Program Diplomat Mengajar Wujud Akselerasi Dukungan Kebijakan Merdeka Belajar  ( 21 Mei 2022, Dilihat 127 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di London bekerja sama dengan Universitas Airlangga (UNAIR), Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA) Surabaya, dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN) Veteran Jawa Timur menggelar program Diplomat Mengajar untuk mendukung pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar, khususnya di program studi Hubungan Internasional (HI).
 

Enam Industri dan Satu Asosiasi Tandatangani Kerja Sama dengan Kemendikbudristek  ( 21 Mei 2022, Dilihat 92 kali . )
Guna meningkatkan ekosistem kemitraan antara satuan pendidikan vokasi dengan dunia usaha dunia industri (DUDI); Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kemitraan dan Penyelarasan Dunia Usaha dan Dunia Industri (Direktorat Mitras DUDI) merintis kerja sama baru dengan enam DUDI dan satu asosiasi.
 

Ciptakan Tenaga Kerja Terampil, Kemendikbudristek Terus Dorong Competitive Fund Vokasi  ( 21 Mei 2022, Dilihat 75 kali . )
Transformasi pendidikan tinggi vokasi oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Vokasi (Ditjen Diksi) terus bergulir. Tahun ini, fokusnya adalah Peningkatan Program Diploma Tiga (D-3) Menjadi Program Sarjana Terapan (S.Tr) dan Pembukaan Program Diploma Dua (D-2) Jalur Cepat.
 

Pemerintah Ajak Masyarakat Dukung Empat Agenda Prioritas G20 Bidang Pendidikan  ( 21 Mei 2022, Dilihat 316 kali . )
Juru Bicara Presidensi G20 Indonesia, Maudy Ayunda mengajak masyarakat untuk mendukung empat agenda prioritas G20 bidang pendidikan. Pada pertemuan perdana, Kelompok Kerja Pendidikan atau Education Working Group (EdWG) yang diselenggarakan di Yogyakarta, negara-negara anggota G20 telah menyepakati  komitmen untuk mendukung empat agenda prioritas Indonesia di bidang pendidikan yaitu Pendidikan Berkualitas untuk Semua, Teknologi Digital dalam Pendidikan, Solidaritas dan Kemitraan, serta Masa Depan Dunia Kerja Pasca Covid-19 sebagai solusi bersama untuk bangkit dari situasi pandemi.
 

Laporan Hasil G20 Bidang Pendidikan Akan Dibawa ke Konferensi Transformasi Pendidikan PBB  ( 20 Mei 2022, Dilihat 347 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) memimpin beberapa sesi pembahasan yang lebih mendalam mengenai agenda prioritas pendidikan pada hari kedua pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau G20 Education Working Group (EdWG). Selain itu, Kemendikbudristek juga memimpin penyusunan laporan hasil G20 EdWG dan menginisiasi pembahasan untuk membawa hasil-hasil dari EdWG G20 secara lebih luas lagi, yakni kepada negara-negara Anggota Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) melalui pertemuan Konferensi Transformasi Pendidikan atau Transforming Education Summit (TES).
 

Pimpin Pertemuan Kedua EdWG G20, Kemendikbudristek Satukan Suara Untuk Pulihkan Pendidikan  ( 20 Mei 2022, Dilihat 121 kali . )
Menutup pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan (Education Working Group/EdWG) G20, Iwan Syahril, Chair of G20 EdWG 2022 menyampaikan kepada awak media bahwa di bawah kepemimpinan Indonesia melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), para delegasi EdWG G20 berhasil menyatukan suara akan pentingnya transformasi berbasis gotong royong untuk pemulihan pendidikan.
 

Kemendikbudristek Bahas Teknologi Digital Pembelajaran sampai Deklarasi Tingkat Menteri Pendidikan  ( 20 Mei 2022, Dilihat 123 kali . )
Pada hari kedua (19/05) pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan (Education Working Group-EdWG) G20, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali memimpin beberapa sesi pembahasan yang lebih mendalam mengenai agenda prioritas Pendidikan Berkualitas untuk Semua dan Teknologi Digital dalam Pendidikan. Selain itu, draf deklarasi menteri pendidikan G20 juga mulai didiskusikan agar nantinya dapat memberikan manfaat signifikan bagi Indonesia dan dunia.
 

