Kolaborasi dengan MAP Group, Kemendikbudristek Siapkan SDM Bidang Ritel  ( 10 Mei 2024, Dilihat 35 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dan PT Mitra Akademi Perkasa (MAP Group) menandatangani perjanjian kerja sama dalam rangka menyiapkan lulusan SMK untuk memenuhi kebutuhan sumber daya manusia (SDM) di industri ritel tanah air. PT Mitra Akademi Perkasa sendiri merupakan anak perusahaan dari PT Mitra Adiperkasa (MAP), yang bergerak di bidang penyediaan SDM bagi seluruh gerai di bawah naungan MAP.
 

Kunjungan Kerja Komisi X DPR RI, Dorong Peningkatan Pendidikan Kejuruan di Palembang  ( 09 Mei 2024, Dilihat 86 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mendampingi Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melakukan kunjungan kerja masa reses ke Kota Palembang, Sumatera Selatan, Senin, (6/5/2024). Agenda kunjungan kerja kali ini adalah mengunjungi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 2 Palembang dan kunjungan ke Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Selatan.
 

Kemendikbudristek Imbau Para Pihak Terkait Percepatan Proses Pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG)  ( 09 Mei 2024, Dilihat 855 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) terus mengupayakan kesejahteraan bagi guru di seluruh Indonesia. Upaya tersebut didukung dengan hadirnya Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Permendikbudristek) Nomor 45 Tahun 2023 tentang Petunjuk Teknis Pemberian Tunjangan Aparatur Sipil Negara Daerah.
 

Bimtek Coaching dan Mentoring 34 Kepala BBPMP dan BPMP Perkuat Gerakan Merdeka Belajar  ( 08 Mei 2024, Dilihat 197 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus (PMPK) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Coaching dan Mentoring kepada 34 Kepala Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP) dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) sebagai upaya peningkatan kompetensi SDM dalam memperkuat komitmen keberlanjutan Merdeka Belajar.
 

Semangat Belajar Berbagi dan Berkolaborasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka  ( 08 Mei 2024, Dilihat 190 kali . )
Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK) kembali menyelenggarakan webinar SAPA GTK yang saat ini memasuki episode 20, pada Kamis (25/4) lalu. Program Sapa GTK ini merupakan agenda webinar yang ditujukan untuk membahas isu-isu terkini terkait program utama maupun pendukung di lingkungan Ditjen GTK.
 

Kolaborasi Ditjen Pendidikan Vokasi dan Markoding Siapkan Talenta Digital Perempuan Vokasi  ( 08 Mei 2024, Dilihat 20 kali . )
Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama Markoding (Yayasan Daya Kreasi Anak Bangsa) meluncurkan program Perempuan Inovasi 2024 di Jakarta pada Rabu (8/5). Program ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi perempuan di bidang teknologi sekaligus mempersiapkan tenaga kerja yang dapat bersaing secara global melalui beasiswa pelatihan keterampilan digital untuk peserta didik vokasi.
 

Dirjen PAUD Dikdasmen, Iwan Syahril: Gerakan Merdeka Belajar Sikka Sangat Otentik  ( 08 Mei 2024, Dilihat 22 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Iwan Syahril, melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, pada Selasa, 7 Mei 2024. Salah satu agenda kunjungan kerja tersebut adalah ramah tamah tim Direktorat Jenderal PAUD Dikdasmen dan Balai Penjaminan Mutu Pendidikan (BPMP) Nusa Tenggara Timur dengan perwakilan Pemerintahan Daerah Kabupaten Sikka di Maumere, Selasa (7/5).
 

Kick Off Festival Kurikulum Merdeka 2024 Bersama Penggerak Komunitas  ( 08 Mei 2024, Dilihat 10 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) menyelenggarakan Kick Off Festival Kurikulum Merdeka 2024 bersama dengan Penggerak Komunitas dan juga perwakilan peserta terpilih Potret Cerita Kurikulum Merdeka dan Cerita Kurikulum Merdeka 2023. Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Kemendikbudristek untuk menyampaikan informasi  terkait rangkaian kegiatan Festival Kurikulum Merdeka 2024 yang dilaksanakan mulai April hingga Juni 2024.
 

KNIU Jadi Tuan Rumah Pertemuan Regional Lima Komisi Nasional untuk UNESCO  ( 07 Mei 2024, Dilihat 241 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Komisi Nasional Indonesia untuk UNESCO (KNIU) bekerja sama dengan UNESCO Jakarta menyelenggarakan Pertemuan Regional Lima Komisi Nasional untuk UNESCO Wilayah Asia Tenggara pada 6 s.d. 9 Mei 2024 di Jakarta.
 

