11 Rekomendasi Peguatan Sistem Perbukuan dan Literasi  ( 17 Februari 2019, Dilihat 896 kali . )
Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 menghasilkan 11 rekomendasi untuk penguatan sistem perbukuan dan literasi masyarakat Indonesia, termasuk pelestarian bahasa daerah di dalamnya. Sebelas rekomendasi itu dihasilkan oleh berbagai pemangku kepentingan di bidang perbukuan dan literasi Indonesia meliputi pegiat dan komunitas literasi, penerbit buku, dinas pendidikan dan kebudayaan di daerah-daerah, balai dan kantor bahasa daerah, internal Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), serta lainnya.
 

Belajar Praktik Baik Tata Kelola Kebudayaan dari Banyuwangi  ( 13 Februari 2019, Dilihat 691 kali . )
Salah satu tema dalam diskusi kelompok di Rembuk Nasional Pendidikan dan Kebudayaan (RNPK) 2019 adalah belajar dari praktik baik pemerintah daerah dalam pemajuan kebudayaan. Tata kelola kebudayaan di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, terpilih sebagai praktik baik dalam pemajuan kebudayaan.
 

Literasi Tak Hanya Bebas Buta Aksara  ( 13 Februari 2019, Dilihat 1069 kali . )
Literasi tak hanya sekadar upaya suatu bangsa bebas dari buta aksara saja, lebih penting dari itu adalah upaya suatu bangsa memiliki kemampuan hidup agar mampu bersaing bahkan melampaui bangsa lain yang lebih maju untuk menciptakan kesejahteraan dunia.