Dukung Peningkatan Akses Pendidikan, Beasiswa Pendidikan Indonesia Tahun 2024 Resmi Dibuka  ( 02 Mei 2024, Dilihat 20 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Balai Pembiayaan Pendidikan Tinggi (BPPT), Pusat Layanan Pembiayaan Pendidikan kembali membuka Beasiswa Pendidikan Indonesia (BPI) Tahun 2024. Program ini merupakan kolaborasi Kemendikbudristek dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) yang dirancang untuk memberikan kesempatan kepada peserta didik, pendidik (dosen ber-NIDN dan guru), serta insan budaya untuk menempuh pendidikan gelar dan non-gelar, baik di dalam maupun di luar negeri.
 

Mendikbudristek Apresiasi Semangat Penutur Muda yang Aktif dalam Pelestarian Bahasa Daerah   ( 02 Mei 2024, Dilihat 17 kali . )
Rona bahagia terpancar dari wajah Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, beserta jajaran pejabat di lingkungan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) ketika menyaksikan penampilan pembuka dari perwakilan para peserta Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN) Tahun 2024.
 

Semarak Hardiknas 2024 Wujud Ekspresi Gerakan Merdeka Belajar  ( 02 Mei 2024, Dilihat 86 kali . )
Upacara bendera memperingati Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 berlangsung meriah di Halaman Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kamis (2/5). Kemeriahan tersebut ditunjukkan melalui sejumlah pertunjukan seni yang ditampilkan oleh peserta didik dan pegiat seni budaya.

Dalam sambutannya, Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, menyoroti wajah baru dunia pendidikan dan kebudayaan Indonesia yang sedang dibangun bersama melalui gerakan Merdeka Belajar. Banyak praktik baik terjadi dan kini anak-anak Indonesia kembali berani untuk bermimpi dengan kemerdekaan belajar yang dilakukannya.
 

Mendikbudristek: Mari Tebar Manfaat dalam Keberlanjutan Gerakan Merdeka Belajar  ( 02 Mei 2024, Dilihat 83 kali . )
Lima tahun bukan waktu yang sebentar untuk menjalankan tugas memimpin Gerakan Merdeka Belajar. Namun, lima tahun juga bukan waktu yang lama untuk membuat perubahan yang menyeluruh. Demikian diungkapkan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim ketika berpidato pada Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di halaman Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Senayan, Jakarta, Kamis (2/5). Tema Hardiknas tahun ini adalah “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”.
 

FTBIN Tahun 2024: Perkuat Upaya Pelestarian Bahasa Daerah di Indonesia  ( 02 Mei 2024, Dilihat 75 kali . )
Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menggelar Festival Tunas Bahasa Ibu Nasional (FTBIN). Dengan mengusung tema Melestarikan Bahasa Daerah, Menjaga Kebinekaan Indonesia, kegiatan ini akan berlangsung pada 1 s.d. 5 Mei 2024 di The Sultan Hotel & Residence, Jakarta.
 

Kemendikbudristek Raih Penghargaan Bergengsi SPS Awards 2024  ( 01 Mei 2024, Dilihat 66 kali . )

Jakarta, 1 Mei 2024 – Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) meraih penghargaan bergengsi Indonesia Digital Media Awards (IDMA) kategori The Best of Government’s Social Media atau Media Sosial Pemerintah Terbaik dalam ajang Serikat Perusahaan Pers (SPS) Awards 2024 yang diselenggarakan oleh SPS di Hotel Ciputra, Jakarta, Selasa malam (30/4).
 

Mendikbudristek Beri Penghargaan untuk Capaian Kinerja Anggaran dan Akuntabilitas Kinerja Tahun 2023  ( 01 Mei 2024, Dilihat 27 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim mengapresiasi komitmen dan kinerja seluruh jajarannya dalam menjalankan tugas dan fungsi secara berkualitas, akuntabel, dan transparan. Hal tersebut disampaikan dalam acara Penganugerahan Penghargaan Mendikbudristek atas Nilai Kerja Anggaran (NKA), Penyelenggaraan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), Keterbukaan Informasi Publik (KIP), dan Unit Pengolah Kearsipan Terbaik Tahun 2023, yang berlangsung di Kantor Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Jakarta, Selasa (30/4).
 

Muhibah Budaya Jalur Rempah Kemendikbudristek Siap Jelajahi 7 Kawasan Kearifan Lokal di Tahun 2024  ( 30 April 2024, Dilihat 92 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Kebudayaan (Ditjenbud), akan menggelar pelayaran budaya dengan menggunakan KRI Dewa Ruci. Bekerja sama dengan TNI Angkatan Laut, pelayaran yang bertajuk “Muhibah Budaya Jalur Rempah 2024” ini bertujuan mengangkat khazanah budaya bertema “Jalur Rempah dan Konektivitas Kebudayaan Melayu”. Pelayaran ini akan berlangsung di 7 titik, mulai dari Jakarta pada 5 Juni 2024 dan kembali ke Jakarta pada 17 Juli 2024.
 

Wakatobi Tawarkan Interaksi IPTEK dan Kebudayaan Berkelanjutan Cagar Biosfer untuk Dunia  ( 30 April 2024, Dilihat 69 kali . )
Kolaborasi multi pemangku kepentingan menjadi kunci untuk mencapai tujuan dalam pelestarian lingkungan dan pembangunan sosial-ekonomi yang berkelanjutan. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua Harian Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU), Itje Chodidjah, saat pembukaan konferensi internasional Southeast Asian Biosphere Reserves Network (SeaBRnet) ke-15, Selasa (30/4).
 

