Indonesian-Egyptian Day 2024 Jadi Ajang Meningkatkan Kecintaan Budaya Nusantara  ( 07 Mei 2024, Dilihat 45 kali . )
Setelah sukses menampilkan beragam kebudayaan Nusantara di ajang “Saharat Ramadaniya” pada tanggal 1 April lalu, kini Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Kairo lakukan kolaborasi dengan Universitas Al-Salam, Tanta, Mesir yaitu Indonesian-Egyptian Day pada 29 April 2024.
 

Strategi Berkelanjutan Kemendikbudristek Lewat Sosialisasi Layanan Pendidikan di Nagoya  ( 07 Mei 2024, Dilihat 30 kali . )
Delegasi Perwakilan Indonesia di Tokyo lakukan kunjungan resmi ke kota Nagoya dan Toyota di Perfektur Aichi pada 27 April 2024. Salah satu agenda dalam kunjungan tersebut yakni bertandang ke Nagoya University dan beberapa universitas di sekitar Nagoya yang menjadi tujuan mahasiswa asal Indonesia melanjutkan studi.
 

Awardee IISMA Co-funding Sukses Raih Penghargaan Saat Jalani Program  ( 07 Mei 2024, Dilihat 37 kali . )
Tidak mudah menyerah dan selalu mau mencoba hal baru  menjadi bekal dasar bagi Muhammad Abdul Hadi, penerima beasiswa (awardee) program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA) jalur co-funding tahun 2023. Ketika Hadi menjalani program IISMA di National Formosa University, Taiwan, ia memutuskan untuk mengikuti kompetisi “Ideathon 2023” yang diinisiasi oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi bersama dengan USAID ERAT.
 

Penutupan FTBI Berlangsung Memukau, Kemampuan Berbahasa Daerah Pada Generasi Muda Itu Keren  ( 07 Mei 2024, Dilihat 33 kali . )
Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Nasional Tahun 2024 secara resmi ditutup pada Sabtu (4/5) lalu. Mengakhiri perhelatan tahunan yang begitu meriah, Kepala Pusat Pengembangan dan Perlindungan (Pusbanglin) Bahasa dan Sastra, Imam Budi Utomo, melaporkan bahwa dalam penyelenggaraannya, acara ini melibatkan 19 kontingen balai bahasa/kantor bahasa dari 25 provinsi yang berjumlah 513 orang siswa dan 59 pendamping yang dibiayai Pusbanglin.
 

Kemendikbudristek Buka Magang di Industri bagi Instruktur LKP Barista dan Otomotif Sepeda Motor  ( 07 Mei 2024, Dilihat 33 kali . )
Instruktur lembaga kursus dan pelatihan (LKP) menjadi pilar penting dalam menghadirkan peserta didik yang kompeten sesuai standar industri.  Oleh karena itu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi  (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Kursus dan Pelatihan, Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi melakukan Sosialisasi Program Magang Instruktur Kursus dan Pelatihan: Bidang Teknik Sepeda Motor dan Barista Tahun 2024.
 

Kolaborasi Antarkementerian Wujudkan Layanan Daycare yang Berkualitas di Satuan PAUD  ( 07 Mei 2024, Dilihat 105 kali . )
Layanan daycare masih menjadi pilihan yang solutif bagi orang tua yang bekerja untuk menitipkan anak-anak mereka sementara orang tua dapat dapat fokus pada pekerjaannya. Menyikapi hal ini, Kepala Biro Umum dan PBJ, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Triyantoro, menyampaikan bahwa layanan daycare di satuan pendidikan (satdik) secara nasional perlu dioptimalkan untuk meningkatkan kualitas layanan lembaga serta memastikan perlindungan bagi anak di ruang publik. Oleh karena itu,  kolaborasi antarkementerian terkait perlu dijalankan guna menyusun pedoman layanan daycare yang berkualitas di satuan pendidikan anak usia dini (PAUD).
 

Penulis Buku “Laut Bercerita” Hangatkan Malam Sastra BBI Canberra  ( 06 Mei 2024, Dilihat 168 kali . )
Penulis buku “Laut Bercerita”, Leila S. Chudori menjadi pembicara pada Malam Sastra yang diselenggarakan oleh Balai Bahasa Indonesia-Australia Capital Territory (BBI-ACT), Jumat (3/5). Acara yang digelar jelang musim dingin di Canberra ini, mampu menghangatkan suasana di mana orang-orang berkumpul bersama mendiskusikan karya sastra yang populer di Indonesia tersebut.
 