Guru Penggerak Kabupaten Sikka Membangun Ekosistem Pembelajaran yang Saling Menguatkan  ( 07 Mei 2024, Dilihat 153 kali . )
Semangat dan dedikasi untuk bergerak bersama memajukan pendidikan melalui gerakan Merdeka Belajar menjadi catatan penting dalam diskusi antara Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah (Dirjen PAUD Dikdasmen), Iwan Syahril bersama Guru Penggerak Kabupaten Sikka, Provinsi Nusa Tenggara Timur, di Capa Resort Maumere, Selasa (6/5). Diskusi yang dihadiri oleh puluhan Guru Penggerak yang sudah diangkat menjadi kepala sekolah dan pengawas sekolah di Kabupaten Sikka tersebut berlangsung dalam suasana hangat diisi dengan berbagai cerita menarik mengenai perjuangan mereka melakukan transformasi pendidikan.
 

Indonesian-Egyptian Day 2024 Jadi Ajang Meningkatkan Kecintaan Budaya Nusantara  ( 07 Mei 2024, Dilihat 162 kali . )
Setelah sukses menampilkan beragam kebudayaan Nusantara di ajang “Saharat Ramadaniya” pada tanggal 1 April lalu, kini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo lakukan kolaborasi dengan Universitas Al-Salam, Tanta, Mesir yaitu Indonesian-Egyptian Day pada 29 April 2024.
 

Strategi Berkelanjutan Kemendikbudristek Lewat Sosialisasi Layanan Pendidikan di Nagoya  ( 07 Mei 2024, Dilihat 129 kali . )
Delegasi Perwakilan Indonesia di Tokyo lakukan kunjungan resmi ke kota Nagoya dan Toyota di Perfektur Aichi pada 27 April 2024. Salah satu agenda dalam kunjungan tersebut yakni bertandang ke Nagoya University dan beberapa universitas di sekitar Nagoya yang menjadi tujuan mahasiswa asal Indonesia melanjutkan studi.
 

Awardee IISMA Co-funding Sukses Raih Penghargaan Saat Jalani Program  ( 07 Mei 2024, Dilihat 185 kali . )
Tidak mudah menyerah dan selalu mau mencoba hal baru  menjadi bekal dasar bagi Muhammad Abdul Hadi, penerima beasiswa (awardee) program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) jalur co-funding tahun 2023. Ketika Hadi menjalani program IISMA di National Formosa University, Taiwan, ia memutuskan untuk mengikuti kompetisi “Ideathon 2023” yang diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama dengan USAID ERAT.
 

Penutupan FTBI Berlangsung Memukau, Kemampuan Berbahasa Daerah Pada Generasi Muda Itu Keren  ( 07 Mei 2024, Dilihat 132 kali . )
Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional Tahun 2024 secara resmi ditutup pada Sabtu (4/5) lalu. Mengakhiri perhelatan tahunan yang begitu meriah, Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan (Pusbanglin) Bahasa dan Sastra, Imam Budi Utomo, melaporkan bahwa dalam penyelenggaraannya, acara ini melibatkan 19 kontingen balai bahasa/kantor bahasa dari 25 provinsi yang berjumlah 513 orang siswa dan 59 pendamping yang dibiayai Pusbanglin.
 

Kemendikbudristek Buka Magang di Industri bagi Instruktur LKP Barista dan Otomotif Sepeda Motor  ( 07 Mei 2024, Dilihat 130 kali . )
Instruktur lembaga kursus dan pelatihan (LKP) menjadi pilar penting dalam menghadirkan peserta didik yang kompeten sesuai standar industri.  Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melakukan Sosialisasi Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan: Bidang Teknik Sepeda Motor dan Barista Tahun 2024.
 

Kolaborasi Antarkementerian Wujudkan Layanan Daycare yang Berkualitas di Satuan PAUD  ( 07 Mei 2024, Dilihat 202 kali . )
Layanan daycare masih menjadi pilihan yang solutif bagi orang tua yang bekerja untuk menitipkan anak-anak mereka sementara orang tua dapat dapat fokus pada pekerjaannya. Menyikapi hal ini, Kepala Biro Umum dan PBJ, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Triyantoro, menyampaikan bahwa layanan daycare di satuan pendidikan (satdik) secara nasional perlu dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas layanan lembaga serta memastikan perlindungan bagi anak di ruang publik. Oleh karena itu,  kolaborasi antarkementerian terkait perlu dijalankan guna menyusun pedoman layanan daycare yang berkualitas di satuan pendidikan anak usia dini (PAUD).
 

Penulis Buku “Laut Bercerita” Hangatkan Malam Sastra BBI Canberra  ( 06 Mei 2024, Dilihat 259 kali . )
Penulis buku “Laut Bercerita”, Leila S. Chudori menjadi pembicara pada Malam Sastra yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Indonesia-Australia Capital Territory (BBI-ACT), Jumat (3/5). Acara yang digelar jelang musim dingin di Canberra ini, mampu menghangatkan suasana di mana orang-orang berkumpul bersama mendiskusikan karya sastra yang populer di Indonesia tersebut.