Pembangunan SMKN 1 Leuwiliang Bogor Hasil Kemitraan Pemerintah dan Swasta  ( 13 Juli 2017, Dilihat 5968 kali . )
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Muhadjir Effendy meresmikan sekolah menengah kejuruan (SMK) Negeri 1 Leuwiliang di Kabupaten Bogor, Provinsi Jawa Barat, Rabu, (12/7/2017). Sekolah yang dibangun atas kerja sama Pemerintah Kabupaten Bogor dan PT Astra Internasional ini merupakan sekolah rintisan dengan kompetensi keahlian di bidang Teknologi Pengolahan Hasil Pertanian (TPHP). Mendikbud pun memberikan apresiasi kepada Yayasan Pendidikan PT Astra Internasional dan pemerintah daerah yang memiliki kepedulian di bidang pendidikan.
 

Lulusan SMK Harus Punya Hard Skill dan Soft Skill  ( 19 Mei 2017, Dilihat 20855 kali . )
Pendidikan vokasi, salah satunya melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), diharapkan bisa menjadi bagian dari pertumbuhan ekonomi nasional. Karena itu lulusan SMK harus memiliki hard skill atau keterampilan yang menjadi salah satu kompetensi mereka. Tidak hanya itu, soft skill berupa karakter yang baik juga harus dimiliki lulusan SMK sebagai tenaga kerja terampil di dunia industri.
 

Pentingnya Kerja Sama dengan Industri, Salah Satu Komponen Revitalisasi SMK  ( 19 Mei 2017, Dilihat 12041 kali . )
Program Revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) telah resmi diluncurkan pada Rabu, (17/5/2017), di Surakarta, Jawa Tengah. Aspek kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI) menjadi salah satu komponen yang masuk fokus dalam Program Revitalisasi SMK. Empat komponen lain adalah kurikulum, pendidik, fasilitas, dan kualitas lulusan.
 

Hani, Satu-satunya Perempuan di Bidang Lomba Instalasi Pipa  ( 19 Mei 2017, Dilihat 9290 kali . )
LKS SMK tingkat nasional tahun 2017 memperlombakan 56 bidang lomba keahlian, salah satunya adalah bidang lomba Plumbing and Heating, atau Instalasi Pipa dan Pemanasan. Perpipaan selama ini menjadi bidang yang lekat dengan laki-laki. Namun, siswi jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton itu tampak sangat percaya diri menjadi satu-satunya peserta perempuan di antara 10 peserta laki-laki. 
 

Empat Fokus Revitalisasi SMK  ( 15 Mei 2017, Dilihat 10377 kali . )
Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Dirjen Dikdasmen) Hamid Muhammad menyebutkan empat poin yang menjadi fokus revitalisasi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) yang diamanatkan dalam Instruksi Presiden No. 9 Tahun 2016. Keempat poin tersebut melingkupi revitalisasi kurikulum, pendidik & tenaga kependidikan, kerja sama, dan lulusan.
 

1.111 Siswa SMK Siap Bertarung di Lomba Kompetensi Siswa ke-25  ( 15 Mei 2017, Dilihat 9128 kali . )
Sebanyak 1.111 siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) berkumpul di Surakarta, Jawa Tengah, sejak Minggu, (14/5). Ribuan siswa yang merupakan perwakilan dari SMK se Indonesia ini akan mengikuti Lomba Kompetensi Siswa (LKS) ke-25 pada 15-19 Mei 2017. Bersama 1.078 pendamping, para peserta LKS siap bertarung di 56 bidang kompetensi keahlian.
 

Kemendikbud Terus Upayakan Perbaikan Mutu SMK  ( 06 Mei 2017, Dilihat 8245 kali . )
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus berupaya untuk memajukan pendidikan vokasi melalui Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dalam menyiapkan sumber daya manusia yang siap terjun ke dunia usaha dan dunia industri (DUDI).
 

Guru Alfa Siap Kawinkan Budaya Minang dan Eropa di Perancis  ( 24 April 2017, Dilihat 11882 kali . )
Pelatihan yang diselenggarakan oleh   Kementerian Pendidikan dan   Kebudayaan (Kemendikbud) dan Kementerian Pendidikan Nasional, Pendidikan Tinggi dan Penelitian (MENESR) Republik Perancis  ini berlangsung mulai 24   April   sampai dengan 17 Juni 2017.  Peserta pelatihan akan disebar ke tiga kota yaitu kota Fécamp, Nice, dan Toulouse di Perancis  untuk memperdalam keahlian di bidang energi terbarukan, aeronautika dan pariwisata.
 

SMKN 2 Depok Sleman Suplai SDM Terampil untuk Perusahaan Pertambangan  ( 13 Maret 2017, Dilihat 12437 kali . )
“Di mana ada perusahaan pertambangan, di situ ada lulusan kami,” begitu seloroh Kepala SMK Negeri 2 Depok, Kabupaten Sleman, Provinsi DI Yogyakarta. Kalimat tersebut dicetuskannya bukan tanpa alasan. Secara akademik, hampir setiap tahun SMKN 2 Depok Sleman mendapatkan penghargaan sebagai peringkat pertama peraih nilai terbaik Ujian Nasional (UN) untuk SMK di Provinsi DI Yogyakarta dan nasional.