KBRI Berlin Bersama IHK Trier & Karlsruhe Institute of Technology Kembangkan Industri Semikonduktor  ( 20 September 2024, Dilihat 66 kali . )
Usaha merealisasikan visi strategis nasional dalam membangun ekosistem industri semikonduktor di tanah air terus digencarkan oleh Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di Berlin. Deputy Chief of Mission (DCM), Fajar Wirawan Harijo, Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud), Roniyus Marjunus, Pelaksana Fungsi Ekonomi KBRI Berlin, Gading Parasati, dan Pelaksana Fungsi Penerangan, Sosial dan Budaya, Budi Annisa Sidi, mengadakan kunjungan ke Industrie- und  Handelskammer (IHK) Trier dan Karlsruhe Institute of Technology (KIT) di Karlsruhe, Jerman. Kedua lembaga tersebut dinilai penting sebagai mitra kerja sama dalam mencetak sumber daya manusia (SDM) Indonesia di bidang semikonduktor.
 

Social Campaign SDGs: Bukti Kontribusi Awardee IISMA Terhadap Isu Global  ( 19 September 2024, Dilihat 133 kali . )
Mahasiswa penerima beasiswa program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 membagikan bukti kontribusi mereka terhadap isu-isu global melalui acara IISMA Pre-Departure Series Final Presentation Sustainable Development Goals (SDGs) Challenge 2024 yang digelar secara daring melalui Zoom.
 

Film Tulang Belulang Tulang Hasil Inkubasi Indonesiana Film Siap Tayang di Bioskop  ( 19 September 2024, Dilihat 134 kali . )
Film Tulang Belulang Tulang besutan sutradara Sammaria Sari Simanjuntak dan Lies Nanci Supangkat produksi Adhya Pictures dan Pomp Pictures siap tayang di layar lebar bioskop pada 26 September 2024. Film Tulang Belulang Tulang menjadi bukti nyata kesuksesan hasil inkubasi program Indonesiana Film 2021 yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) untuk mendukung inisiatif masyarakat di bidang kebudayaan. 
 

Indonesia Raih Dua Emas, Satu Perak, dan Dua Medallion for Excellence pada WSC 2024  ( 19 September 2024, Dilihat 186 kali . )
Prestasi pelajar Indonesia terus bersinar di Ajang Talenta Internasional. Kali ini, Tim Indonesia sukses mengharumkan nama Indonesia pada ajang WorldSkills Competition (WSC) ke-47 tahun 2024. Raihan dua Medali Emas, satu Medali Perak, dan dua Medallion for Excellence menempatkan Indonesia di posisi ke-11 dari 46 negara pada ajang yang berlangsung di Lyon, Prancis pada 10 s.d. 15 September 2024.
 

Bangkitkan Minat Baca Anak, Badan Bahasa Gelar Pertemuan Penulis Komik   ( 19 September 2024, Dilihat 45 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa) melalui Pusat Pembinaan Bahasa dan Sastra menggelar Pertemuan Penulis Komik Bahan Bacaan Literasi di Jakarta, pada 17—20 September 2024. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penulis dalam menghasilkan bahan bacaan komik literasi guna mendukung Gerakan Literasi Nasional 2024 yang telah dicanangkan sejak 2016 lalu. 
 

Sorak Kemenangan Provinsi Jawa Tengah sebagai Juara Tanda Berakhirnya FLS2N 2024  ( 19 September 2024, Dilihat 119 kali . )
Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLSN2N) resmi ditutup pada 13 September 2024. FLS2N menjadi ajang bergengsi bagi peserta didik yang memiliki talenta dan minat di bidang seni untuk menorehkan karya dan prestasinya. Setiap tahunnya generasi muda bertalenta dari 38 provinsi mengikuti FLS2N di semua jenjang pendidikan, mulai dari SD/MI, SMP/MTs, dan PDBK.
 

Kemendikbudiristek Tekankan Pentingnya Pemimpin yang Mengutamakan Layanan Pendidikan Berkualitas  ( 18 September 2024, Dilihat 119 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) terus berkomitmen meningkatkan kualitas dan relevansi pendidikan nasional melalui langkah transformasi pendidikan yang komprehensif. Dengan fokus pada inovasi kurikulum, pemberdayaan guru, dan penerapan teknologi di kelas, Kemendikbudristek berupaya memastikan agar setiap anak memiliki akses ke pendidikan berkualitas, guna menciptakan lompatan besar dalam pendidikan Indonesia.
 

