Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya Pecahkan Rekor MURI  ( 16 Mei 2024, Dilihat 16 kali . )
Sebagai salah satu rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya berlangsung dengan sangat meriah. Parade yang dimulai dari Stadion Sriwedari dan berakhir di Balai Kota Solo, secara simbolis dibuka oleh Ibu Negara, Iriana Joko Widodo. Pada kesempatan ini, parade juga berhasil  mencatatkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI).
 

Stan PKW Tekun Tenun dan Kriya Tunjukkan Hasil Karya Peserta Didik Pendidikan Vokasi   ( 16 Mei 2024, Dilihat 13 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) berpartisipasi dalam peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas). Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek menghadirkan stan Pameran Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya yang diadakan di Pura Mangkunegaran, Surakarta, Jawa Tengah, dan berlangsung pada 15-18 Mei 2024.
 

Kemendikbudristek Akan Luncurkan Indonesian Heritage Agency (IHA)  ( 16 Mei 2024, Dilihat 72 kali . )
Indonesian Heritage Agency (IHA), badan layanan umum yang beroperasi di bawah naungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Republik Indonesia, akan diluncurkan malam ini di Yogyakarta. IHA bertanggung jawab atas pengelolaan 18 museum dan 34 cagar budaya nasional, memastikan pelestarian dan pemanfaatan optimal warisan budaya Indonesia.
 

Kemendikbudristek Dorong Perguruan Tinggi Tetapkan Uang Kuliah Tunggal dengan Bijak dan Berkeadilan  ( 16 Mei 2024, Dilihat 16 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek) mendorong perguruan tinggi negeri untuk bersikap bijaksana dan mempertimbangkan asas keadilan dalam penetapan Uang Kuliah Tunggal (UKT). Hal ini disampaikan Pelaksana tugas (Plt.) Sekretaris Ditjen Diktiristek, Tjitjik Srie Tjahjandarie, saat menggelar jumpa pers di Gedung D, Kantor Kemendikbudristek, di Jakarta, Rabu (15/5).
 

Perkuat Kolaborasi Global, Polimarin Luncurkan Zheng He College  ( 16 Mei 2024, Dilihat 12 kali . )
Politeknik Maritim Negeri Indonesia (Polimarin) terus memperkuat kerja sama internasional dalam rangka peningkatan kualitas lembaga dan lulusannya. Berkolaborasi dengan Jiangsu Shipping College (JSSC) China, Jiangsu Zhongtian Technology (ZTT), Shanghai Sinoship Seafarer Management, dan Jiangsu Zheng He Research Association, Polimarin meluncurkan Zheng He College untuk menyiapkan bakat dan talenta bidang maritim berkelas dunia.
 

Tekun Tenun dan Kriya Peserta Didik Vokasi Turut Meriahkan HUT Ke-44 Dekranas  ( 15 Mei 2024, Dilihat 16 kali . )
Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 yang berlangsung dari 15-18 Mei 2024 di Surakarta, Jawa Tengah. Mengusung tema “Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa”, perayaan HUT Ke-44 Dekranas dimeriahkan dengan berbagai kegiatan hingga pertunjukan. Turut hadir Ibu Negara Iriana Joko Widodo, untuk membuka acara secara langsung.
 

Generasi Muda Berprestasi Ceritakan Pengaruh Ajang Talenta terhadap Sepak Terjang di Dunia Kerja  ( 15 Mei 2024, Dilihat 87 kali . )
Dalam rangka memperingati Hari Pendidikan Nasional dan Hari Kebangkitan Nasional Tahun 2024, Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) bersama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) berkolaborasi menyelenggarakan acara Bincang Talenta Berprestasi dengan Mendikbudristek di Graha Utama Gedung A Lantai Tiga Kemendikbudristek, Senin (13/5).
 

Pendidikan Kecakapan Wirausaha Tekun Tenun dan Kriya Semarakkan HUT Ke-44 Dekranas  ( 14 Mei 2024, Dilihat 58 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, menghadirkan stan Program Pendidikan Kecakapan Wirausaha (PKW) Tekun Tenun dan Kriya Indonesia pada Pameran Hari Ulang Tahun Ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas), di Pura Mangkunegaran, Kota Surakarta, Jawa Tengah, pada 15 Mei 2024.
 

Mobil Hias Rojomolo dan Mobil Hias Angklung, Hasil Kolaborasi Kemendikbudristek dan Dekranas  ( 14 Mei 2024, Dilihat 92 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Perfilman, Musik, dan Media, Direktorat Jenderal Kebudayaan, berpartisipasi pada Parade Mobil Hias, Kriya, dan Budaya dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-44 Dewan Kerajinan Nasional (Dekranas) yang diselenggarakan di Surakarta, Jawa Tengah, pada tanggal 15 Mei 2024. Tema resmi HUT ke-44 Dekranas adalah "Tumbuh Bersama, Majukan Warisan Bangsa".
 