Kemendikbudristek Mendukung SPI Pendidikan Dalam Mewujudkan Generasi Masa Depan yang Antikorupsi  ( 30 April 2024, Dilihat 153 kali . )
Survei Peniliaian Integritas (SPI) Pendidikan merupakan alat ukur yang dirancang oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk momotret integritas pendidikan Indonesia, termasuk memetakan kondisi karakter peserta didik di satuan pendidikan. Pada tahun 2023, SPI Pendidikan menjadi Program Prioritas Nasional yang berkaitan dengan Revolusi Mental dan Pembangunan Kebudayaan, serta memperluas cakupan survei ke seluruh provinsi dengan melibatkan 3.108 satuan pendidikan seluruh jenjang, sekaligus menjadi upaya pemerintah mewujudkan generasi masa depan yang antikorupsi.
 

Wakatobi Siap Gelar Konferensi Internasional SeaBRnet ke-15  ( 30 April 2024, Dilihat 85 kali . )
Kawasan Taman Nasional Laut Wakatobi, Provinsi Sulawesi Tenggara yang telah ditetapkan sebagai cagar biosfer dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) pada tahun 2012 silam bersiap menggelar konferensi internasional Southeast Asian Biosphere Reserves Network (SeaBRnet) ke-15 pada tanggal 30 April s.d 2 Mei 2024.
 

Kolaborasi dan Sinergi Indonesia-Tiongkok Ciptakan Lulusan Pendidikan Vokasi Berkelanjutan  ( 29 April 2024, Dilihat 206 kali . )
Menyiapkan generasi masa depan berkelanjutan terkhusus lulusan pendidikan vokasi yang relevan dengan aktivitas dinamika perekonomian nasional jadi target prioritas yang diusung oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) guna menyongsong Indonesia Emas 2045.
 

Pengimbasan Kursus Daring, Transformasi LKP Merespons Kebutuhan Pembelajaran di Era Digital  ( 29 April 2024, Dilihat 126 kali . )
Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menggelar kegiatan Pengimbasan Praktik Baik Penyelenggaraan Kursus Daring pada Kamis (25-04-2024). Kegiatan yang dilakukan serentak di 5 (lima) kota berbeda tersebut menjadi upaya transformasi pendidikan vokasi yang inovatif dan adaptif melalui layanan kursus daring di lembaga kursus dan pelatihan (LKP).
 

Kemendikbudristek Gelar Lokakarya Konservasi Khusus Lukisan Bersama The University of Melbourne   ( 29 April 2024, Dilihat 235 kali . )
Sebagai implementasi kemitraan internasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), melalui Museum dan Cagar Budaya (MCB), berkolaborasi dengan The University of Melbourne menggelar lokakarya konservasi dan manajemen koleksi khusus lukisan untuk konservator dari unit Galeri Nasional Indonesia, Museum Basoeki Abdullah, dan  unit museum lainnya yang berada di bawah naungan Indonesian Heritage Agency (IHA). Lokakarya ini diselenggarakan mulai tanggal 22 s.d. 24 April 2024 di Galeri Nasional Indonesia.
 

Konser Musikal “Memeluk Mimpi-Mimpi” Sukses Mengekspresikan Merdeka Belajar Merdeka Mencintai  ( 27 April 2024, Dilihat 217 kali . )
Konser Musikal Memeluk Mimpi-Mimpi: Merdeka Belajar, Merdeka Mencintai berhasil memikat hati ratusan penonton yang hadir di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki dan membawa semangat pantang menyerah dalam meraih mimpi. Konser dalam rangka menyambut Hari Pendidikan Nasional 2024 ini diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bersama dengan komunitas budaya Titimangsa
 

Dukungan dan Komitmen Ekosistem Pendidikan Demi Menyukseskan Transformasi Digital  ( 27 April 2024, Dilihat 155 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril, mengajak seluruh pemangku kepentingan pendidikan ikut serta menyukseskan program prioritas Merdeka Belajar terkait transformasi digital di satuan pendidikan. Hal tersebut disampaikannya dalam pembukaan seri webinar Transformasi Digital untuk Pembelajaran dengan akun belajar.id di Jakarta, Kamis (25/4).
 

Naufal Badi Alam, Dari Santri untuk Negeri  ( 27 April 2024, Dilihat 567 kali . )
Naufal Badi Alam, siswa kelas 12 SMA Sains Wahid Hasyim Yogyakarta merupakan awardee Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Angkatan 3 yang memiliki berbagai prestasi ajang talenta di bidang riset dan inovasi. Naufal yang merupakan seorang anak yang lahir dari keluarga yang sederhana, ayahnya seorang satpam dan ibunya sebagai ibu rumah tangga.
 

Tingkatkan Pembelajaran Digital melalui Pemanfaatan GenAI dalam Perguruan Tinggi  ( 26 April 2024, Dilihat 119 kali . )
The Internasional Center for Higher Education Innovation under the auspicer of UNESCO (UNESCO-ICHEI) bekerja sama dengan Indonesia Cyber Education Institute (ICE-I) selaku Indonesia National Center untuk the International Institute of Online Education (IIOE) selenggarakan Southeast Asia Regional High Level Policy Dialogue.
 

Gala Nusantara: Rayakan Kolaborasi Kemendikbudristek dengan Duta Teknologi  ( 26 April 2024, Dilihat 101 kali . )
Dalam rangka menguatkan kolaborasi dan memberikan apresiasi kepada Duta Teknologi dan Kapten belajar.id, Balai Layanan Platform Teknologi (BLPT), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi menghelat Gala Nusantara di Bali, Rabu (24/4). Acara ini merupakan bagian dari rangkaian Sinergi BLPT dan Pusat Data dan Teknologi Informasi (Pusdatin) bersama Duta Teknologi dan Kapten belajar.id Tahun 2024.