Peringati 5 Tahun WTBOS, Instalasi Karya Seni Dipamerkan di Bandara Internasional Minangkabau  ( 18 September 2024, Dilihat 178 kali . )
Instalasi karya seni dari empat perupa Sumatra Barat dipamerkan pada ruang kedatangan penumpang di Bandar Udara Internasional Minangkabau. Pameran bertajuk “Seri Karya Seni Instalasi untuk Memperingati 5 tahun Penetapan Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) sebagai Warisan Dunia” ini telah berlangsung sejak bulan Juni 2024 dan akan berakhir di bulan Desember 2024.
 
 

90 Siswa SD di Canberra Belajar Budaya Indonesia di KBRI  ( 18 September 2024, Dilihat 134 kali . )
Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Canberra menerima kunjungan dari 90 siswa kelas 3 Ngunawal Primary School Canberra, pada Selasa (17/9/2024). Kunjungan kali ini merupakan keempat kalinya KBRI membuka pintu bagi sekolah-sekolah di Australia untuk belajar budaya Indonesia di tahun 2024.
 

Prosesi Ajun Arah: Penghormatan Leluhur di Festival Lek Nagroi Baton Tarnda-Ngidut Pitlah nga Lamoa  ( 18 September 2024, Dilihat 173 kali . )
Festival Lek Nagroi Baton Tarnda-Ngidut Pitlah nga Lamoa, yang merupakan bagian dari rangkaian Kenduri Swarnabhumi 2024, tak sekadar menjadi ajang pertunjukan seni budaya. Di dalam festival budaya yang digelar di Jajun Pertemuan Empat Luhah, Pondok Tinggi, Kota Sungai Penuh Provinsi Jambi, terdapat ritual sakral yang selalu dilakukan sebelum pesta rakyat atau helat besar dimulai, yakni prosesi Ajun Arah. Prosesi ini adalah wujud penghormatan kepada leluhur dan simbol permohonan restu dari para pemimpin adat setempat sebelum masyarakat menggelar acara besar.
 

Tujuh Festival Kenduri Swarnabhumi 2024 Libatkan Generasi Muda Peduli Lingkungan DAS Batanghari  ( 18 September 2024, Dilihat 182 kali . )
Kenduri Swarnabhumi 2024 telah sukses menggelar tujuh dari total 12 festival yang berlangsung di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Batanghari, Provinsi Jambi. Selain merayakan keberagaman budaya lokal, rangkaian festival ini secara aktif mengangkat isu-isu sosial dan lingkungan, khususnya yang terkait dengan pelestarian air melalui tradisi-tradisi unik seperti bekarang, mandi aek, dan lubuk larangan. Semua kegiatan tersebut melibatkan generasi muda, mengajarkan mereka pentingnya menjaga warisan alam dan budaya yang menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan masyarakat.
 

Kian Berdampak, Sepuluh Tahun Pembangunan Pendidikan Berada di Koridor Yang Tepat  ( 18 September 2024, Dilihat 158 kali . )
Pembangunan pendidikan nasional selama kepemimpinan Presiden Joko Widodo telah berada di koridor yang tepat. Capaian pemerataan akses kepada layanan pendidikan serta peningkatan kualitas pendidikan terus dilakukan dengan berbagai terobosan Merdeka Belajar untuk mewujudkan sumber daya manusia (SDM) unggul.
 

Urgensi Generasi Muda Berkontribusi dalam Pengembangan Bahasa Indonesia  ( 17 September 2024, Dilihat 113 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Pusat Pengembangan dan Pelindungan (Pusbanglin) Bahasa dan Sastra, Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), terus mengembangkan Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Melalui Diseminasi KBBI Kemitraan dengan Komisi X DPR RI, Badan Bahasa berupaya untuk memastikan bahwa bahasa Indonesia tetap menjadi komunikasi, pendidikan, dan ekspresi budaya yang kuat di Indonesia.
 

Dukung Proses Adaptasi Mahasiswa di Luar Negeri, IISMA Gelar Seri Welcoming Briefing Bersama KBRI  ( 17 September 2024, Dilihat 194 kali . )
Program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) Tahun 2024 telah resmi berjalan. Untuk memastikan mahasiswa penerima beasiswa atau awardee IISMA dapat beradaptasi dengan baik di negara tujuan, program IISMA menggelar seri Welcoming Briefing yang melibatkan pembekalan dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) di masing-masing negara pada 9-12 September 2024.
 

