Mendikbud: USBN Tingkatkan Peran dan Kualitas Guru  ( 15 Januari 2018, Dilihat 1709 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mengatakan, salah satu fungsi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) adalah meningkatkan peran dan kualitas guru, terutama dalam melakukan evaluasi bagi peserta didiknya. Soal USBN akan dibuat oleh guru-guru yang tergabung dalam Kelompok Kerja Guru (KKG) atau Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP).
 

Semua Mata Pelajaran Diujikan dalam USBN SMP dan SMA/SMK  ( 12 Januari 2018, Dilihat 11989 kali . )
Perubahan konsep ujian sekolah pada tahun 2018 tidak hanya berlaku di jenjang sekolah dasar (SD), melainkan juga di jenjang SMP dan SMA/SMK. Pada tahun sebelumnya, ujian tingkat akhir di SMP dan SMA/SMK ada dua jenis ujian, yakni Ujian Sekolah (US) dan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN). Tahun ini, hanya ada USBN yang akan mengujikan semua mata pelajaran. Dengan demikian, tidak ada lagi pelaksanaan ujian sekolah di jenjang SMP dan SMA/SMK.
 

Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) SD Hanya Tiga Mata Pelajaran  ( 11 Januari 2018, Dilihat 32070 kali . )

Mulai tahun 2018, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan kebijakan baru untuk ujian akhir di jenjang sekolah dasar (SD), yakni dengan menerapkan ujian sekolah berstandar nasional (USBN) bagi peserta didik kelas 6. USBN di tingkat SD hanya menguji tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
 

Pengembangan Pelaksanaan USBN Tahun 2018  ( 10 Januari 2018, Dilihat 12304 kali . )
Jakarta, Kemendikbud --- Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tahun ini mengalami pengembangan. Sebanyak 75 sampai dengan 80 persen soal USBN untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) disiapkan oleh guru mata pelajaran pada satuan pendidikan, kemudian dikonsolidasikan dengan Kelompok Kerja Guru (KKG).
 

Sampaikan Pentingnya Budaya Kejujuran, Mendikbud Janji Tindak Tegas Pelaku Kecurangan di Sekolah  ( 12 April 2017, Dilihat 13773 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy berpesan untuk membudayakan kejujuran dengan menghindarkan praktik kecurangan dan ketidakjujuran di lingkungan sekolah. Pernyataan itu dikemukakan Mendikbud Muhadjir saat berdialog dengan para guru, tenaga kependidikan, dan perangkat pemerintah daerah di Kabupaten Kepulauan Aru, Provinsi Maluku, Rabu (12-4-2017).
 

Kembalikan Evaluasi Belajar Siswa Kepada Guru, Kemendikbud Dorong Praktik Kejujuran di Sekolah  ( 21 Maret 2017, Dilihat 5717 kali . )
Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) dan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) digelar serentak di seluruh Indonesia. Sesuai dengan Prosedur Operasional Standar (POS) yang dikeluarkan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen), USBN diselenggarakan selama empat hari untuk SMK. Sementara untuk SMA, USBN diselenggarakan selama lima hari sampai dengan 31 Maret 2017.