Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA) di RBI-Berlin Siap Dimulai  ( 21 Mei 2024, Dilihat 51 kali . )
Ketertarikan warga negara Jerman untuk belajar Bahasa Indonesia kian meningkat. Setelah sebelumnya KJRI Frankfurt dan APPBIPA Jerman membuka Kelas Bahasa Indonesia untuk Penutur Asing (BIPA)  Periode Musim Semi 2024, kini giliran Rumah Budaya Indonesia (RBI) KBRI Berlin membuka kelas BIPA. 
 

Pelajar SMAN 1 Puri Mojokerto Kenali Budaya dan Sistem Pendidikan di Jerman  ( 21 Mei 2024, Dilihat 45 kali . )
Pertukaran pelajar ke luar negeri merupakan sebuah kesempatan emas bagi pelajar untuk memperluas wawasan dan mengembangkan diri. Banyak kegiatan yang umumnya dilakukan seperti kunjungan ke Universitas setempat, penampilan budaya, dan pengerjaan proyek. Inilah yang dilakukan pelajar Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 1 Puri Mojokerto. 
 

PBI-Dili Teruskan Komitmen Penguatan Pengajar BIPA Lokal   ( 21 Mei 2024, Dilihat 37 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili menggelar kegiatan pelatihan dan penguatan pengajar Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Lokal Timor-Leste pada Senin, 6 Mei 2024.
 

Penetapan UKT di Kampus Harus Kedepankan Asas Keadilan dan Inklusivitas  ( 21 Mei 2024, Dilihat 47 kali . )
Direktur Jenderal (Dirjen) Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Diktiristek), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Prof. Dr. rer. nat. Abdul Haris, M.Sc., hari ini kembali menjelaskan kepada publik terkait penyesuaian uang kuliah tunggal (UKT) yang terjadi di sejumlah perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi negeri berbadan hukum (PTN-BH) seusai rapat kerja dengan Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI).
 

Pusat Budaya Indonesia-Dili Fasilitasi 10 Polisi Timor-Leste Belajar Bahasa Indonesia  ( 21 Mei 2024, Dilihat 32 kali . )
Pemerintah Indonesia lewat kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili menghelat kegiatan Pembelajaran Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) Khusus Policia Nacional Timor-Leste (PNTL) bertempat di Pusat Budaya Indonesia (PBI)-Dili pada tanggal 7 Mei 2024.
 

Pusat Budaya Indonesia-Dili Fasilitasi Penjaringan Mahasiswa Baru President University  ( 21 Mei 2024, Dilihat 33 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili, Timor-Leste pada Minggu, 5 Mei 2024 telah memfasilitasi pelaksanaan on-site test yang diselenggarakan oleh President University dalam rangka penjaringan calon mahasiswa baru asal Timor-Leste Tahun Ajaran 2024/2025 di Pusat Budaya Indonesia (PBI).
 

Atdikbud Beri Kuliah Demokrasi di Depan Mahasiswa University of Sydney  ( 20 Mei 2024, Dilihat 120 kali . )
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra, Mukhamad Najib, menjadi dosen tamu di University of Sydney pada Jumat (17/5). Di salah satu kampus terbaik dunia tersebut, Atdikbud Najib berbicara mengenai tantangan demokrasi di Indonesia dari masa ke masa. Kegiatan ini juga sekaligus menjadi bagian dari agenda kantor Atdikbud dalam mengenalkan Indonesia kepada mahasiswa Australia.
 

Atdikbud KBRI Dili Sambut 25 Mahasiswa MBKM Interasional UNWIRA Kupang di PBI Dili Timor-Leste  ( 20 Mei 2024, Dilihat 31 kali . )
Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) bersama Pelaksana Fungsi Politik pada Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Dili pada Senin, 6 Mei 2024 menyambut kedatangan 25 mahasiswa dari Program Studi Pendidikan Musik Universitas Katolik Widya Mandira (Unwira) Kupang yang melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di Pusat Budaya Indonesia (PBI), KBRI Dili.
 

Peringatan Hari Buku Nasional 2024, Peluang Benahi Literasi dan Numerasi melalui Buku Bacaan Bermutu  ( 20 Mei 2024, Dilihat 48 kali . )
Kementerian Pendidikan Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menjadikan peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) yang jatuh pada 17 Mei 2024 sebagai momentum dan kesempatan emas untuk melaksanakan publikasi program Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Harapannya, berbagai kegiatan yang diusung dalam memperingati Harbuknas, dapat menumbuhkan kesadaran dan mendorong motivasi serta partisipasi publik dan pemangku kepentingan untuk penguatan dan keberlanjutan program buku bacaan bermutu di masa mendatang.
 

Kemendikbudristek Dorong Pemanfaatan Bacaan Sastra dalam Kurikulum Merdeka  ( 20 Mei 2024, Dilihat 53 kali . )
Dalam implementasi Kurikulum Merdeka, karya sastra merupakan salah satu sumber belajar potensial yang perlu didorong pemanfaatannya untuk meningkatkan minat baca, menumbuhkan empati, mengasah kreativitas, serta nalar kritis peserta didik. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Anindito Aditomo, dalam sesi gelar wicara Hari Buku Nasional 2024: “Sastra Masuk Kurikulum” di Plasa Insan Berprestasi, Kompleks Kemendikbudristek, Jakarta, Senin (20/5).
 

Harbuknas 2024: Upaya Meningkatkan Literasi Melalui Sastra Masuk Kurikulum dan Buku Bermutu  ( 20 Mei 2024, Dilihat 86 kali . )
Sejalan dengan tujuan utama Merdeka Belajar pada pendidikan anak usia dini, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah; Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar peringatan Hari Buku Nasional (Harbuknas) 2024 yang dirangkai melalui peluncuran “Sastra Masuk Kurikulum”, aktivitas literasi, serta berbagi buku untuk masyarakat.
 