G20 Bidang Pendidikan, Indonesia Bahas Kebijakan Pendidikan untuk Pemulihan Pembelajaran  ( 20 Mei 2022, Dilihat 345 kali . )
Menilik dampak pandemi terhadap kondisi pembelajaran di Indonesia khususnya, berdasarkan hasil riset yang telah dilakukan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), selama pandemi siswa mengalami kehilangan pembelajaran (learning lost) yang setara dengan enam bulan dan lima bulan belajar masing-masing untuk literasi dan numerasi. Padahal sebelum pandemi, kemajuan pembelajaran selama satu tahun pendidikan di jenjang SD adalah sebesar 129 poin untuk literasi dan 78 poin untuk numerasi.
 

46 Perguruan Tinggi Luar Negeri Siap Terima Mahasiswa Vokasi Indonesia  ( 19 Mei 2022, Dilihat 147 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi (Ditjen Diksi), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), resmi meluncurkan Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Edisi Vokasi pada April lalu. Setelah diluncurkan, Ditjen Diksi telah bermitra dengan 46 perguruan tinggi luar negeri untuk menerima mahasiswa vokasi Indonesia.
 

Jelaskan Transformasi Pendidikan, Mendikbudristek Bahas Merdeka Belajar di Forum Pendidikan G20  ( 19 Mei 2022, Dilihat 1180 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek) Nadiem Anwar Makarim menjelaskan peran gotong royong sebagai landasan transformasi pendidikan Indonesia melalui terobosan Merdeka Belajar yang sekaligus menjadi dasar agenda prioritas G20 bidang pendidikan. Pada presidensi Indonesia di forum G20, terdapat empat agenda prioritas pendidikan, yakni Pendidikan Berkualitas untuk Semua, Teknologi Digital dalam Pendidikan, Solidaritas dan Kemitraan, dan Masa Depan Dunia Kerja Pasca Covid-19.
 

Mendikbudristek Jelaskan Transformasi Pendidikan Indonesia Melalui Merdeka Belajar  ( 19 Mei 2022, Dilihat 152 kali . )
Pada pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan (Education Working Group/EdWG) G20 yang dibuka pada Rabu (18/05) dan berlangsung selama dua hari secara hibrida ini, Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menjelaskan peran gotong royong sebagai landasan transformasi pendidikan Indonesia melalui terobosan Merdeka Belajar sekaligus menjadi dasar agenda prioritas bidang pendidikan G20.
 

Filosofi Gotong Royong Sabilulungan Jadi Semangat Pertemuan Kedua G20 Bidang Pendidikan  ( 19 Mei 2022, Dilihat 324 kali . )
Kota Bandung, Jawa Barat, dipilih sebagai lokasi penyelenggaraan pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau G20 Education Working Group (EdWG) yang diselenggarakan secara hibrida pada 18-19 Mei 2022. Di Tanah Pasundan itu, Kemendikbudristek ingin merefleksikan filosofi masyarakat Sunda yang sangat relevan dengan semangat gotong royong, yaitu Sabilulungan. Kemendikbudristek mengajak para delegasi untuk mencapai tujuan bersama dan berperan aktif di dalam pertemuan tersebut.
 

Siswa Canberra Grammar School Tunjukkan Kemampuan Berbahasa Indonesia di Depan Dubes RI  ( 18 Mei 2022, Dilihat 323 kali . )
Duta Besar Republik Indonesia untuk Australia dan Vanuatu, Siswo Pramono beserta Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, Mukhamad Najib, mendapat sambutan hangat dari para guru dan siswa saat melakukan kunjungan ke Canberra Grammar School (CGS), Selasa (17/5). Kunjungan kerja dilakukan dalam rangka memenuhi undangan dari CGS. Dalam kesempatan ini, para siswa mempraktikkan kemampuan berbahasa Indonesia yang diapresiasi Dubes Siswo.
 