Kemendikbudristek Luncurkan Kembali Buku Bacaan Bermutu ke Satuan Pendididikan  ( 06 Mei 2024, Dilihat 58 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa (Badan Bahasa), terus melakukan peningkatan literasi melalui pencetakan dan pengiriman buku bacaan bermutu untuk pengayaan literasi tahun 2024. Bekerja sama dengan PT Gramedia, PT Antero Bahana Cemerlang, dan PT Gaido Cito Ekakurindo, seremonial acara pengiriman buku tersebut berlangsung di Halaman Kantor PT Gramedia Unit Cikarang, Senin (6/5).
 

Kemendikbudristek Apresiasi Penggarapan Film Biopik Ki Hadjar Dewantara  ( 06 Mei 2024, Dilihat 45 kali . )
Sosok Ki Hadjar Dewantara merupakan pahlawan nasional yang penuh jasa untuk perkembangan serta kemajuan pendidikan di Indonesia. Bahkan, tanggal kelahiran Ki Hadjar Dewantara pun ditetapkan pemerintah sebagai Hari Pendidkan Nasional (Hardiknas).
 

Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat 2024 Kembali Dibuka, Catat Tanggal Pendaftarannya!  ( 06 Mei 2024, Dilihat 57 kali . )
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) kembali menyelenggarakan Gala Kreasi Video Gerakan Sekolah Sehat sebagai bentuk apresiasi kepada satuan pendidikan yang telah mengimplementasikan Gerakan Sekolah Sehat (GSS).

Kegiatan ini memberikan kesempatan kepada seluruh warga sekolah untuk berkreasi menggambarkan praktik baik implementasi 5 Sehat, meliputi: Sehat Bergizi, Sehat Fisik, Sehat Imunisasi, Sehat Jiwa, Sehat Lingkungan. Tema yang diangkat untuk kegiatan tahun ini adalah “Sekolah Sehat, Generasi Hebat”.
 

Kemendikbudristek Selenggarakan Lokakarya Konservasi Koleksi Logam Bersama NRICH Republic of Korea  ( 04 Mei 2024, Dilihat 180 kali . )
Dalam upaya menjalankan mandat sebagai pengelola museum dan cagar budaya nasional, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Museum dan Cagar Budaya (MCB) melanjutkan kolaborasi bersama dengan Cultural Heritage Conservation Science Center (CHCSC), National Research Institute of Cultural Heritage (NRICH), Republic of Korea melalui kegiatan On-site Technical Training Program (OTTP) terkait konservasi koleksi logam. Kegiatan ini berlangsung di Balai Konservasi Borobudur mulai tanggal 24 April hingga 2 Mei 2024.
 

Galanggang Arang 2024, Mendorong Partisipasi Generasi Muda dalam Merawat Warisan Dunia  ( 04 Mei 2024, Dilihat 98 kali . )
Setelah kesuksesan penyelenggaraan tahun lalu, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) melalui Direktorat Pengembangan dan Pemanfaatan Kebudayaan, Direktorat Jenderal Kebudayaan bekerja sama dengan Pemerintah Daerah di Sumatera Barat kembali menyelenggarakan Galanggang Arang 2024 dengan menghadirkan semangat baru untuk terlibat dalam merawat dan menghidupkan nilai budaya dari Warisan Tambang Batubara Ombilin Sawahlunto (WTBOS) Sumatera Barat. Dengan partisipasi yang lebih besar dari masyarakat setempat dan dukungan yang kuat dari berbagai pihak terkait, Galanggang Arang tahun ini diharapkan dapat memberikan dampak yang lebih besar dalam meningkatkan kesadaran akan pentingnya warisan budaya.
 

Ni Luh Putu Meisya Sari Suputri, Aktivis Muda Pemerhati Lingkungan Asal Pulau Dewata  ( 04 Mei 2024, Dilihat 237 kali . )
“Ini merupakan suatu kesempatan besar bagiku karena melanjutkan kuliah di luar negeri adalah impianku sedari SMP,” ucap Meisya, siswi SMAN 1 Singaraja, awardee Beasiswa Indonesia Maju (BIM) Program Persiapan S-1 Luar Negeri Angkatan Ketiga, ketika ditanya bagaimana perasaannya sebagai salah satu penerima beasiswa.
 

