Ini Harapan Siswa Penerima KIP di Barus untuk Presiden Jokowi  ( 27 Maret 2017, Dilihat 968 kali . )
Berbagai harapan untuk kemajuan pendidikan di Barus terucap dari siswa penerima KIP di Barus. Alberto Saipul Simanjuntak, siswa penerima KIP dari SMKN 1 Barus Utara, ingin agar Presiden Jokowi dapat membantu pembangunan fasilitas pendidikan di Barus, salah satunya akses jalan menuju sekolahnya.
 

Anak Yatim Penerima KIP Ini Miliki Suara Emas  ( 27 Maret 2017, Dilihat 946 kali . )
Joel Kurnia Tarihoran adalah siswa penerima KIP dari SMPN 1 Barus, Tapanuli Tengah, Sumatera Utara. Anak bungsu dari delapan bersaudara ini tercatat sebagai siswa penerima KIP di sekolahnya dari golongan anak yatim. Pada tahun 2016 lalu, Joel berhasil menyabet juara 1 dalam Lomba Menyanyi Rohani Pesperawi yang diselenggarakan persatuan gereja se-Kabupaten Tapanuli Tengah.
 

 

Bagikan 807 KIP di Kepri, Presiden Tegaskan Perkuat Daya Saing Global Anak Indonesia  ( 23 Maret 2017, Dilihat 2408 kali . )
Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), menegaskan agar seluruh anak Indonesia memiliki daya saing di persaingan global di masa mendatang. Dalam mempersiapkan hal itu, anak-anak Indonesia harus mengenyam pendidikan yang baik di segala bidang ilmu untuk memenangkan persaingan global tersebut. Pemerataan mutu dan akses pendidikan bagi anak-anak di seluruh Indonesia menjadi salah satu fokus utama pemerintah saat ini dalam pengembangan sumber daya manusia (SDM).
 

Mendikbud: Budaya Membaca dan Literasi Masyarakat Masih Rendah  ( 22 Maret 2017, Dilihat 4234 kali . )
Budaya membaca dan literasi masyarakat Indonesia masih rendah, bahkan tertinggal empat tahun dibanding negara maju. Hal itu dikatakan Mendikbud ketika membuka kegiatan Uji Publik RUU Tentang Sistem Perbukuan di Universitas Muhammadiyah, Malang, Rabu (22-3-2017).
 

Tumbuhkan Gairah Membaca dengan Optimalkan Fungsi Perpustakaan  ( 22 Maret 2017, Dilihat 1976 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy mewakili Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka Rapat Koordinator Perpustakaan Nasional (Rakor Perpusnas) di Denpasar, Bali, Selasa (21/3/2017). Dalam sambutannya Mendikbud mengajak Perpusnas untuk meningkatkan gairah membaca masyarakat Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dan Perpusnas akan bersama-sama mendorong gerakan literasi di semua lini untuk menggairahkan kegemaran membaca, khususnya bagi generasi muda.
 

Kemendikbud Buka Seleksi “Seniman Mengajar”  ( 21 Maret 2017, Dilihat 10465 kali . )
Kementerian Pendidikan melalui Direktorat Kesenian, Direktorat Jenderal Kebudayaan, akan menjalankan kegiatan “Seniman Mengajar” pada tahun ini. Kegiatan “Seniman Mengajar” adalah program berupa kegiatan seniman yang mengajar berbagai bidang kesenian kepada masyarakat, komunitas, atau sanggar, di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T). Pendaftaran seleksi “Seniman Mengajar” untuk gelombang pertama dibuka pada 15 Maret hingga 10 April 2017.
 

19 Kabupaten/Kota Terima Anugerah Literasi Prioritas  ( 21 Maret 2017, Dilihat 6152 kali . )
Sebanyak 19 kabupaten/kota menerima Anugerah Literasi Prioritas atas prestasi mereka menjalankan program kreatif dan inovatif dalam bidang literasi. Beberapa dari kabupaten/kota tersebut bahkan telah mendeklarasikan diri sebagai kabupaten/kota literasi. Program unggulan mereka antara lain menganggarkan APBD dan membuat Peraturan Bupati/Wali Kota serta Surat Edaran Dinas Pendidikan yang mendukung penerapan literasi sekolah.
 

Kabupaten PALI Sumatera Selatan Canangkan Gerakan UN Jujur  ( 21 Maret 2017, Dilihat 2972 kali . )
Pelaksanaan Ujian Nasional yang sebentar lagi akan dilaksanakan, Bupati Penukal Abab Lematang Ilir (PALI) Heri Amalindo, bersama perwakilan 200 siswa dan guru mencanangkan Gerakan Ujian Nasional (UN) Jujur di Kabupaten Pali. Pencanangan tersebut disampaikan dihadapan ribuan siswa, dan disaksikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.
 

Hampir Dua Ribu Siswa di Kabupaten PALI Cairkan Dana PIP Hari Ini   ( 20 Maret 2017, Dilihat 1470 kali . )
Sebanyak  1.717 siswa di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Provinsi Sumatera Selatan, mencairkan dana bantuan pemerintah Program Indonesia Pintar (PIP). Bantuan tersebut diberikan sebagai realisasi dari program perluasan akses pendidikan, khususnya bagi  anak-anak dari keluarga tidak mampu agar dapat terus mengikuti  proses pembelajaran hingga minimal sekolah menengah.
 

Serunya Membahas Sepak Bola Hingga Bernyanyi Bersama Mendikbud  ( 18 Maret 2017, Dilihat 2640 kali . )
Siang itu, Sabtu (18/3/2017), pendopo di SMP Kristen Immanuel, Kota Pontianak, tampak ramai oleh puluhan siswa berseragam Pramuka yang sedang berkegiatan. Tak satupun dari mereka yang menyangka akan kedatangan seorang tamu istimewa, yaitu Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy.
 

Pesan Persatuan dari Presiden Saat Membagikan Kartu Indonesia Pintar  ( 18 Maret 2017, Dilihat 3416 kali . )

Kembali, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menyerahkan langsung Kartu Indonesia Pintar (KIP) secara simbolis kepada ratusan siswa di daerah. Kali ini penyerahan KIP dilakukan di Kabupaten Mempawah, dalam kunjungan kerja presiden di Provinsi Kalimantan Barat. Sebelumnya, pemberian KIP telah berlangsung di Kabupaten Kapuas Hulu dan Kabupaten Sambas.
 

Presiden Imbau Siswa dan Orangtua di Perbatasan Manfaatkan KIP dengan Bijak  ( 17 Maret 2017, Dilihat 2205 kali . )
Kunjungan kerja di hari kedua di Kalimantan Barat, Presiden Republik Indonesia Joko Widodo mengimbau peserta didik penerima Kartu Indonesia Pintar (KIP) yang berada di daerah perbatasan agar memanfaatkan dana Program Indonesia Pintar (PIP) dengan bijak. Para orangtua siswa tersebut diminta agar mengarahkan penggunaan dana PIP untuk keperluan sekolah atau pendukung pembelajaran anak-anaknya.