Kunjungi Sekolah Terdampak Gempa, Mendikbud Minta Sekolah Kembali Beraktivitas  01 Oktober 2019  ← Back




Maluku Tengah, Kemendikbud --- Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy, Senin (30/9/2019), mengunjungi sejumlah sekolah yang terdampak gempa bumi di Kabupaten Maluku Tengah Provinsi Maluku. Mendikbud meminta semua sekolah yang terdampak gempa bumi di Maluku dan sekitarnya untuk kembali melakukan aktivitas belajar mengajar.

Para kepala sekolah dan guru di sekolah terdampak gempa diminta untuk mengajak semua siswa agar dapat kembali melaksanakan aktivitas belajar mengajar seperti biasanya. Pemerintah siap memberikan bantuan tenda dan peralatan-peralatan yang dibutuhkan, jika proses belajar akan berlangsung di luar gedung sekolah.

"Sekolah harus segera masuk, entah di mana nanti tempatnya. Jika perlu bantuan tenda, kami bantu secepatnya, ini ada Kepala Biro Umum yang akan membantu. Biar bisa dibenahi, dan ketika sekolah dibenahi, anak-anak harus tetap bersekolah," pesan Mendikbud di SMA Negeri 4 Salahutu Kabupaten Maluku Tengah.

Jika lama tidak bersekolah, menurut Muhadjir, anak-anak bisa kehilangan semangat belajar. "Panggil anak-anak untuk sekolah lagi. Kalau dia lama tidak sekolah nanti jadi malas. Kita akan siapkan tenda kalau akan belajar di luar sekolah," kata Muhadjir. Mendikbud meminta pemerintah daerah di Maluku dapat segera mengatur agar proses belajar mengajar dapat kembali bergulir. 

Dari pantauannya di SMA Negeri 4 Salahutu, Muhadjir mengaku pembangunan sekolah tersebut baik, dan kerusakannya tidak terlalu parah. Namun pihaknya akan miminta tim dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk mengecek struktur semua sekolah yang terdampak gempa, sebagai data untuk perbaikan sekolah.

Dalam kunjungan di Kabupaten Maluku Tengah tersebut, Mendikbud didampingi Bupati Maluku Tengah, Tausikal Abua, dan jajaran satuan kerja pemerintah daerah Maluku Tengah. Dari pihak Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), hadir Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan Supriano, dan sejumlah pejabat eselon II Kemendikbud. (Nur Widiyanto)
Sumber :

 


Penulis : pengelola web kemdikbud
Editor :
Dilihat 2266 kali