Hardiknas 2024: Momentum Merayakan Capaian dan Menghayati Mimpi Pendidikan Indonesia  ( 04 Mei 2024, Dilihat 100 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim dengan bahagia kembali merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) bersama ribuan penggerak dan pejuang Merdeka Belajar dari Sabang sampai Merauke. Dengan tema “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”, Hardiknas Tahun 2024 ini juga bertepatan dengan perjalanan lima tahun gerakan Merdeka Belajar.
 

Praktik Baik Empat Penggerak Merdeka Belajar Dalam Hardiknas 2024  ( 04 Mei 2024, Dilihat 34 kali . )
Puncak perayaan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024 berlangsung meriah di Indonesia Arena, Jakarta dengan sajian pertunjukan seni dan video praktik baik gerakan Merdeka Belajar. Pada salah satu rangkaian acara, empat Penggerak Merdeka Belajar berkesempatan memberikan bunga dan ucapan terima kasih kepada Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim, atas kerja kerasnya dalam mentransformasikan pendidikan di Indonesia.
 

Menilik Semangat Merdeka Belajar dalam Ziarah Makam Ki Hadjar Dewantara  ( 03 Mei 2024, Dilihat 107 kali . )
Ki Hadjar Dewantara telah memperjuangkan hak pendidikan bagi semua kalangan masyarakat. Pemerintah Indonesia menghargai warisan dan prinsip-prinsip yang ditanamkan oleh Ki Hadjar Dewantara dalam memajukan sistem pendidikan di Indonesia, serta membangkitkan semangat untuk terus meningkatkan mutu dan aksesibilitas pendidikan bagi seluruh warga negara. Tak ayal, tanggal 2 Mei —hari lahir Ki Hadjar Dewantara— ditetapkan oleh Pemerintah Indonesia sebagai Hari Pendidikan Nasional.
 

Mendikbudristek Gelar Silaturahmi dan Dialog dengan Komunitas Merdeka Belajar  ( 03 Mei 2024, Dilihat 98 kali . )
Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Anwar Makarim menggelar silaturahmi bersama komunitas dan perwakilan siswa serta mahasiswa penerima program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek), Kamis (2/5/2024) di Jakarta. Selama acara tersebut, Mendikbudristek juga terlibat dalam dialog dengan menjawab pertanyaan dari peserta mengenai berbagai persoalan pendidikan. “Saya senang bisa hadir di sini untuk bertemu dengan Bapak/Ibu,” kata Mendikbudristek mengawali dialog.
 

Pelestarian Bahasa Daerah Harus Dimulai dari Lingkungan Keluarga  ( 03 Mei 2024, Dilihat 107 kali . )
Orang tua khususnya ibu, menjalankan peran yang sangat penting dalam menciptakan lingkungan rumah yang menghargai bahasa daerah. Ketua Umum Dharma Wanita Persatuan Pusat, Franka Makarim, sekaligus sebagai Bunda Bahasa Ibu, menjelaskan banyak sekali manfaat positif yang dirasakan anak-anak dan keluarga dengan membiasakan penggunaan bahasa daerah di rumah.
 

Siswa Woodleigh School, Melbourne, “Keliling Indonesia” di KBRI Canberra  ( 03 Mei 2024, Dilihat 268 kali . )
Kantor Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canberra menerima kunjungan siswa dan guru dari Woodleigh School, Penbank, Victoria, Australia, pada Rabu, (2/5), yang bertepatan dengan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) 2024. Kunjungan ini merupakan salah satu hasil dari upaya KBRI Canberra untuk mengenalkan budaya Indonesia kepada siswa dari sekolah-sekolah di Australia.
 
 

Tingkatkan Daya Saing Global, Atdikbud Fasilitasi PPL Mahasiswa UNESA di Sekolah Australia  ( 03 Mei 2024, Dilihat 225 kali . )
Guna memberikan pengalaman internasional, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) mengirim mahasiswanya untuk melakukan Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) di Australia. Atase Pendidikan dan Kebudayaan (Atdikbud) KBRI Canbera telah memfasilitasi sebanyak 6 orang mahasiswa dari berbagai program studi di Unesa untuk praktik mengajar di 5 sekolah Australia. Hal tersebut disampaikan Atdikbud KBRI Canberra, Mukhamad Najib saat mengantar mahasiswa ke Burgmann Anglican School di Canberra pada Senin, (29/4).