8.105 Guru Mulai Jalani Program Pendidikan Guru Penggerak Angkatan 5  ( 18 Mei 2022, Dilihat 205 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Dirjen GTK) kembali menggelar Program Pendidikan Guru Penggerak (PPGP). Kali ini, 8.105 guru yang mengikuti program akan menjadi angkatan ke-5 dari PPGP. Calon Guru Penggerak akan menjalani pendidikan selama enam bulan dan dibekali dengan kemampuan kepemimpinan pembelajaran dan pedagogi. Pada program ini, calon Guru Penggerak akan didampingi oleh 1.504 pengajar praktik, 28 fasilitator, dan 50 instruktur.
 

Pertemuan Kedua G20 Bidang Pendidikan, Kemendikbudristek Siapkan Deklarasi Tingkat Menteri  ( 18 Mei 2022, Dilihat 180 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar pertemuan kedua Kelompok Kerja Pendidikan G20 atau G20 Education Working Group (EdWG) secara daring pada tanggal 18 Mei dan 19 Mei 2022. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut dari pertemuan perdana G20 EdWG yang dilaksanakan di D.I Yogyakarta pada Maret lalu.
 

Pertemuan Kedua G20 Bidang Pendidikan Fokus Pendidikan Berkualitas dan Teknologi Digital  ( 18 Mei 2022, Dilihat 195 kali . )
Sebagai tindak lanjut dari pertemuan perdana Kelompok Kerja Pendidikan (Education Working Group/EdWG) G20 yang dilaksanakan di Daerah Istimewa (D.I.) Yogyakarta pada Maret lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar pertemuan kedua EdWG G20 secara daring pada tanggal 18 Mei dan 19 Mei 2022.
 

KBRI Tokyo Kenalkan Konsep Kampus Merdeka dan Promosi Budaya di Keio University  ( 17 Mei 2022, Dilihat 127 kali . )
Setelah libur Hari Raya Idul Fitri 1443 H, Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI ) di Tokyo kembali memulai safari diplomasi pendidikan dan kebudayaan ke berbagai perguruan tinggi di Jepang melalui program Ambassador Goes To Campus (AGTC). Salah satunya ke Keio University, perguruan tinggi yang masuk daftar Top 300 QS 2022 Ranking dan berminat menjadi mitra Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA).
 

KBRI Tokyo Gelar Webinar Tentang Pemimpin Perempuan Dalam Dunia Pendidikan Tinggi  ( 17 Mei 2022, Dilihat 433 kali . )
Dalam memperingati Hari Kartini dan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2022, Dharma Wanita Persatuan (DWP) KBRI Tokyo bekerja sama dengan Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) menggelar webinar dengan tema Kartini Masa Kini Dalam Dunia Pendidikan: Perkembangan Kepemimpinan Perempuan Dalam Pendidikan Tinggi, pada Senin (25/4).
 

Indonesia Melalui Kemendikbudristek Dorong Komitmen Pemulihan Pendidikan Kawasan Asia Pasifik  ( 16 Mei 2022, Dilihat 215 kali . )
Kelompok Kerja Pengembangan Sumber Daya Manusia (Human Resources Development Working Group/HRDWG) dalam forum kerja sama Asia-Pacific for Economic Cooperation (APEC) terus berkomitmen untuk memulihkan dan meningkatkan kualitas pembelajaran di kawasan Asia Pasifik. Komitmen ini tertuang dalam pertemuan tahunan ke-47 APEC HRDWG yang dilaksanakan secara hibrida pada tanggal 9-12 Mei 2022, di Bangkok, Thailand. Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kemendikbudristek, sebagai focal point APEC HRDWG Indonesia, ikut hadir dan berperan aktif bersama 20 anggota ekonomi APEC lainnya.