Tanam Apa Yang Kita Makan, Makan Apa Yang Kita Tanam: Semangat Kebudayaan Untuk Pangan Lokal  ( 16 September 2024, Dilihat 76 kali . )
“Tanam Apa Yang Kita Makan, Makan Apa Yang Kita Tanam” menjadi semangat masyarakat Alor untuk melestarikan pangan lokal dalam upaya pemajuan kebudayaan. Hal ini menjadi gerakan budaya yang menjadi hasil program Sekolah Lapang Kearifan Lokal (SLKL) yang dilakukan oleh Direktorat Kepercayaan Terhadap Tuhan Yang Maha Esa dan Masyarakat Adat (KMA), Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).
 

Membanggakan, Masyarakat Jepang Antusias Belajar Membatik  ( 16 September 2024, Dilihat 182 kali . )
Batik tidak sebatas gambar di atas selembar kain. Lebih dari itu, batik adalah jiwa yang menyatu dalam kehidupan masyarakat Indonesia. Batik juga semakin diminati oleh masyarakat global, sebagaimana terlihat saat masyarakat Jepang yang antusias mengikuti Lokakarya Batik yang diadakan di Tokyo Fuji Art Museum pada Sabtu (7/9).
 

Kemendikbud Ikuti AsiaLex 2024 di Toyo University Jepang  ( 14 September 2024, Dilihat 441 kali . )
Konferensi Internasional Asosiasi Leksikografi Asia (AsiaLex) 2024 resmi dibuka di Toyo University pada 12 September 2024. Acara ini diresmikan langsung oleh Presiden AsiaLex, Kilim Nam dari Korea Selatan dan berlangsung selama tiga hari. Terdapat tiga pembicara kunci yang memberikan kuliah umum, yaitu Yuri Komuro dari Chuo University, Hajime Kimura dari Toyo University, dan Robert Lew dari Adam Mickiewiez University. Di samping itu ada empat makalah dari Indonesia yang disampaikan dalam konferensi tersebut, yaitu terkait program penambahan entri KBBI menjadi 200.000 entri, pemaknaan kembali defiinisi dalam kamus eka bahasa, tipologi makna, kata serapan dari bahasa Minangkabau, dan penyusunan kamus elektronik bahasa daerah.
 
 

Praktik Baik dan Kolaborasi di SMPN 5 Kudus dalam Penguatan Literasi  ( 14 September 2024, Dilihat 284 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggulirkan Kebijakan Merdeka Belajar episode ke-23: Buku Bacaan Bermutu untuk Literasi Indonesia. Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, dalam paparan peluncuran menekankan pentingnya program literasi yang menyenangkan bagi anak-anak. 
 

Kebudayaan sebagai Kunci Menuju Pangan Lokal Berkelanjutan  ( 13 September 2024, Dilihat 102 kali . )
Direktorat Jenderal Kebudayaan, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Alor, telah melaksanakan program Sekolah Lapang Kearifan Lokal (SLKL) di Kabupaten Alor, Nusa Tenggara Timur (NTT). Program ini bertujuan untuk menginventarisasi dan mendokumentasikan Objek Pemajuan Kebudayaan (OPK) yang ada di wilayah tersebut.
 

Pembangunan Gedung Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu, Upaya Penguatan Kebahasaan dan Kesastraan  ( 13 September 2024, Dilihat 60 kali . )
Seremoni peletakan batu pertama dan penanaman penghijauan yang menandai pembangunan Gedung Kantor Bahasa Provinsi Bengkulu telah berlangsung pada Kamis (12/9). Acara ini merupakan wujud nyata komitmen Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dalam memperkuat tugas dan fungsi di bidang kebahasaan dan kesastraan di Provinsi Bengkulu. 
 

Kemendikbudristek dan OASE KIM Donasikan Pojok Baca dan Paket Buku Untuk Sekolah PAUD di Kalimantan   ( 13 September 2024, Dilihat 78 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berkolaborasi bersama Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) memberikan donasi berupa Pojok Baca dan Paket Buku ke 20 sekolah PAUD di Provinsi Kalimantan Timur. Agenda ini juga menjadi salah satu rangkaian acara kunjungan Ibu Negara bersama OASE KIM di Provinsi Kalimantan Timur.