Hadapi Tantangan Global, SEAMOLEC Akselerasi Kompetensi Transformasi Digital Dosen UNY  ( 14 Mei 2024, Dilihat 84 kali . )
Transformasi digital bagi dosen di perguruan tinggi memiliki potensi besar untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran. Transformasi digital ini bukan hanya tentang penggunaan teknologi, tetapi juga tentang perubahan paradigma dalam pendekatan pengajaran dan pembelajaran, yang bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan, pemahaman, dan prestasi mahasiswa.
 

Kolaborasi Komisi Nasional dan UNESCO Jakarta Menuju Perubahan Berkelanjutan  ( 14 Mei 2024, Dilihat 166 kali . )
Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Itje Chodidjah, mengajak para delegasi Komisi Nasional untuk UNESCO dari Brunei Darussalam, Filipina, Indonesia, Malaysia, dan Timor-Leste untuk terus melanjutkan semangat kolaborasi yang telah tumbuh demi tercapainya perubahan yang berdampak dan berkelanjutan. Hal tersebut disampaikannya pada hari kedua Pertemuan Regional Lima Komisi Nasional untuk UNESCO Wilayah Asia Tenggara di Jakarta, Rabu (8/5).
 

Tingkatkan Layanan Pendidikan Vokasi, Kemendikbudristek Terima Hibah dari Pemprov Sulawesi Selatan  ( 13 Mei 2024, Dilihat 46 kali . )
Sekretaris Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan Penjabat (Pj.) Gubernur Sulawesi Selatan menandatangani Nota Perjanjian Hibah Daerah (NPHD) dan Berita Acara Serah Terima (BAST) Hibah Barang Milik Negara berupa lahan yang digunakan sebagai Balai Pengembangan Penjaminan Mutu Pendidikan Vokasi Bidang Kelautan, Perikanan, Teknologi Informasi dan Komunikasi (BPPMPV KPTK) di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, Senin (13/5).
 

Kemendikbudristek Lakukan Advokasi dan Koordinasi Program GSS kepada SMA Binaan Tahun 2024  ( 13 Mei 2024, Dilihat 47 kali . )
Kebijakan Merdeka Belajar merupakan langkah transformasi pendidikan demi terwujudnya SDM unggul. Berdasarkan Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan, Pasal 97 antara lain menyebutkan kesehatan sekolah diselenggarakan untuk meningkatkan kemampuan hidup sehat bagi peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan dalam rangka mewujudkan lingkungan sekolah yang sehat.
 

Komitmen Kemendikbudristek Tingkatkan Kesejahteraan Guru untuk Hindari Pinjaman Online Ilegal  ( 13 Mei 2024, Dilihat 217 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) terus melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan kesejahteraan guru di Indonesia. Maraknya kasus pinjaman online (pinjol) yang juga menjerat kalangan pendidik, kian menjadi sorotan dan menimbulkan keprihatinan tersendiri.
 

Tak Segan Belajar dari Kegagalan, Bayu Krisna Berhasil Meraih Medali Perak FIKSI 2023  ( 11 Mei 2024, Dilihat 456 kali . )
Bayu Krisna, siswa kelas dua SMK Negeri 1 Mojosongo Boyolali yang hobi membaca novel, berkebun, dan bernyanyi ini merupakan anak kedua dari dua bersaudara. Ayah Bayu bekerja sebagai sopir antarjemput pegawai pabrik dan buruh tani, sedangkan ibunya seorang ibu rumah tangga. Dari tahun 2007 hingga saat ini, ia lahir dan tinggal di Boyolali.
 

Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI, Jaring Aspirasi Kebijakan Merdeka Belajar di Medan  ( 11 Mei 2024, Dilihat 260 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama Komisi X DPR RI melakukan kunjungan kerja di Medan, Provinsi Sumatra Utara, (6/5/2024). Sekretaris Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Praptono, mewakili Kemendikbudristek, menyampaikan kegiatan kunjungan kerja ini bertujuan untuk menggali aspirasi dari Pemerintah dan masyarakat daerah Sumatera Utara serta mengawasi implementasi berbagai kebijakan Pemerintah.
 

IISMA Entrepreneur Perkuat Keterampilan Wirausaha Mahasiswa Lewat Studi di Luar Negeri  ( 11 Mei 2024, Dilihat 724 kali . )
Saat ini, daya tampung dunia kerja tidak lagi mencukupi bagi lulusan perguruan tinggi. Indonesia membutuhkan lulusan perguruan tinggi yang tidak bergantung pada ketersediaan lapangan kerja. Sebaliknya, lulusan harus memiliki sikap kreatif dan inovatif dalam menghadapi persoalan yang ada, baik persoalan sendiri maupun yang tengah dihadapi oleh masyarakat.