Meriahkan Hari Buku Nasional 2024, Kemendikbudristek Berbagi Buku Bermutu  ( 19 Mei 2024, Dilihat 93 kali . )
Hari Buku Nasional (Harbuknas) dirayakan setiap tahun pada tanggal 17 Mei di Indonesia, sebagai momen penting untuk meningkatkan minat baca di kalangan masyarakat, terutama di kalangan anak-anak dan remaja. Peringatan Harbuknas tahun ini yang mengangkat tema “Baca Buku, Temukan Duniamu”, dimeriahkan dengan berbagai kegiatan yang menarik.
 

Sesjen Kemendikbudristek: Kolaborasi Wujudkan Pembangunan SDM Indonesia yang Unggul dan Berkarakter  ( 17 Mei 2024, Dilihat 202 kali . )
Sekretaris Jenderal (Sesjen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Suharti, menegaskan transformasi yang Kemendikbudristek upayakan selama hampir 5 tahun diharapkan dapat memberi arah baru bagi dunia pendidikan dan kebudayaan di Indonesia. Hal ini disampaikan Suharti ketika memberi sambutan dalam pelantikan 4 orang pemimpin perguruan tinggi negeri, 2 orang pejabat pimpinan tinggi pratama, 4 orang pejabat administrator, 3 orang pejabat pengawas, dan 16 orang pejabat fungsional, di Plasa Insan Berprestasi, Kantor Kemendikbudristek, Senayan, Jakarta, Jumat (17/5).
 

Program PKW Tekun Tenun Bersama Dekranas Hasilkan Usahawan Muda Pelestari Budaya  ( 17 Mei 2024, Dilihat 62 kali . )
Salah satu program prioritas Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) di bidang pendidikan vokasi adalah Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya. Program PKW Tekun Tenun dan Kriya merupakan program kolaborasi antara Dewan Kerajianan Nasional (Dekranas) dengan Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi yang telah berjalan sejak 2020. Pada peringatan HUT ke-44 Dekranas di Kota Surakarta, Kemendikbudristek berbagi praktik baik dan dampak positif dari program PKW Tekun Tenun dan Kriya dalam rangkaian acara di Pameran Dekranas melalui gelar wicara (talkshow), peragaan busana (fashion show), dan lokakarya (workshop).
 

Lakukan Lawatan ke Kairo, Dirjen PAUD Dikdasmen Bagikan Motivasi untuk Siswa SIC  ( 17 Mei 2024, Dilihat 207 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril, di sela penugasan resminya ke Kairo berkesempatan mengunjungi Sekolah Indonesia Cairo (SIC), pada Senin, 13 Mei 2024.
 

Peluncuran Indonesian Heritage Agency, Wujud Kolaborasi Bersama Pelestarian Warisan Budaya Indonesia  ( 17 Mei 2024, Dilihat 110 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim secara resmi meluncurkan Indonesian Heritage Agency (IHA) di Museum Benteng Vredeburg, Yogyakarta, pada Kamis malam (16/5). Turut hadir para pejabat Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X, perwakilan negara sahabat, sejumlah tokoh, serta pelaku seni dan budaya. Hal ini menunjukkan komitmen gotong royong yang melibatkan semua pihak dalam upaya pelestarian warisan budaya dan sejarah Indonesia.
 

Transformasi Pendidikan Profesi Guru Dalam Jabatan Dorong Pemenuhan Guru Bersertifikat Pendidik  ( 16 Mei 2024, Dilihat 687 kali . )
Berdasarkan data 2019 hingga 2023 lalu, perbandingan jumlah guru yang memiliki sertifikat pendidik mengalami penurunan. Pada 2019 jumlah guru bersertifikat pendidik sebanyak 1.392.155 guru sedangkan di 2023 jumlah tersebut menurun menjadi 1.274.486 guru. Hal ini disebabkan beberapa faktor yakni tingginya jumlah guru honorer nonsertifikasi pendidikan yang menyebabkan beban pendidikan profesi guru (PPG) semakin besar.
 

Guru di Area Sulit Internet, Bisa Manfaatkan Awan Penggerak  ( 16 Mei 2024, Dilihat 63 kali . )
Saat ini internet menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat Indonesia, termasuk di bidang pendidikan. Namun, tidak semua jaringan internet di seluruh wilayah di Indonesia memiliki kualitas yang baik dan layak, bahkan di beberapa daerah sama sekali tidak terjangkau internet.
 

Transformasi Pendidikan Profesi Guru Prajabatan Upayakan Keseimbangan Kebutuhan Guru Berkualitas  ( 16 Mei 2024, Dilihat 60 kali . )
Jumlah guru yang pensiun di Indonesia setiap tahunnya bisa mencapai 70 ribu guru. Angka itu tak sebanding dengan jumlah guru yang telah lulus pendidikan profesi guru dari tahun 2009 hingga 2021 yakni 30.898 guru yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Tahun ini kekosongan guru secara nasional mencapai 150.095 guru yang terdiri dari 140.845 guru negeri dan 9.250 guru swasta.
 

Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya Pecahkan Rekor MURI  ( 16 Mei 2024, Dilihat 57 kali . )
Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya berlangsung dengan sangat meriah. Parade yang dimulai dari Stadion Sriwedari dan berakhir di Balai Kota Solo, secara simbolis dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Pada kesempatan ini, parade juga berhasil  mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
 

Stan PKW Tekun Tenun dan Kriya Tunjukkan Hasil Karya Peserta Didik Pendidikan Vokasi   ( 16 Mei 2024, Dilihat 42 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek menghadirkan stan Pameran Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya yang diadakan di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, dan berlangsung pada 15-18 Mei 2024.