019 Tingkatkan Kesadaran Pendidikan Khusus di Kawasan Asia Tenggara  ( 16 Juli 2019, Dilihat 515 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) melalui Direktorat Pembinaan Pendidikan Khusus bekerja sama dengan The Southeast Asian Ministers of Education Organization (SEAMEO) Special Education Needs (SEN) serta Universitas Negeri Surabaya (Unesa) menyelenggarakan The International Conference of Special Education (ICSE) ke-3 Tahun 2019 di Surabaya, Jawa Timur, pada tanggal 13 sampai dengan 15 Juli 2019. Mengambil tema “Elevating Innovation for Sustainable Development of Special Needs Education“, konferensi ini diikuti delegasi dari 10 negara Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) dan berbagai negara di dunia.
 

Kemendikbud Ajak Daerah Tingkatkan Pendidikan Inklusif  ( 15 Juli 2019, Dilihat 500 kali . )
Surabaya, Kemendikbud --- Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (kemendikbud) berharap agar komitmen pemerintah daerah terhadap implementasi pendidikan inklusif dapat terus ditingkatkan. Direktur Pembinaan Pendidikan Khusus, Sanusi, mengungkapkan bahwa pemerintah daerah menjadi kunci dalam peningkatan akses layanan pendidikan bagi anak berkebutuhan khusus, baik melalui Sekolah Luar Biasa (SLB) maupun sekolah inklusi sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusif bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.  
 

Istri Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mengantar Puteranya di Hari Pertama Masuk Sekolah  ( 15 Juli 2019, Dilihat 508 kali . )
Jakarta, Kemendikbud --- Hari pertama masuk sekolah, Suryan Widati Muhadjir Effendy, mengemukakan pentingnya peran orang tua mengantarkan anaknya ke sekolah, khususnya bagi anak yang menjadi siswa baru. Mengantarkan anak tersebut, menurutnya, penting dilakukan agar anak percaya diri masuk pada lingkungan sekolah yang baru.
 

Tidak Ada Toleransi Bagi Praktik-praktik Kecurangan dalam PPDB  ( 15 Juli 2019, Dilihat 787 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Muhadjir Effendy, menegaskan tidak akan memberikan toleransi bagi praktik-praktik kecurangan yang terjadi di sekolah, khususnya dalam penerimaan peserta didik baru. Ia mengimbau agar semua pihak menjaga supaya pendidikan tetap bersih.
 

Jawa Tengah Juara Umum Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2019   ( 15 Juli 2019, Dilihat 823 kali . )
Provinsi Jawa Tengah berhasil meraih gelar juara umum pada Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK 2010 dengan membawa pulang piala dari 22 bidang keahlian yang dilombakan. Beberapa bidang lomba yang berhasil dimenangkan Provinsi Jawa Tengah di antaranya Juara I Auto Body Repair (SMKN 2 Salatiga), Juara 1 Automobile Technology (SMKN 3 Kendal), dan Joinery (SMKN 2 Kebumen).
 

BBM 2019 Didik Ninik Thowok: Kebebasan Berkreasi untuk Hargai Keberagaman  ( 13 Juli 2019, Dilihat 921 kali . )
Hal terpenting dalam mengajarkan seni tari kepada anak-anak adalah kebebasan dalam berkreasi, tujuannya adalah untuk menumbuhkan sikap saling menghargai di antara sesama yang berbeda-beda latar belakang. Prinsip tersebut yang dijalankan oleh maestro tari kenamaan Indonesia, Didik Nini Thowok, saat membimbing para peserta program Belajar Bersama Maestro (BBM) Didik Nini Thowok.
 

Membandingkan Aslinya Candi Prambanan dengan Versi Peramban  ( 12 Juli 2019, Dilihat 970 kali . )
Panas terik matahari Yogyakarta di siang hari tak menyurutkan semangat para peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK tahun 2019 untuk mengikuti agenda wisata edukasi. Setelah bertanding selama tiga hari, yakni pada 9 s.d 11 Juli 2019, mereka bisa menikmati wisata edukasi di Museum Merapi dan Candi Prambanan. Nama besar Candi Prambanan tentu tak asing lagi bagi pelajar di bangku sekolah. Namun, peserta LKS SMK 2019 tetap takjub saat melihat langsung bangunan-bangunan candi di sana yang berbeda dengan bayangan mereka saat melihat foto-fotonya di dunia maya atau melalui peramban (browser).